Nasi Mandhi Jakarta

Nasi Mandhi JakartaNasi Mandhi merupakan hidangan istimewa yang berasal dari Yaman, Timur Tengah. Nasi diolah dengan memakai banyak bumbu rempah sehingga rasanya sangat gurih dan lezat. Untuk penyajiannya, nasi Mandhi disajikan dengan olahan daging ayam atau kambing berbumbu.

Alih-alih menggunakan piring kecil, biasanya nasi Mandhi akan disajikan dengan nampah. Hidangan ini memang cocok sekali bila dinikmati bersama-sama karena porsinya yang besar. Satu nampan Nasi Mandhi bisa dinikmati oleh 3-4 orang.

Nasi Mandhi Jakarta

Di Timur Tengah masyarakat lokal seringkali makan nasi ini secara bersama-sama. Mereka makan dengan menggunakan tangan sehingga terasa lebih akrab. Meskipun tampak seperti hidangan mewah, Nasi Mandhi termasuk yang paling sering dipesan oleh konsumen restoran nasi Mandhi Jakarta terjangkau.

Rasa nasi Mandhi sangat unik, berbeda dari nasi berbumbu khas Indonesia. Meskipun kuliner ini khas Timur Tengah, tapi kita bisa menemukannya dengan mudah di restoran Arab yang ada di Indonesia. Terutama jika menetap di Jakarta, ada banyak restoran Arab yang menyajikan makanan khas lezat.

Sejarah Singkat Nasi Mandhi

Awalnya makanan khas ini hanya dinikmati oleh masyarakat lokal yang berada di bagian selatan dari Semenanjung Arab. Tapi lama kelamaan banyak orang Hadhrami yang melakukan perjalanan ke Indonesia lalu memperkenalkan Nasi Mandhi. Kata ‘mandhi’ merupakan peralihan kata dari bahasa arab ‘nada’ yang bila dialih ke bahasa ke Indonesia menjadi ‘embun’

Embun secara tersirat mewakili tekstur lembut dan lembut dari daging kambing muda yang umumnya digunakan sebagai lauk pelengkap dari Nasi Mandhi. Untuk melestarikan kekayaan alam dan peninggalan nenek moyang, hingga kini Nasi Mandhi masih dioleh dengan cara tradisional.

Teknik Mengolah Nasi Mandhi Yang Benar

Peranan konsumen saat berada di restoran hanyalah menikmati sepiring hidangan nasi Mandhi Jakarta murah tanpa tahu bagaimana cara pengolahannya. Teknik pengolahan Nasi Mandhi sebenarnya sangat rumit, bahkan koki membutuhkan waktu berjam-jam. Berikut gambarannya:

  • Pertama-tama, daging ayam atau kambing akan direbus terlebih dahulu setelah sebelumnya diberi bumbu.
  • Setelah daging ayam/ kambingnya tampak lunak, air kaldu akan digunakan untuk mengolah nasinya seperti nasi basmati.
  • Sedangkan daging ayam/ kambing tadi akan dijemur di bagian dalam tandoor tepatnya di atas nasi. Tandoor ini nantinya akan ditutup menggunakan tanah liat dan akan dilihat kembali setelah 8 jam.
  • Agar sensasinya sama seperti makan nasi mandhi di Arab, restoran nasi Mandhi Jakarta enak sengaja membuat makanannya semirip mungkin.

Beras sebagai bahan utama pembuatan Nasi Mandhi bisa menggunakan beras lokal atau kadang ada yang menggunakan beras impor. Tidak hanya memperhatikan penggunaan berasnya, jasa catering juga memperhatikan pemakaian bumbu dapurnya.

Ada banyak rempah pilihan yang hanya digunakan pada resep nasi Mandhi. Tidak heran jika aroma dari hidangan ini sangat wangi dan khas. Rasanya sangat tajam ketika dinikmati selagi hangat. Salah satu bumbu rempah yang wajib digunakan saat membuat Nasi Mandhi adalah minyak zafaron. Beda dari minyak lainnya, minyak ini mampu memberikan aroma wangi dan warna yang sangat khas. Agar warnanya lebih menarik, Nasi Mandhi ditambah dengan rempah kunyit yang berwarna kuning. Jadi di akhir pengolahan nanti, nasi putih akan berubah warna menjadi kuning kunyit.

Sebagai pelengkap Nasi Mandhi, biasanya akan disajikan acar zalat. Acar zalat merupakan acara khusus yang menjadi ciri khas dari Nasi Mandhi. Acar ini dibuat dari irisan mentimun, buah nanas dan irisan bawang putih serta bawang merah. Rasa acar zalat sangat unik dan menyegarkan cocok untuk melegakan tenggorokkan setelah makan nasi yang berminyak.

