Pesan Nasi Tumpeng Johar Baru

Pesan Nasi Tumpeng Johar Baru – Sudah menjadi hal yang biasa ketika tumpeng selalu digunakan sebagai salah satu syarat pada acara perayaan tertentu. Misalnya seperti acara perayaan ulang tahun, pernikahan atau peresmian tertentu.

Pesan Nasi Tumpeng Johar Baru

Nasi tumpeng menjadi syarat untuk memulai suatu acara seperti dengan cara memotong bagian ujungnya pada acara peresmian. Untuk membuat nasi tumpeng sendiri memang cukup mudah. Hanya saja dibutuhkan ketelatenan dan juga waktu yang banyak. Hal ini dikarenakan ada berbagai jenis lauk pauk berbeda yang dimasak.

Ada berbagai jenis tumpeng yang bisa Anda gunakan untuk keperluan acara Anda. Berikut adalah beberapa jenis nasi tumpeng yang bisa digunakan.

Pesan Nasi Tumpeng Johar Baru yang Unik

  1. Tumpeng buah

Jenis tumpeng yang satu ini cukup unik karena nasi dan lauk-pauk yang biasa digunakan diganti dengan berbagai macam buah. Tumpeng buah ini biasanya digunakan di daerah bali sebagai tumpeng untuk acara keagamaan umat Hindu. Dalam budaya Hindu, tumpeng buah ini miliki arti berupa anugerah atas hasil panen dan juga wujud rasa syukur.

Berbagai macam buah-buahan akan dibentuk menjadi kerucut dimana akan membentuk seperti menara atau dalam kata lain tumpeng buah. Anda bisa menggunakan buah pisang, jeruk, apel, nanas, semangka, melon dan berbagai jenis buah lainnya. Biasanya jenis buah yang digunakan adalah buah lokal.

  1. Tumpeng sayuran

Selain menggunakan buah-buahan juga ada tumpeng dengan berbagai macam sayuran. Sama halnya dengan tumpeng buah, tumpeng sayur ini juga digunakan untuk perayaan keagamaan. Maknanya berupa rasa syukur atas hasil bumi yang Tuhan berikan.

Berbagai jenis sayuran mentah akan disusun menyerupai gunung atau menara. Nantinya orang-orang akan saling berebut untuk mendapatkan sayuran tersebut secara gratis. Biasanya tumpeng sayuran ini akan sering Anda jumpai pada acara yang ada di daerah Solo atau Yogyakarta.

  1. Nasi kuning

Jenis tumpeng yang bisa Anda pesan nasi tumpeng johar baru online adalah nasi tumpeng dengan nasi kuning. Nasi tumpeng ini sangatlah umum digunakan oleh masyarakat. Selain itu penggunaannya juga tidak hanya untuk acara keagamaan saja melainkan juga sebagai bentuk rasa syukur.

Seperti pada acara pernikahan, peresmian, ulang tahun dan lain sebagainya. Nasi kuning tersebut didapatkan dari beras biasa yang kemudian dimasak dengan campuran santan dan juga kunyit halus.

Sehingga warnanya kuning dan aroma serta rasanya akan sangat gurih. Nasi tumpeng tersebut akan dibentuk menjadi kerucut dengan menggunakan cetakan. Kemudian pada bagian atasnya akan diberi daun pisang sebagai hiasannya.

Nasi tumpeng kuning ini bisa dihidangkan dengan berbagai macam olahan lauk-pauk seperti telur balado, tempe orek, sayur urap, ayam suwir dan lain sebagainya.

  1. Tumpeng mini

Tumpeng mini sebenarnya hampir sama dengan tumpeng biasa, hanya saja ukurannya lebih kecil dan hanya cocok untuk hidangan per orang. Jika Anda tertarik memesan nasi tumpeng mini ini dapat langsung ke Royal Tumpeng.

Infografik Menu Royal Tumpeng

Contoh Lauk Pauk Pelengkap Nasi Tumpeng

Nasi tumpeng yang Anda pesan nasi tumpeng johar baru terbaik ternyata memiliki makna filosofis yang dalam. Dalam kata lain nasi tumpeng tersebut dibuat tidak hanya untuk dihidangkan saja melainkan juga memiliki makna.

Berikut adalah beberapa makna dari setiap komponen yang ada pada nasi tumpeng:

  • Ayam

Pada setiap nasi tumpeng yang Anda pesan biasanya ayam adalah lauk pauk utamanya. Jenis ayam yang digunakan biasanya menggunakan ayam jantan. Ayam jantan ini memiliki makna bahwa manusia harus menghilangkan sifat jelek seperti ayam jago yang suka sombing, menyela pembicaraan orang hingga congkak. Ayam jago tersebut biasanya akan diolah dan disajikan dengan utuh.

  • Nasi kuning atau nasi putih

Nasi berwarna kuning yang digunakan pada nasi tumpeng memiliki arti kekayaan, keberkahan dan juga sebagai wujud rasa syukur. Sedangkan jika Anda memilih pesan nasi tumpeng johar baru murah dengan nasi putih, maka bermakna bahwa segala sesuatu yang kita makan harus berasal dari yang halal dan bersih.

Walaupun saat ini sudah banyak sekali variasi nasi tumpeng dengan berbagai jenis nasi seperti nasi uduk atau jenis nasi lainnya namun prinsipnya masih tetap sama.

  • Ikan teri

Pada menu nasi tumpeng biasanya khas dengan tambahan sambal teri. Tambahan teri pada sambal tersebut juga memiliki makna yang cukup bagus. Ikan teri selalu hidup bergerombol. Hal ini memiliki makna agar manusia selalu hidup dengan damai dan akur walaupun selalu berdampingan. Dalam kata lain hidup bermasyarakat harus dilakukan dengan damai dan saling menjaga kerukunan serta kebersamaan.

  • Ikan lele

Selain ayam, biasanya juga ada yang menggunakan ikan lele sebagai lauk pauknya. Ikan lele melambangkan bahwa hidup harus selalu disertai dengan kesabaran dan keuletan. Sama halnya dengan ikan lele yang bisa bertahan hidup walaupun dalam air yang keruh dan tidak mengalir. Namun jika Anda kurang suka dengan ikan lele, Anda bisa menggantinya dengan jenis ikan lainnya.

  • Cabai merah

Cabai merah yang digunakan hanya sebagai hiasan saja ternyata memiliki makna. Cabai merah biasanya akan dibentuk menjadi bunga. Makna dari penggunaan cabai merah adalah diibaratkan seperti api dimana yang berguna sebagai penerangan.

  • Sayur urap

Nasi tumpeng tidak akan lengkap rasanya tanpa ada sayuran. Menu sayuran yang bisa digunakan biasanya seperti sayur urap. Sayur urap ini terdiri dari berbagai jenis sayuran matang yang kemudian diberi bumbu berupa parutan kelapa dan rempah lainnya.

Hasilnya akan menciptakan rasa yang segar dan gurih. Berbagai jenis sayuran seperti bayam memiliki makna damai, kangkung bermakna melindungi, kacang panjang bermakna pemikiran yang luas serta taoge yang bermakna terus berkembang.

Pesan nasi tumpeng Johar Baru bisa dilakukan melalui delivery order online. Caranya dengan menghubungi jasa catering Royal Tumpeng di 0812 8760 8239.

[Total: 1 Average: 5]