Hal-hal yang Harus Diperhatikan untuk Membuat Tumpeng Enak

Resep Nasi Tumpeng Enak – Untuk merayakan pesta dan syukuran, Anda pasti menginginkan tumpeng yang bukan hanya indah dilihat, tetapi juga rasanya enak. Selain memesannya dari katering, Anda pun bisa membuatnya sendiri dengan bantuan resep nasi tumpeng enak. Sebenarnya, hidangan ini tidak terlalu sulit dibuat, asalkan Anda cukup ulet dan bersabar saat memasaknya. Ada hal-hal yang harus diperhatikan seperti bumbu kuning untuk mewarnai nasinya atau lama pengadukan agar nasi dan bumbu tercampur dengan sempurna.

Resep Nasi Tumpeng Enak

Cita rasa tumpeng dipengaruhi oleh pemilihan bahan dan bagaimana cara Anda mengolahnya. Pastikan Anda membeli beras putih dan beras ketan dengan kualitas terbaik, karena kedua bahan ini adalah bintang utama dari pembuatan tumpeng. Cuci bersih kedua beras tersebut dan tiriskan sebelum dikukus. Pada tahap ini, Anda cukup mengukusnya sampai setengah matang, sebab beras masih akan dimasak lagi sebanyak dua kali.

Resep Tumpeng Enak ala Royal Tumpeng

Dalam resep nasi tumpeng enak pun terdapat komponen-komponen penting untuk bumbu kuning. Sebagai pewarna alami untuk nasi, kunyit yang Anda pilih pun harus segar. Parut kunyit tersebut, saring dengan santan, dan buang ampasnya. Untuk menambah rasa dan aroma, tambahkan bahan lain seperti garam, daun salam, pandan, dan serai. Masak bahan-bahan tersebut hingga mendidih, lalu masukkan beras aron tadi ke dalam bumbu. Aduk dengan ritme teratur hingga bumbu tadi meresap sepenuhnya pada beras dan jangan lupa beri perasan jeruk nipis.

Di tahap terakhir, Anda hanya perlu memasak beras tersebut selama kurang lebih setengah jam hingga matang. Jika tahap-tahap sebelumya dilakukan dengan benar, maka tumpeng Anda akan wangi, warna kuningnya tidak terlalu pucat atau kontras, dan nasinya pun akan pulen. Bentuk nasi kuning tersebut dengan cetak hingga padat dan taruh di wadah khusus. Agar rasanya semakin nikmat, jangan lupa tambahkan pelengkap seperti potongan sayur atau lalap, telur, ayam goreng atau bakar, dan tempe goreng. Sebagai tambahan, kalau tidak mau repot belajar dari resep nasi tumpeng enak, Anda bisa pesan tumpeng lezat ke RoyalTumpeng.com.

[Total: 0 Average: 0]