Sebagai tambahan rasa, biasanya orang menikmati Nasi Mandhi dengan kecap manis. Dan selain acar zalat, beberapa restoran seringkali menyajikan nasi Mandhi dengan topping kacang tanah, kismis maupun kacang pinus. Konsumen bisa memesan sesuai dengan seleranya masing-masing.

Pesan Nasi Mandhi Jakarta Dijual Secara Online

Restoran nasi Mandhi di Jakarta jumlahnya memang tidak terhitung banyaknya, namun ada beberapa pengusaha catering yang menjual nasi Mandhi secara online. Penjualan nasi Mandhi Jakarta online tidak bisa dikatakan sepi, karena konsumen selalu ada setiap hari.

Harga untuk tiap paket Nasi Mandhi sangat bervariasi, tergantung dari pemakaian bahan utama dan topping yang diinginkan. Bila di restoran Arab, mayoritas koki membuat Nasi Mandhi dengan kambing muda. Namun catering online cenderung lebih fleksibel, bahkan terkadang mereka menawarkan nasi Mandhi ayam.

Karena dibuat dari kaldu daging yang berbeda, rasanya pun akan sangat berbeda. Bila ingin merasakan cita rasa yang natural seperti nasi Mandhi Timur Tengah, maka dianjurkan pilih yang dari daging kambing. Tapi bila tidak bisa mengonsumsi daging kambing karena alasan kesehatan. Maka bisa memesan Nasi Mandhi ayam. Kedua hidangan sama-sama memiliki cita rasa yang lezat dan khas, dijamin tidak akan kecewa.

Cara Memesan Nasi Mandhi Jakarta Online

Cara pemesanan Nasi Mandhi Jakarta secara online tentunya jauh lebih mudah daripada beli offline. Konsumen hanya perlu menghubungi jasa catering nasi Mandhi Royaltumpeng.com untuk mengantarkan pesanan. Di jasa catering Royal Tumpeng terdapat beberapa varian menu nasi Mandhi, yaitu:

  • Nasi mandhi ayam
  • Nasi mandhi kambing

Selain menyediakan nasi mandhi, kami juga menawarkan menu nasi kebuli ayam dan kambing. Setiap menunya bisa untuk makan 10 porsi. Harga 1 nampan nasi mandhi ayam yaitu Rp 500 ribu, sedangkan nasi mandhi dengan daging kambing Rp 600 ribu. Keunggulan nasi Mandhi Jakarta Royal Tumpeng yaitu:

  • Cita rasa yang dijamin pasti enak.
  • Bisa pesan secara online, siap antar ke tempat tujuan acara Anda.
  • Nasi mandhi dibuat dari beras basmati import sehingga rasanya lebih enak daripada menggunakan beras lokal biasa.
  • Anda bisa memesan lauk pauk tambahan sesuai dengan selera.

Itu tadi keunggulan dari nasi Mandhi yang ditawarkan oleh jasa catering Royal Tumpeng di Indonesia. Sebagai catatan, ketentuan pemesanan nasi Mandhi di tempat kami yaitu minimal order 2 nampan nasi Mandhi. Dalam nampan nasi Mandhi tersebut sudah termasuk menu nasi dengan berbagai macam lauk pauknya. Berikut beberapa contoh menu lauk pauk yang ada, seperti: acar Jalata, irisan cabe rawit, irisan cabai hijau dan bawang bombay, emping, ayam panggang atau daging kambing panggang, dsb.

Saat memesan, Anda bisa mix menu pesanan yang ada, misalnya ingin pesan nasi Mandhi dengan nasi Kebuli atau nasi Mandhi saja namun dengan daging ayam dan daging kambing. Pesan nasi Mandi Jakarta dan daerah sekitarnya bahkan mendapatkan GRATIS ONGKIR! Sehingga jauh lebih hemat karena Anda tak perlu membayar biaya pengiriman langsung ke tempat Anda.

Nasi Mandhi Jakarta cocok untuk berbagai macam acara baik syukuran atau perayaan. Hubungi jasa catering kami untuk segera pesan nasi Mandhi Jakarta yang enak, halal, dan dijamin higienis juga proses memasak dan mempersiapkannya. Anda bisa menghubungi kami di nomer kontak 0812-8760-8239 atau kirim e-mail ke order@Royaltumpeng.com untuk info dan pemesanan. Selamat mencoba.

Sending
User Rating 5 (1 vote)