Delivery Nasi Liwet Daun Pisang Ciri Khas Tradisional

Delivery Nasi Liwet Daun Pisang – Zaman dahulu nasi liwet disajikan di atas daun pisang lengkap dengan berbagai jenis lauk-pauknya. Nasi liwet biasa disantap kapan saja, baik pagi hari, siang atau malam hari. Nasi liwet banyak dijual di rumah-rumah makan atau warung lesehan, bahkan makanan ini menjadi salah satu kuliner yang digemari masyarakat.

Delivery Nasi Liwet Daun Pisang

Tips Memasak untuk Delivery Nasi Liwet Daun Pisang

Nasi liwet biasanya disantap bersama-sama dengan teman atau keluarga, tidak disajikan dalam bentuk per porsi tetapi disajikan memanjang di atas daun pisang dan lauknya mengelilingi nasi liwet. Acara makan bersama-sama seperti ini awalnya dipraktekkan di pesantren-pesantren, selain itu juga ditemui cara makan nasi liwet di acara keluarga. Memakan nasi liwet bersama-sama seperti ini ternyata ada gunanya yaitu bisa memperkuat rasa kekeluargaan dan kebersamaan.

Nasi liwet bisa dibilang seperti nasi uduk yang gurih di mulut. Lauk-pauk untuk nasi liwet ini tidak dikhususkan harus disajikan dengan lauk apa, tetapi agar terasa nikmatnya maka sambal tidak boleh ketinggalan. Lauknya boleh menggunakan ayam goreng, ikan, telur atau lele, sedangkan sayurannya seperti lalapan, sayur labu dan sayur lainnya yang diinginkan. Apapun lauknya asalkan ada sambalnya maka semuanya terasa lezat. Karena rasanya yang lezat maka biasanya para mahasiswa memesan delivery nasi liwet daun pisang murah.

Ternyata nasi liwet tidak hanya bisa dimasak dalam dandang tetapi juga bsia dimasak dalam rice cooker. Berikut langkah-langkah memasak nasi liwet dalam rice cooker:

  1. Siapkan bahan

Hal pertama yang dilakukan sebelum mengolah suatu makanan tentu mempersiapkan bahannya terlebih dahulu. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat nasi liwet diantaranya yaitu:

  • 11, 5 cup beras atau boleh juga digunakan sesuai keperluan
  • Bawang merah dan bawang putih 4 siung
  • 2lembar daun jeruk
  • 1buah cabai
  • 1tangkai daun bawang
  • 2buah serai
  • Daun salam, lada, merica dan garam secukupnya
  1. Mengolah bahan

Bahan-bahan di atas dibersihkan terlebih dahulu dari kotoran, debu atau tanah yang menempel. Setelah bersih semuanya, bahan bakunya diiris. Bawang putih dan bawang merah serta daun bawang diiris dan dihaluskan, cabai diiris dan batang serai digerpek kasar. Biasanya hal itulah yang dilakukan oleh catering penyedia jasa pesan delivery nasi liwet daun pisang.

  1. Tumiskan bahan

Semua bahan yang sudah diiris dan dihaluskan kemudian ditumis. Langkah pertama setelah dipanaskan minyak, maka masukkan daun bawang, bawang putih dan bawang merah. Dimasukkan juga daun salam serta daun jeruk dan tambahkan cabai serta lada, merica dan garam secukupnya.

  1. Cuci beras

Selama semua bahan sedang ditumis, maka yang bisa dilakukan agar waktu tidak terbuang percuma adalah mencuci beras. Usahakan beras dicuci hingga bersih .Kemudian dicampurkan nasi dengan tumisan tadi, tambahkan air dan dimasak seperti biasa. Bila bumbu yang digunakan terasa kurang maka tambahkan bumbunya lagi dan tambahkan air. Nasi ini juga bisa dimasak menggunakan rice cooker.

  1. Tunggu hingga matang

Nasi yang telah dimasak perlu juga diperhatikan agar tidak gosong atau boleh juga ditunggu hingga matang. Setelah itu nasi liwet sudah bisa dihidangkan berbagai macam lauk-pauk serta sambal untuk menambah kelezatannya. Namun, jika ingin menambahkan atau mengkreasikan nasi liwet dan berbagai sajiannya juga bisa dilakukan sendiri. Langkah di atas hanyalah langkah dasarnya, selanjutnya untuk memasak dengan dandang juga boleh, jika ingin menambah bumbu juga boleh.

Saat ini juga tersedia catering delivery nasi liwet daun pisang yang memudahkan konsumen untuk menikmati kelezatan nasi liwet. Menu lauk-pauk nasi liwet saat ini sangat beragam seperti ayam goreng, bebek goreng, ikan goreng, cumi goreng bahkan ikan asing goreng pun ada. Sedangkan untuk sayurannya ada sayur asem, cah kangkung dan karedok. Bagi yang suka telur juga disediakan telur balado.

Menikmati nasi liwet saat ini juga bisa ditemukan di restoran atau rumah makan tertentu tidak hanya ketika adanya suatu acara syukuran saja. Bahkan ada restoran yang menyediakan menu nasi liwet khas restoran tersebut. Nasi liwet juga bisa dipesan secara online melalui Online delivery nasi liwet daun pisang enak.

Sajian nasi liwet juga bisa ditemukan saat bulan Ramadhan tiba. Selain karena nikmatnya makan bersama-sama, ternyata makan nasi yang dihidangkan di atas daun pisang ini juga bagus untuk kesehatan. Cara menyantap nasi liwet ini bisa dilakukan dengan cara duduk lesehan di atas lantai dan menyantap hidangan panjang di atas daun pisang. Cara makan duduk di atas lantai baik untuk kesehatan pencernaan dan bisa meningkatkan kesehatan jantung.

Demikian tips mengenai langkah mudah membuat nasi liwet menggunakan rice cooker. Selain itu nasi liwet yang dipesan melalui delivery nasi liwet daun pisang juga tidak kalah enaknya daripada buatan sendiri. Anda bisa memesannya melalui RoyalTumpeng yang menyediakan layanan delivery langsung ke tempat acara berlangsung.

Sending
User Rating 5 (1 vote)