Pesan Tumpeng Mini Terbaik di Grogol Jakarta Selatan

Pesan Tumpeng Mini Terbaik di Grogol Jakarta Selatan – Menyediakan beragam jenis tumpeng untuk berbagai keperluan acara. Seperti pernikahan, kelahiran, hingga syukuran seperti selametan rumah baru. Nasi tumpeng bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin melakukan syukuran rumah baru. Berikut adalah beberapa ulasan terkait tumpeng untuk syukuran rumah.

Pesan Tumpeng Mini Terbaik di Grogol

Pesan Tumpeng Mini Terbaik di Grogol Jakarta Selatan untuk Syukuran Rumah Baru

  1. Fungsi dan Makna

Hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah makna dan fungsi nasi tumpeng itu sendiri. Dalam tradisi Jawa, nasi tumpeng sudah dikenal sebagai sajian yang sering dibuat dalam acara-acara syukuran. Apa alasannya? Karena nasi tumpeng memiliki makna tersendiri di setiap menunya. Contohnya, warna nasi yang kuning, hal ini melambangkan warna kemakmuran dan rezeki yang melimpah dari Tuhan. Itulah sebabnya, nasi tumpeng seringkali dibuat dalam acara syukuran rumah baru. Karena selain lezat, hidangan ini juga memiliki makna sebagai ungkapan rasa syukur atas rezeki yang sudah didapat.

  1. Cara Penyajian

Cara penyajian tumpeng yang bisa dibuat yaitu dengan membuat tumpeng kerucut besar di tengah lalu di sekelilingnya diletakan menu dan pelengkap lainnya. Seperti ayam ingkung, sayur urap, tempe, dll. Susunlah dan pilih menu sebanyak tujuh buah. Kenapa harus tujuh? Karena dalam tradisi Jawa juga, angka 7 disebut dengan pitu atau pitulungan, artinya pertolongan. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan lalapan seperti selada segar, mentimun, dan tomat di atasnya. Berikan juga hiasan bunga cabai untuk diletakan di puncak tumpeng. Namun, jika Anda mau lebih praktis dalam membuat nasi tumpeng untuk acara syukuran rumah, bisa menggunakan jasa catering nasi tumpeng di Grogol, Jakarta Selatan.

  1. Menu yang Bisa Digunakan

Ada berbagai menu yang bisa digunakan dalam nasi tumpeng untuk syukuran rumah. Sama seperti tumpeng pada umumnya, Anda bisa menggunakan ayam ingkung, yakni ayam yang dimasak utuh. Sebagai pelengkap lain, tambahkan juga sayur urap yang beriri kangkung, bayam, tauge, kacang dan panjang yang diberi taburan parutan kelapa di atasnya. Perlu Anda ketahui juga, dalam tradiri Jawa, menu-menu tersebut memiliki arti dan makna tersendiri. Contohnya kangkung yang berarti jinangkung atau melindungi dan bayam yang berarti ayem atau tentram.

  1. Pelaksanaan dan Pemotongan Tumpeng

Sama seperti acara lain yang menggunakan tumpeng, pada acara syukuran rumah baru atau pindahan rumah juga ada prosesi pemotongan tumpeng. Biasanya pemotongan tumpeng dilakukan setelah pembacaan doa dan dilakukan oleh orang yang baru saja pindah rumah. Potongan tumpeng tersebut kemudian diberikan kepada orang yang dihormati dalam acara syukuran tersebut. Misalnya orang tuanya atau tokoh masyarakat setempat. Bagi Anda yang berencana melakukan syukuran seperti ini, beli saja atau pesan nasi tumpeng murah yang tersedia di area Grogol Jakarta Selatan.

  1. Box Nasi untuk Tamu Undangan

Selain menyediakan tumpeng utama, Anda juga bisa menyediakan box nasi untuk para tamu undangan yang hadir dalam acara tersebut. Sebaiknya, isinya pun sama dengan sajian dalam tumpeng. Seperti nasi kuning, ayam bakar, lalapan, dll. Kemudian kemas kedalam kotak nasi seperti biasanya. Anda bisa membuat nasi box sendiri ataupun jika ingin lebih praktis, bisa catering nasi tumpeng enak di Grogol Jakarta Selatan.

Itulah beberapa hal mengenai acara syukuran pindahan rumah dengan menggunakan tumpeng. Jika Anda berminat membeli tumpeng untuk acara serupa, silahkan pesan tumpeng mini terbaik di Grogol Jakarta Selatan.

[Total: 0 Average: 0]