Jual Nasi Tumpeng di Utan Kayu Utara

Jual Nasi Tumpeng di Utan Kayu Utara – Bisa Anda coba untuk kunjungi apabila ingin merasakan nasi tumpeng, apalagi nasi tumpeng merupakan salah satu kuliner khas Indonesia sehingga banyak orang yang tidak asing dengan nasi ini. Apalagi nasi tumpeng selalu hadir di acara penting sehingga membuat nasi tumpeng dengan sebuah acara tidak dapat dipisahkan. Apalagi tidak hanya acara adat saja yang menggunakan tumpeng namun juga hingga acara kematian, karena digunakan pada beberapa acara penting tentunya membuat nasi tumpeng memiliki beberapa macam. Hal ini tentunya wajib Anda ketahui mengingat agar tidak salah pilih menggunakan nasi tumpeng, apalagi nasi tumpeng bukan hanya sekedar makanan saja dimana terdapat beberapa makna filosofis dari makanan ini. Karena itu Anda harus sangat memperhatikannya agar tidak salah pilih nasi tumpeng sehingga nasi ini dapat melengkapi kesuksesan acara Anda. Sebab tidak banyak orang yang mengetahui jenis nasi tumpeng sehingga membuat mereka salah dalam memilih nasi yang tepat.

Jual Nasi Tumpeng di Utan Kayu Utara

1. Tumpeng robyong

Apabila Anda mengadakan acara yang bertemakan suka cita maupun syukuran maka harus menggunakan tumpeng jenis ini, dimana tumpeng ini terdapat pada jual nasi tumpeng di Utan Kayu Utara. Jadi jika melakukan khitan maupun hajatan cocok menggunakan nasi ini, salah satu ciri khas dari nasi tumpeng ini adalah terdapat telur ayam uruth, bawang merah yang utuh, terasi bakar, dan cabai merah utuh yang terletak di bagian atas tumpeng. Nantinya semua bahan tersebut akan ditempelkan dengan menggunakan bilah bambu. Tentunya tumpeng ini memiliki makna yang dalam yaitu bermaknakan kesejahteraan, kesuburan, dan keselamatan. Tumpeng ini juga membentuk kerucut yang mirip dengan gunung, hal ini juga memiliki Β arti juga dimana gunung sendiri merupakan tempat air mengalir sehingga dapat menghidupi tanaman di sekitarnya. Jadi tidak heran jika gunung merupakan simbol dari kesejahteraan, serta tumbuhan juga memiliki makna bahwa hidup dan berkembang.

2. Tumpeng nujuh bulan

Pastinya setiap wanita hamil yang usia kandungannya menginjak 7 bulan pastinya akan mengadakan syukuran 7 bulan, pastinya di dalam syukuran ini Anda bisa menggunakan tumpeng nujuh bulan. Tentunya tumpeng ini biasanya digunakan oleh masyarakat Jawa, untuk bentuk tumpeng ini juga seperti pada tumpeng pada umumnya yaitu kerucut. Hal ini merupakan lambang dari Β bentuk penghormatan kepada Tuhan, untuk bagian bawah dari tumpeng ini juga melebar. Hal ini juga memiliki makna dimana merupakan lambang dari rahmat yang diberikan Tuhan kepada umatnya, jadi apabila Anda memotong tumpeng nanti melambangkan bahwa anda menerima rahmat dari Tuhan. Makna lainnya pada tumpeng ini juga merupakan bentuk dari harapan untuk ibu yang sedang mengandung agar diberikan kebaikan pada kandungannya sehingga persalinan akan berjalan lancar serta anak yang akan dilahirkan akan sehat dan sempurna.

3. Tumpeng pungkur

Apabila Anda ingin mengadakan upacara penolak bala maka wajib menggunakan tumpeng ini yaitu tumpeng pungkur, tentunya terdapat beberapa perbedaan pada tumpeng ini dibandingkan dengan tumpeng pada umumnya. Jika pada umumnya tumpeng berbentuk kerucut, namun berbeda dengan tumpeng ini. Sebab tumpeng ini berbentuk gunung namun akan dibelah menjadi 2 bagian, nantinya setiap bagian dari tumpeng tersebut akan diletakkan secara bertolak belakang atau biasa disebut ungkur-ungkuran. Untuk lauk pada tumpeng ini biasanya adalah lauk yang tidak pedas serta menggunakan urap, namun tidak terdapat kecambah dan kangkung pada tumpeng ini. Tumpeng ini juga memiliki makna tersendiri yaitu agar terbebas dari pengaruh jahat dan dapat menolak bala sehingga kehidupan juga dapat tentram. Serta tumpeng ini juga bermakna mengenai perpisahan antara orang yang masih hidup di dunia dengan orang yang sudah meninggal.

4. Tumpeng modern

Tentunya seiring berkembangnya zaman maka tumpeng sudah memiliki beberapa perubahan, dimana munculnya tumpeng modern. Tentunya tumpeng ini telah mengalami perubahan bentuk bahkan diberikan beberapa hiasan dan dibentuk tidak hanya berbentuk kerucut. Tentunya tumpeng ini juga dapat disajikan pada acara ulang tahun sekalipun dimana bentuk dari tumpeng ini juga sudah terlihat lebih modern karena sudah mengikuti perkembangan zaman.

5. Tumpeng urubing damar

Untuk tumpeng ini juga tidak kalah menarik, sebab tumpeng ini digunakan untuk sesaji kepada Ratu Pantai Selatan. Sebab masyarakat Jawa hingga saat ini masih melakukan beberapa acara terutama untuk Ratu Pantai Selatan mengingat tempat ini merupakan tempat yang dikeramatkan, sehingga untuk menggunakan tumpengnya juga bukan seperti tumpeng pada umumnya. Tumpeng ini juga memiliki bentuk yang berbeda jika dibandingkan dengan tumpeng pada umumnya, sebab bentuknya juga kecil. Selain itu pada bagian kanan dan kirinya juga terdapat lampu yang terbuat dari bambu.

6. Tumpeng megana

Acara wetonan tentunya masih banyak dilakukan oleh masyarakat Jawa, dimana acara ini dilakukan minimal satu kali seumur hidup. Tentunya dalam acara ini akan menggunakan tumpeng khusus, dimana tumpeng yang digunakan adalah tumpeng megana. Tumpeng ini akan menggunakan urap, sayur-sayuran, dan ikan yang dilengkapi dengan bumbu pedas, hal inilah yang membedakan tumpeng ini dengan tumpeng pada umumnya sebab beberapa tumpeng ada yang menggunakan lauk yang tidak pedas. Apabila Anda sudah mengetahui jenis dari tumpeng ini maka Anda harus menetapkan jenis acara apa yang akan Anda gelar sehingga bisa memilih jenis tumpeng yang disediakan. Tentunya Anda tidak bingung ketika pergi ke tempat jual nasi tumpeng di Utan Kayu Utara.

Sending
User Rating 5 (1 vote)