Pesan Nasi Tumpeng di Gandaria Untuk Hidangan Pernikahan

Nasi Tumpeng Robyong Untuk Pernikahan

Pesan Nasi Tumpeng Di Gandaria – untuk acara pernikahan bukan hal tabu dilakukan. Malah hal ini sebenarnya menjadi tradisi yang patut dilestarikan. Nasi tumpeng untuk pesta pernikahan atau upacara suka cita populer disebut tumpeng robyong. Tumpeng robyong memiliki ciri khas yang membedakannya dengan jenis tumpeng lain. Yakini di bagian puncak tumpeng biasanya disematkan telur ayam utuh, cabai merah,  bawang merah, dan terasi bakar. Beberapa bahan tersebut ditusuk menggunakan sujen atau bilah bambu seperti sate. Sementara di sekitar nasi tumpeng dikelilingi sayur-sayuran untuk memberi kesan mewah dan meriah.

Nasi tumpeng robyong sudah biasa dihidangkan dalam upacara siraman pada adat pernikahan Jawa. Tumpeng akan ditata sedemikian rupa di atas bakul lengkap dengan anek sayuran. Tumpeng ini menjadi komplemen yang tak boleh ketinggalan. Pasalnya tumpeng robyong menjadi perlambang akan kesejahteraan, kesuburan, dan juga keselamatan. Bentuk tumpeng yang menyerupai gunung menggambarkan kemakmuran hakiki. Dimana air yang mengalir dari gunung menjadi sumber penghidupan tumbuhan di sekitarnya. Tumbuhan yang dibentuk ribyong selanjutnya disebut semen aatau semi yang memiliki arti tumbuh berkembang dan hidup.

Makna Di Balik Nasi Tumpeng Robyong

Saat pesan nasi tumpeng di Gandaria biasanya nasi tumpeng berbentuk kerucut mirip gunung memiliki makna spiritual. Dalam banyak kepercayaan dan tradisi gunung kerap diidentikkan dengan tempat mulia dan maha tinggi. Sementara pada refleksi lainnya, gunung dianggap sakral karena diyakini berkaitan dengan langit dan surga.

Tumpeng memang biasa digunakan sebagai perlambang dari sifat alam dan manusia yang berasal dari Yang Maha Kuasa. Bentuk tumpeng yang juga menyerupai tangan terkatup menunjukkan seorang hamba yang menyembah. Bentuk tersebut menggambarkan bahwa memang Allah Tuhan yang patut dimuliakan dan disembah. Di sisi lain, bentuk tumpeng yang menggunung diyakini memiliki harapan supaya hidup lebih baik. Sehingga bisa mencapai kesejahteraan lebih tinggi.

Pada upacara syukuran atau selametan, puncak acara yaitu pemotongan tumpeng bagian atas. Pemotongan ini umumnya dipercayakan kepada mereka yang dihormati atau dituakan. Hal ini dilakukan karena masyarakat khususnya masyarakat Jawa amat memegang teguh nilai kekeluargaan dan menghormati figur yang dituakan. Seperti halnya pepatah Jawa mikul dhuwur mendhem jero yang dalam bahasa Indonesia berbunyi memikul setinggi-tingginya dan menaman sedalam-dalamnya. Pepatah tersebut memiliki arti menghormati orang tua setinggi-tingginya dan menghargai orang lain sedalam-dalamnya.

Setelah dipotong, nasi tumpeng dapat disantap bersama. Pemotongan tumpeng itupun menjadi perlambang ungkapan rasa syukur kepara Tuhan Yang Maha Esa dan sekaligus sebagai pembelajaran. Yakni pembelajaran akan makna hidup terutama tentang kerukunan dan kebersamaan.

Pesan Nasi Tumpeng di Gandaria

Adanya makna mendalam dalam nasi tumpeng dan upacara pemotongan nasi tumpeng sekiranya cukup menjadi alasan. Sehingga makanan tradisional khas Indonesia ini memang pantas dipilih sebagai hidangan di pesta pernikahan Anda. Bagi Anda yang merasa kerepotan untuk mempersiapkan nasi tumpeng sendiri, tidak perlu khawatir. Pasalnya sekarang banyak jasa catering yang siap membantu.

Hanya saja jasa catering profesional satu-satunya yang patut diandalkan. Dimana higienitas dan kualitas menjadi prioritas utama. Hal itu semua demi menyuguhkan hidangan nasi tumpeng nikmat, lezat, dan sehat. Lantas dimanakah tempat pesan nasi tumpeng berkualitas untuk pesta pernikahan? Sekarang Anda bisa memesan secara online. Salah satu rekomendasi terbaik diberikan untuk Anda. Anda bisa pesan nasi tumpeng di Gandaria untuk kualitas unggul terpercaya.