Pesan Tumpeng Mini Terbaik di Pejaten Jakarta Selatan

Pesan Tumpeng Mini Terbaik di Pejaten Jakarta Selatan – Order catering tumpeng dapat dilakukan bagi Anda yang kurang ahli atau tidak punya waktu untuk membuat nasi tumpeng. Nasi tumpeng merupakan salah satu sajian khas masyarakat Indonesia khususnya tradisi Jawa yang masih dilestarikan hingga saat ini. Bentuknya yang unik yakni kerucut dengan berbagai sajian pelengkap yang mengelilingi nasi tumpeng membuatnya bercita rasa nikmat. Selain nasi kuning, tumpeng juga dibuat dari nasi uduk.

Pesan Tumpeng Mini Terbaik di Pejaten

Pesan Tumpeng Mini Terbaik di Pejaten Jakarta Selatan

Daripada pusing-pusing jika Anda tidak hendak pesan tumpeng mini terbaik di Pejaten Jakarta Selatan murah dan ingin membuat tumpeng mini sendiri, ikuti beberapa tips membuat tumpeng mini berikut ini:

  • Menentukan dahulu jenis nasi yang akan dibuat tumpeng

Pertama-tama, tentukan dahulu jenis nasi yang hendak dibuat tumpeng. Jenis nasi yang biasa dibuat tumpeng adalah nasi putih atau nasi biasa, nasi kuning atau nasi uduk. Selain menentukan jenis nasi, buatlah daftar sayuran, lauk dan pelengkap tumpeng mini yang hendak disajikan. Langkah ini akan mempermudah langkah pembuatan selanjutnya.

  • Memilih beras yang putih bersih

Pilihlah beras yang berkualitas tinggi dan berwarna putih bersih. Dengan begitu, tumpeng mini akan dapat disajikan dengan baik. Nasi akan tersusun utuh dan lebih rapi. Berbeda jika beras yang digunakan berkualitas jelek maka tampilannya tidak akan utuh.

  • Mencampur beras biasa dengan beras ketan

Supaya rasa dan teksturnya lebih pulen, lakukan pencampuran beras biasa dengan beras ketan. Perbandingan beras biasa dan beras ketan tumpeng mini harus ditentukan dengan seksama. Untuk 1 liter beras biasa campurkan 200 gr beras ketan. Rendam dahulu kedua jenis beras selama 1 jam lalu kukus dan ditanak dengan santan. Jika untuk nasi kuning, tambahkan parutan kunyit.

  • Menambahkan air perasan jeruk

Agar tumpeng mini terlihat lebih mengkilap, tambahkan air perasan jeruk nipis pada saat menanaknya. Sebaiknya tutup aron beras selama 15 menit supaya nasi betul-betul padat serta mudah ketika dicetak.

  • Mencetak tumpeng dengan cara yang tepat

Saat nasi tumpeng sudah matang, lakukan pencetakan dengan pencetak khusus yang sudah berbentuk kukusan atau kerucut. Agar bentuknya bagus dan tidak lengket, berilah ujung cetakan dengan selembar daun pisang. Masukkan nasi yang masih panas ke dalam cetakan sambal ditekan-tekan lalu letakkan pada wadah. Biasanya wadah yang digunakan adalah tampah atau papan lainnya.

  • Tambahkan perlengkapan tumpeng mini

Siapkan berbagai perlengkapan tumpeng mini yang sudah disiapkan seperti sayuran, lauk pauk hingga sambal. Tatalah di sekitar tumpeng mini dengan rapi. Beberapa pelengkap tumpeng mini yang dapat disajikan antara lain ayam bumbu rujak, ayam suwir, telur dadar iris tipis, kering tempe, abon serta sambal goreng ati atau krecek. Tambahkan sambal tomat dan kerupuk udang.

  • Menghias tumpeng mini

Lalu jika Anda tidak membeli tumpeng mini di tempat jual tumpeng mini terbaik di Pejaten Jakarta Selatan dan memutuskan untuk membuat sendiri, hiaslah tumpeng mini dengan maksimal. Penghias tumpeng mini dapat disajikan dari irisan cabai merah, selada, tomat yang dibentuk bunga, mentimun dan masih banyak lagi.

Melalui ulasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa tumpeng mini dengan berbagai pelengkap dapat dijadikan sebagai pengganti goodie bag untuk anak. Selain unik, hal ini akan menanamkan kelestarian tradisi pada anak. Anda dapat pesan tumpeng mini terbaik di Pejaten Jakarta Selatan di tempat yang sudah profesional.

[Total: 0 Average: 0]