Pesan Nasi Timbel – Nasi timbel merupakan masakan khas Sunda yang  memiliki banyak peminat. Oleh karena itu, tak heran jika kuliner yang satu ini masih banyak dijadikan hidangan untuk berbagai acara besar.

Berikut ini mengenai asal-usul serta keunikan hidangan nasi timbel untuk berbagai acara. Juga bagaimana resep membuat serta tips memilih jasa catering nasi timbel terbaik.

Nasi Timbel New RT

Asal Usul dan Keunikan Nasi Timbel Sebagai Hidangan Acara

Nasi timbel adalah kuliner tradisional yang berasal dari kota Bandung, Jawa Barat. Hingga saat ini, masakan khas Sunda ini masih digemari banyak orang. Kelezatan nasi yang dibungkus dengan daun pisang dari nasi timbel memberikan cita rasa yang memanjakan lidah.

Kuliner yang satu ini dipercaya menjadi salah satu masakan untuk merepresentasikan budaya Sunda. Ini dikarenakan masakan ini mulanya berasal dari daerah pegunungan di Jawa Barat yang memiliki banyak daun pisang.

Sehingga, daun pisang tersebut digunakan untuk membungkus nasi putih agar hangat dan tahan lama. Saat ini, ada banyak tempat pesan nasi timbel yang menjual makanan khas dengan kelezatan yang menggugah selera ini.

Daun pisang yang digunakan sebagai pembungkusnya merupakan salah satu keunikan dari nasi timbel. Penggunaan daun pisang untuk membungkus nasi bukan tanpa tujuan, melainkan agar nasi memiliki aroma yang khas yang alami. Daun pisang juga dapat melindungi nasi dari uap yang panas selama pengukusan.

Keunikan lainnya, nasi ini dipadukan dengan aneka ragam lauk-pauk beserta sambal yang memberikan cita rasa luar biasa. Sambal yang digunakan untuk nasi timbel juga merupakan sambal khas dengan cita rasa pedas yang mencerminkan kuliner khas Jawa Barat.

Selain itu, kerupuk dan acar untuk melengkapi nasi timbel juga memberikan sensasi yang berbeda. Inilah kenapa nasi timbel masih banyak peminatnya meskipun kuliner tradisional sudah ada sejak zaman dulu.

Hingga saat ini, nasi timbel masih banyak dihidangkan untuk berbagai jenis acara. Bagi Anda yang ingin menghidangkannya sebagai konsumsi bisa pesan nasi timbel terbaik yang sudah biasa menjual nasi timbel untuk berbagai acara. Misalnya acara arisan, seminar, ulang tahun, lamaran, hajatan atau acara syukuran lainnya.

Resep Nasi Timbel yang Lezat dan Memanjakan Lidah

  • Bahan nasi timbel

  • 1liter beras putih yang dicuci hingga bersih
  • 1liter air yang dimasak hingga mendidih
  • Daun pisang sebagai pembungkusnya
  • 1ekor ayam sekitar 500gram sebagai lauk pelengkap
  • Bumbu nasi timbel

  • 1sdt garam
  • 1sdm asam Jawa
  • ½ sdt merica bubuk
  • 5 siung bawang merah dan 3 buah bawang putih
  • ½ sdt gula merah
  • ½ sdt ketumbar
  • 2cm kunyit
  • Cara memasak nasi timbel

  • Kukus beras yang telah dibersihkan

Setelah menyiapkan bahan dan bumbu-bumbu yang dibutuhkan, selanjutnya kukus beras dalam kurun waktu sekitar 30 menit. Anda bisa menunggu beras yang dikukus sambil merebus air untuk dicampurkan ke beras.

  • Siram beras menggunakan air yang mendidih

Setelah beras dikukus, tuangkan air mendidih ke wadah beras yang telah dikukus. Biarkan hingga air meresap ke dalamnya dan kukus kembali hingga tekstur beras menjadi pulen.

  • Layukan daun pisang

Sambil menunggu beras yang dikukus lagi, layukan daun pisang yang digunakan sebagai pembungkus nasi. Adapun untuk melayukannya dibutuhkan api untuk membuatnya layu. Pastikan bahwa api tersebut tidak sampai membuat daun pisang gosong.

  • Bungkus nasi yang sudah matang

Saat nasi yang sudah dikukus matang, Anda bisa langsung membungkusnya dengan daun pisang yang telah dilayukan. Cara membungkusnya juga tidak sulit, Anda hanya perlu menyiapkan lembar daun pisang lalu masukkan nasi dan padatkan.

