Nasi Kebuli Mandhi

Nasi Kebuli Mandhi – Nasi Kebuli dan Nasi Mandhi keduanya merupakan nasi khas Timur Tengah yang hingga kini masih menempati urutan pertama di hati penggemar masakan khas Arab. Nasi Kebuli dan Nasi Mandhi, keduanya dihidangkan untuk menemani makan siang atau makan malam.

Nasi Kebuli dan Nasi Mandhi memiliki cita rasa yang sangat unik. Tapi agar rasanya lebih nendang, kedua olahan nasi tersebut dianjurkan disantap selagi hangat. Mengingat keduanya dihidangkan dengan daging kambing yang rasanya akan berubah bila disantap saat dingin.

Nasi Kebuli Mandhi

Nasi Mandhi sudah jelas terbukti berasal dari Yaman, Timur Tengah, berbeda dengan Nasi Kebuli yang masih menjadi perbincangan di kalangan keturunan Arab. Keturunan Arab mengaku jika tidak ada yang namanya Nasi Kebuli di Arab yang ada jutru Nasi Kabli.

Asal-usul Menarik Mengenai Nasi Kebuli Mandhi

Salah satu menu nasi olahan kambing yang paling populer adalah Nasi Kebuli dan Nasi Mandhi. Berikut asal-usul menarik dan ciri khas dari Nasi Kebuli Mandhi Indonesia:

  • Nasi Kebuli

Nasi ini memiliki cita rasa yang gurih dan lezat dengan warna kuningnya yang khas. Makanan ini sebenarnya bukan makanan khas Timur Tengah melainkan makanan asli dari Indonesia. Nasi Kebuli dulu dibuat oleh tangan terampil dari koki keturunan Arab Saudi yang memilih tinggal di Indonesia. Saking melekatnya dengan Indonesia, Nasi Kebuli Mandhi online bahkan menjadi salah satu menu nasi yang paling disukai oleh orang Betawi, Jakarta.

Rasa gurih yang terasa dari Nasi Kebuli berasal dari kaldu daging serta susu kambing. Kedua bahan utama tersebut dioleh bersama dengan memakai minyak samin. Di kompor yang terpisah, nasi ditanak dengan memakai rempah-rempah wangi lainnya.

Dan ada pun jenis rempah yang umum digunakan untuk membuat Nasi Kebuli adalah lada hitam, cengkeh, bawang merah, jintan, bawang putih dan rempah lainnya. Tidak heran jika rasa dari Nasi Kebuli sangat unik dan lezat.

Nasi Kebuli umumnya disajikan selagi hangat dengan daging kambing yang telah digoreng. Di restoran dan catering makanan Arab, Nasi Kebuli Mandhi murah akan disajikan dengan menambahkan beberapa topping khusus. Topping yang paling umum adalah kismis dan kurma, bisa juga dengan tambahan lauk sambal goreng ati.

  • Nasi Mandhi

Untuk pilihan kedua, selain menyediakan Nasi Kebuli yang sangat populer. Nasi ini sangat terkenal di kalangan keturunan Arab, terutama di Yaman dan Mesir. Rasa nasi ini sangat kaya karena memang menggunakan banyak rempah di dalamnya. Beras yang digunakan untuk membuat Nasi Kebuli Mandhi terjangkau adalah beras basmati umumnya impor. Beras ini memiliki karakter yang lebih pipih dan panjang dari nasi Indonesia.

Karena Nasi Mandhi sangat populer di Indonesia, kita bisa menemukan restoran Arab yang menawarkan hidangan ini dengan sangat mudah. Berbeda dengan di Madinah, Arab Saudi. Masyarakat lokal menyebut Nasi Mandi dengan Mathbakh Mandhi. Beras basmati diolah dengan memakai sekitar 16 jenis rempah baru kemudian ditanah.

Pada umumnya, hidangan Nasi Mandhi akan disajikan dengan daging kambing berbumbu. Pada proses pengolahannya daging kambing di oven sampai lunak baru kemudian di tanur, pengolahan daging secara tradisional ini memakan waktu 8 jam. Meskipun menghabiskan waktu yang sangat lama, rasa daging dari Nasi Kebuli Mandhi enak ini tidak ada tandingannya.

Sebagai pelengkap Nasi Mandhi yang super lezat, sengaja disediakan kari sayuran dan susu kambing. Jadi setelah menikmati nasi Mandhi yang disajikan di piring atau loyang besar. Konsumen bisa menikmati segelas susu kambing, susu ini akan membantu menurunkan makanan dengan baik.

