Pesan Nasi Tumpeng di Kalideres

Pesan Nasi Tumpeng di Kalideres – Tumpeng merupakan hidangan yang hadir dari hasil budaya Jawa. Pada awal kemunculannya, tumpeng ini memang digunakan dan disebarkan oleh ajaran agama Hindu.

Pesan Nasi Tumpeng di Kalideres

Dari segi maknanya pun juga sesuai dengan ajaran agamanya. Akan tetapi saat ini sudah mulai banyak berkembang dan berubah. Makna dari tumpeng sudah mulai dibuat berdasarkan adat dan kebudayaan masyarakat Jawa yang lebih merata tanpa komponen agama tertentu.

Masyarakat Jawa sendiri terbagi menjadi beberapa suku yang berbeda-beda. Setiap suku tersebut memiliki adat dan budayanya masing-masing. Penggunaan tumpeng bagian masyarakat Jawa juga mulai berubah menyesuaikan dengan wilayahnya masing-masing. Akan tetapi masih tetap memiliki makna secara keseluruhan yang sama.

Pesan Nasi Tumpeng di Kalideres Sesuai Jenis dan Artinya

  • Tumpeng dengan nasi kuning

Pasti banyak orang yang sudah mengetahui mengenai jenis tumpeng yang satu ini. Tumpeng ini juga sesuai dengan namanya yang juga menggunakan nasi berwarna kuning. Untuk menu pelengkapnya ada seperti telur dadar rawis, timun, kering-keringan, ayam, perkedel serta abon. Nasinya dengan warna kuning tersebut bermakna moral serta kekayaan. Hal itu juga banyak membuat nasi ini digunakan untuk bentuk dari rasa syukur.

Anda bisa mudah menjumpai tumpeng nasi kuning pada kegiatan sunatan, hari kelahiran, perkawinan, kelahiran serta kegiatan lain yang membahagiakan. Jika ingin menggunakannya, pesan nasi tumpeng di Kalideres online agar tidak repot bisa menjadi solusi.

  • Tumpeng tumbuk

Tumpeng ini hanya ada ketika perayaan hari kelahiran. Akan tetapi tidak semua umur akan menggunakan tumpeng jenis ini. Hanya orang-orang yang berulang tahun pada usia 64 saja yang akan diberikan tumpeng ini.

Penggunaan tumpeng ini bukan tanpa alasan. 64 adalah hasil perkalian angka 8 dengan 8. Dimana menurut masyarakat dengan sistem kepercayaan Cina dan Jawa, 8 adalah angka yang keramat.

Jadi dalam kata lain, usia 64 juga menjadi usia yang istimewa sehingga perayaannya juga harus spesial. Tumpeng ini akan dihiasi dengan kacang panjang mulai dari dasar nasi hingga bagian puncaknya. Kacang panjang tersebut juga memiliki makna berupa umur yang juga panjang.

  • Tumpeng ketika pernikahan

Tumpeng ini hampir sama seperti tumpeng robyong. Pembedanya adalah tumpeng pernikahan ini setengah nasinya akan dipotong secara mendatar. Ujungnya yang berbentuk runcing menjadi simbol dari kesuburan atau lingga. Sedangkan pada sisi bawahnya yang lebar akan menjadi simbol yoni atau kekuatan. Untuk bagian ujungnya terdapat tusukan berupa bawang merah dan cabai.

Menunya sendiri bisa wajib dengan lauk lodeh kluwih, kacang panjang kepang, takir pontang serta jajanan pasar yang memiliki 5 warna. Hidangan ini akan terlihat semakin enak karena adanya sayur urap segar serta telur rebus.

  • Tumpeng robyong

Jaman dulu, hidangan ini ditujukan jika ada acara besar. Contohnya mengusir wabah penyakit, meminta hujan serta waktu panen. Akan tetapi, tumpeng ini ternyata juga bisa disajikan untuk yang lainnya seperti syukuran, pernikahan serta acara yang lainnya. Dalam bahasa Jawa, robyong tersebut berarti beramai-ramai. Jadi maknanya diumpamakan sebagai tamu datang dengan ramai dan banyak.

Dalam tumpeng ini biasanya juga menggunakan tumpeng berukuran kecil yang nantinya akan ada di sekeliling tumpeng utamanya. Tumpeng dengan ukuran kecil tersebut dinamakan tumpeng gundul karena polos atau tidak menggunakan lauk dan hiasan seperti biasanya.

Tumpeng robyong ini juga harus dihias dengan sangat meriah. Jadi ketika Anda pesan nasi tumpeng di Kalideres murah pastikan agar tumpeng Anda bisa dihias semeriah mungkin.

Infografik Pemesanan Nasi Tumpeng

Nasi Tumpeng untuk Ulang Tahun Mewah

Ulang tahun biasanya akan khas dengan kue ulang tahun atau kue tart. Namun sekarang kue tart sudah biasa dijumpai. Bahkan ada juga orang yang tidak terlalu menyukai kue tart ketika acara ulang tahun.

Sekarang ini lebih banyak orang lebih memilih ulang tahun yang lebih bisa dinikmati oleh semua orang. Salah satunya adalah menggunakan tumpeng.

Penggunaan tumpeng selain lebih praktis, juga lebih hemat. Anda tidak perlu lagi menggunakan hidangan utama lainnya. Sehingga lebih menghemat pengeluaran.

Berikut adalah beberapa inspirasi untuk tumpeng ulang tahun yang bisa Anda gunakan:

  • Tumpeng warna pink

Pernahkah Anda melihat tumpeng dengan warna pink? Tumpeng menggunakan nasi warna pink akan cocok digunakan pada ulang tahun si kecil. Warna pink biasanya menjadi warna kesukaannya dapat Anda manfaatkan sebagai pengganti warna kuning pada nasi. Warna pink tersebut biasanya menggunakan pewarna makanan.

Bisa juga menggunakan warna dari cabai merah, hanya saja jika untuk anak kecil sudah pasti kurang cocok. Jangan lupa untuk hiasi dengan karakter dengan warna yang senada. Seperti Angry Bird warna pink atau Hello Kitty.

  • Tumpeng bentuk Love

Saat ini perkembangan tumpeng tidak harus selalu memiliki bentuk yang bertingkat dan mengerucut. Inovasi tumpeng modern tersebut ada juga untuk menyesuaikan dengan kebutuhan pasar.

Salah satunya adalah tumpeng dengan bentuk Love. Tumpeng ini menggunakan loyang dengan bentuk Love. Jika pesan nasi tumpeng di Kalideres enak Anda juga bisa meminta untuk dibuatkan dalam bentuk bertingkat.

Tumpeng bentuk ini akan cocok tidak hanya untuk ulang tahun melainkan juga untuk perayaan hari terkasih. Misalnya acara anniversary dan lainnya.

Jangan lupa untuk memberikan hiasan seperti bunga dari lobak atau wortel. Biasanya pesan nasi tumpeng di Kalideres Anda bisa meminta atau order jenis lauk hingga hiasan atau tampilan yang diinginkan. Seperti di Royal Tumpeng dimana Anda bisa pesan untuk berbagai acara! Hubungi CS kami di 0812 8760 8239 atau email ke order@royaltumpeng.com.

[Total: 1 Average: 5]