  • Lanjut masak lauk pelengkap

Bagi yang menggunakan ayam goreng sebagai lauk pelengkap, maka Anda perlu memarinasinya sebelum digoreng. Ini dilakukan agar ayam lebih empuk dan bumbunya meresap.

Setelah itu, goreng ayam sampai warnanya berubah menjadi kecokelatan. Ayam goreng telah siap dihidangkan bersama nasi timbel yang dibungkus dengan daun pisang.

  • Tips membuat nasi timbel yang lezat

  • Rendam beras sebelum dikukus

Sebelum mengukus beras untuk membuat nasi timbel, Anda harus merendamnya terlebih dahulu dalam kurun waktu 1 jam. Hal ini dilakukan agar beras lebih lembut dan juga pulen saat masak.

Nasi timbel yang pulen akan membuat para tamu undangan dapat menikmatinya dengan penuh selera. Maka dari itu, pastikan Anda pesan nasi timbel yang pulen untuk berbagai macam acara yang akan diadakan.

  • Pilih ayam yang segar

Sebagai lauk pendamping nasi timbel, pastikan bahwa ayam yang dipilih merupakan ayam segar. Ayam yang segar dapat dilihat dari warnanya yang merah muda. Anda bisa melihat ayam segar dari warna kulit hingga warna dagingnya

Tips Pesan Nasi Timbel Terjangkau untuk Berbagai Acara

  • Menentukan anggaran

Untuk kesuksesan acara, Anda perlu menentukan anggaran di jauh-jauh hari demi menghindari terjadinya anggaran yang keluar di luar ketentuan. Begitu juga dengan anggaran untuk konsumsi, Anda wajib menentukannya terlebih dahulu sebelum melakukan pemesanan nasi timbel ini.

Dengan menentukan anggaran, Anda bisa mengetahui besaran budget yang bisa digunakan untuk konsumsi. Anggaran yang telah ditentukan tersebut yang nantinya akan mempengaruhi jumlah dan jenis nasi timbel yang bisa dibeli.

  • Memilih menu yang netral

Bagi yang ingin pesan nasi timbel untuk acara penting yang mengundang banyak tamu, ada baiknya memilih menu yang netral. Ini dilakukan agar nasi timbel dapat dinikmati semua orang.

Hindari menu yang mengandung seafood, kacang-kacangan, susu, laktosa, dan ikan karena sebagian orang memiliki alergi terhadap menu tersebut. Sebagai gantinya, pilihlah menu netral seperti daging ayam atau sapi yang lebih aman.

  • Melebihkan jumlah pesanan

Saat menyelenggarakan acara, pastinya Anda memiliki daftar tamu yang akan hadir. Berdasarkan daftar tersebut, Anda bisa melebihkan pesanan nasi timbel ini dari jumlah tamu yang ada. Ini sangat diperlukan sebagai antisipasi kehadiran tamu undangan yang tidak terencana.

Dengan tamu undangan yang telah dipastikan hadir, lebihkanlah sebanyak 5-10 nasi timbel. Jumlah tersebut cukup yang artinya tidak terlalu sedikit ataupun terlalu banyak.

  • Memesan maksimal H-3 sebelum acara

Saat ingin pesan nasi timbel terdekat, Anda wajib melakukan pemesanan paling lama tiga hari sebelum acara. Ini dilakukan agar Anda bisa mencari pilihan yang lain saat jasa catering nasi timbel yang diinginkan tidak dapat menerima pesanan.

Selain itu, dengan memesan di jauh-jauh hari juga akan membuat Anda lebih banyak persiapan menjelang acara. Jika ada desas-desus jumlah tamu undangan akan bertambah pun, Anda masih bisa menambahkan pesanan.

  • Memastikan pesanan datang tepat waktu

Setelah melakukan pemesanan, Anda harus sering-sering follow up untuk memastikan pesanan tiba tepat waktu. Tanyakan apa ada kendala dalam pengantaran atau hal lainnya yang masih berkaitan.

Supaya lebih aman, carilah jasa catering nasi timbel yang memberikan garansi atas keterlambatan pengantaran. Dengan ini, Anda tidak perlu khawatir karena pesanan akan diantarkan dengan tepat waktu dan penuh tanggung jawab.

Contohnya seperti jasa catering Royal Tumpeng dimana Anda bisa pesan nasi timbel sebagai hidangan untuk acara. Royal Tumpeng menawarkan layanan delivery order di area Jadetabek bahkan tersedia free ongkir. Tunggu apalagi? Pesan nasi timbel dari kami di 0812 8760 8239 atau order@royaltumpeng.com.