Pesan Nasi Liwet Gelaran Khas Sunda Atau Solo?

Pesan Nasi Liwet Gelaran – Nasi liwet sebenarnya adalah nasi putih yang diolah dan disajikan di atas daun pisang lengkap dengan lauk, kerupuk dan sayuran. Namun ada yang unik dari cara menyajikan nasi liwet ini yaitu disajikan dalam di atas daun pisang yang memanjang dan dimakan bersama-bersama, bukan disajikan per masing-masing orang. Cara duduk untuk menikmati sajian nasi liwet ini bukan duduk di kursi tetapi duduk lesehan, cara inilah yang dikenal dengan nama bancakan.

Pesan Nasi Liwet Gelaran

Bedanya Pesan Nasi Liwet Gelaran Khas Sunda Atau Solo?

Nasi liwet saat ini tidak dikhususkan saat ada acara tertentu saja, tetapi sudah menjadi makanan sehari-hari. Dulu nasi liwet dimanfaatkan sebagai bekal saat para petani akan pergi ke sawah. Namun sekarang saat banyak kreasi nasi liwet yang disajikan. Bagi wisatawan luar negeri yang menyukai nasi liwet bisa berkunjung ke negara Indonesia. Orang yang pesan nasi liwet gelaran di Jakarta belakangan ini memang sedang naik daun sehingga nasi liwet ini bisa disantap saat berkunjung ke ibu kota.

Nasi liwet ini bisa dibedakan menjadi dua jenis yaitu nasi liwet Solo dan nasi liwet Sunda. Meskipun sama-sama nasi liwet, namun keduanya memiliki perbedaan. Apa saja perbedaannya, berikut akan dijelaskan.

  • Cara mengolah

Nasi liwet Sunda diolah dan kemudian dimasak dengan tidak memanfaatkan santan sedangkan nasi liwet Solo dimasak menggunakan santan. Nasi liwet Sunda tidak dimasak dengan santan. Kemungkinan dikarenakan mayoritas warga Sunda memanfaatkan tanah mereka sebagai lahan perkebunan dan sedikit untuk ditanami pohon kelapa. Sehingga nasi liwet Sunda dibuat dengan beras, air dan menggunakan rempah-rempah dan bumbu. Meskipun begitu saat pesan nasi liwet gelaran enak ini maka akan tetap menghadirkan rasa nasi liwet yang enak dan lezat.

  • Sajian lauk

Saat pesan pesan nasi liwet gelaran murah dapat dilihat cara penyajian nasi liwet Sunda disatukan antara nasi dengan lauk seperti ikan asin, sambal dan lalapan. Nasi liwet Sunda mengandung tumisan bawang merah, cabai, bawang merah dan ikan asin. Untuk tambahannya digunakan batang sereh, garam serta daun salam. Berbeda dengan nasi liwet Solo yang dihidangkan dengan Β daging ayam, sayur labu, telur rebus opor dan sambal. Bahkan ada satu macam pelengkap lagi yang harus ada yaitu areh. Areh ini bisa dibilang seperti bubur yang dibuat dari kelapa dengan rasa yang gurih. Selain itu, nasi liwet solo disajikan dengan kerupuk rambak yaitu kerupuk yang terbuat dari kulit sapi, ampela ayam, telur bacem dan tempe.

  • Asal mula nasi liwet sunda dan nasi liwet solo

Nasi liwet dimasak dengan cara ngeliwet yaitu dimasak dengan campuran beras, air atau santan serta dimasak dalam suatu tempat khusus. Nasi liwet Sunda awalnya dibuat oleh masyarakat petani sebagai bekal ketika akan pergi ke sawah. Sedangkan, nasi liwet Solo ini sebenarnya muncul dari masyarakat biasa di kabupaten Sukoharjo. Nasi tersebut dijual di daerah Solo sehingga dikenal dengan sebutan nasi liwet Solo.

  • Cara penyajian

Nasi liwet Sunda bisanya dicampur serta diletakkan dalam katel nasi dengan tujuan nasi tersebut selalu dalam keadaan hangat. Berbeda dengan nasi solo yang Β dihidangkan terpisah dengan lauk-pauknya dan dibungkus menggunakan daun pisang.

Nasi Liwet dan Tradisi Duduk Bancakan

Tahukah kamu bahwa salah satu tradisi warga Jawa Barat adalah menikmati makanan yang disajikan di atas daun pisang dengan duduk lesehan. Tentu saja cara makan seperti ini bisa menambah akrab suasana. Cara menikmati masakan dalam satu wadah inilah disebut nasi bancakan makan. Cara seperti ini memang populer di beberapa daerah di Indonesia.

Menikmati makanan seperti dalam sebuah acara adalah hal yang menyenangkan. Semua orang yang menyantap makanan tidak memandang status orang lain, baik kaya ataupun miskin, semua sama duduk menikmati makanan yang dibentuk memanjang. Sebelum menyantap makanan, para tamu yang hadir membaca doa terlebih dahulu. Keluarga yang menghidangkan makanan didoakan agar sehat, mudah rezeki diberi keberkahan. Untuk memenuhi kebutuhan acara seperti ini hadirlah pesan nasi liwet gelaran online yang bisa dengan mudah dimanfaatkan untuk mendapatkan fasilitas delivery ini.

Menu masakan nasi liwet ini ada banyak jenis seperti ikan teri, ayam goreng, tempe dan tahu, ikan asin, sambal dan lalapan. Semua menu pendamping nasi liwet ini ditata mengelilingi sepanjang nasi liwet tersebut. Tersedia juga kerupuk dan mentimun untuk pencuci mulut.

Itulah hal yang perlu Anda ketahui sebelum pesan nasi liwet gelaran serta perbedaan antara nasi liwet sunda dan nasi liwet solo. Meskipun beda cara mengolahnya, rasa kedua nasi liwet ini tetaplah enak dan patut di coba. Untuk memesannya, Anda bisa menghubungi RoyalTumpeng yang menyediakan paket nasi liwet dengan model gelaran seperti ini.

Sending
User Rating 5 (1 vote)