Perbedaan Antara Nasi Kebuli dengan Nasi Mandhi

Sebenarnya dari ulasan sebelumnya, sudah banyak informasi yang bisa diambil tentang perbedaan antara kedua olahan nasi. Namun untuk meyakinkan pemahaman konsumen mengenai Nasi Kebuli dan Nasi Mandhi. Simak perbedaannya berikut ini:

  1. Nasi Kebuli

Nasi ini ditemukan di Indonesia dan hingga kini diolah dengan cara yang sama sejak pertama kali dipopulerkan di Betawi. Nasi Kebuli memiliki cita rasa dan aroma kambing yang sangat khas. Meskipun rasa kambingnya nendang, tapi tidak berbau amis sama sekali.

Untuk konsumen yang tidak bisa menikmati daging kambing, kini ada banyak jasa catering makanan Arab yang menjual kebuli ayam. Rasanya memang tidak senatural Nasi Kebuli kambing, tapi tidak kalah lezatnya.

  1. Nasi Mandhi

Daripada menikmati daging sapi dan daging ayam, mayoritas orang Arab memang lebih suka daging kambing atau domba. Buktinya ada pada Nasi Mandhi ini yang umum dibuat dari daging kambing muda. Olahan nasinya memiliki cita rasa daging yang sangat kuat karena nasi dimasak dengan kaldu kambing.

Untuk penyajiannya sendiri Nasi Mandhi disajikan dalam porsi yang besar. Saat mengunjungi restoran Arab untuk makan siang atau makan malam dengan Nasi Mandhi, Usahakan untuk mengajak banyak teman. Mengapa demikian? karena akan sulit untuk menghabiskan hidangan ini seorang diri atau berdua.

Nasi Kebuli Mandhi Premium dari Royal Tumpeng

Saat ini catering Royal Tumpeng menyediakan Nasi Kebuli Mandhi enak yang disajikan di atas nampan. Anda bisa memilih Kebuli Mandhi dengan daging ayam atau daging kambing. Kelebihan nasi kami yaitu:

  • Bisa pesan secara online, khusus wilayah JADETABEK tak perlu repot mengambil sendiri karena ada delivery order GRATIS.
  • Nasi Kebuli dan Mandhi yang terjangkau bisa untuk makan besar per nampan 10 porsi.
  • Cita rasa Kebuli dan Mandhi yang enak khas Timur Tengah yang tetap cocok di lidah orang Indonesia.
  • Anda bisa pesan mix menu nasi Kebuli dan nasi Mandhi sesuai dengan selera.

Minimal pemesanan 2 nampan nasi baik Kebuli atau Mandhi. Kami jual Nasi Kebuli Mandhi enak dengan pilihan beras lokal dan beras import. Untuk menu tambahan yang bisa dipesan antara lain, seperti:

  • Telur Balado
  • Perkedel Kentang
  • Balado Kentang
  • Sambal Goreng Daging Sapi

Bagaimana cara pesan Nasi Kebuli dan Mandhi secara online di Royal Tumpeng? Caranya sangatlah mudah, Anda cukup:

  1. Menghubungi customer service kami di nomer kontak 0812-8760-8239 atau kirim e-mail ke order@Royaltumpeng.com untuk info dan pemesanan. Anda juga bisa datang langsung ke jasa catering Nasi Kebuli Mandhi kami yang berlokasi di Bekasi.
  2. Silahkan beritahukan pesanan Anda, minimal pemesanan adalah 2 nampan nasi baik Kebuli maupun Mandhi. Anda bisa melakukan mix pemesanan, misalnya pesan Nasi Kebuli dan Nasi Mandhi atau Nasi Kebuli saja atau Nasi Mandhi saja.
  3. Jika ada tambahan menu lauk pauk, maka silahkan beritahukan kepada CS kami.
  4. Infokan alamat tujuan pengiriman beserta jam. Pemesanan sebaiknya dilakukan minimal H-1 acara.
  5. Lakukan pembayaran. Anda dapat memilih opsi bayar transfer atau COD.

Kami jual nasi Kebuli Mandhi terjangkau yang dapat dipesan online dan offline. Setelah pemesanan beres, Anda tinggal tunggu nasi Kebuli atau Mandhi datang ke tempat Anda dalam keadaan rapi dan tepat waktu.

Sending
User Rating 5 (2 votes)