Pesan Nasi Tumpeng di Gunung Putri

Pesan Nasi Tumpeng di Gunung Putri – Sajian tumpeng saat menggelar tiap syukuran, perhelatan, bahkan acara ulang tahun merupakan suatu kegiatan yang sudah mengakar di lingkungan masyarakat. Jadi jangan heran jika saat menghadiri sebuah acara, nasi tumpeng selalu dihadirkan karena hal tersebut sudah menjadi tradisi di Indonesia.

Pesan Nasi Tumpeng di Gunung Putri

Asal Usul Banyak Orang Pesan Nasi Tumpeng di Gunung Putri

Pernah berpikir dari mana asal-usul nasi kuning berbentuk kerucut ini? Diambil dari kata Tumpeng yang berasal dari bahasa Jawa, yen metu kudu sing mempeng yang berarti bila keluar harus bersungguh-sungguh. Jadi itulah sebabnya tumpeng selalu hadir di setiap acara hajatan karena memiliki arti yang sedang memohon pertolongan kepada Tuhan.

Awalnya nasi tumpeng memang dipengaruhi dengan kebudayaan Hindu. Tetapi, setelah Islam mulai masuk ke tanah Jawa, tradisi tumpeng mulai disesuaikan dengan filosofi Jawa Islam. Bahkan orang zaman dulu menganggapnya sebagai permohonan kepada Yang Maha Kuasa.

Dan hal tersebut bahkan masih dilakukan sampai sekarang. Karena seseorang yang berhajat dengan pesan nasi tumpeng di Gunung Putri online adalah orang yang sedang meminta pertolongan. Maksudnya agar terhindar dari segala keburukan, musibah, dan masalah lainnya.

Tips Membuat Nasi Tumpeng yang  Enak dan Gurih

  • Gunakan alat dan bahan yang tepat

Chef kenamaan yaitu Agung Budiharto pernah memberikan sebuah tips untuk membuat nasi tumpeng yang enak. Pertama, Anda harus menggunakan alat dan bahan yang sesuai dengan porsi yang ingin dibuat.

Pastikan porsi tersebut tepat karena hal ini sangat penting untuk mempersiapkan cetakan tumpeng dan besaran tampah alas nasi tumpeng nanti. Dan takaran setiap bahan masakan yang tepat juga sangat berpengaruh terhadap rasa akhir nasi tumpeng nantinya. Jadi, pastikan takaran dan hitungan bahan-bahannya benar-benar pas.

  • Menyiapkan bumbu dan bahan masak

Walaupun saat ini ada banyak layanan pesan nasi tumpeng di Gunung Putri terdekat, tak ada salahnya mencoba membuat tumpeng sendiri. Walaupun terbilang sedikit rumit karena ada banyak sekali jenis lauk yang akan dimasak.

Itulah sebabnya, langkah yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan dan membuat bumbu masak dengan teliti. Misalnya, masak bumbu dasar seperti bumbu kuning, bumbu putih, dan bumbu merah, menggoreng ikan teri, dan memotong sayur-sayuran.

Hal ini berguna agar kegiatan memasak nasi tumpeng menjadi lebih efisien dan praktis. Sehingga Anda tidak akan membuang-buang waktu untuk berkutat di dapur.

  • Menggunakan beras pilihan

Dilansir dari buku ‘Terampil Membuat Aneka Tumpeng’ oleh Dapoer Lezat 4. Tips nasi tumpeng yang enak dan gurih adalah menggunakan beras pilihan dengan kualitas yang pulen dan tidak ada kutu serta kotoran apa pun.

Bagi pemula, Anda dapat melihat butiran berasnya. Jika butirannya utuh dan besar-besar, maka beras tersebut sangat bagus untuk nasi tumpeng. Saat pesan nasi tumpeng di Gunung Putri enak pun, dengan harga yang premium maka beras yang dipakai juga berkualitas.

  • Menggunakan santan asli pilihan

Penggunaan santan instan sangat-sangat tidak dianjurkan dalam pembuatan nasi tumpeng, terlebih lagi pada penggunaan nasinya. Jika Anda ingin hasil nasi tumpeng gurih alami, legit dan mampu menimbulkan aroma wangi santan yang khas. Maka gunakanlah santan asli yang berasal dari perasan kelapa parut.

  • Menggunakan teknik Aron saat memasak nasi

Masih dengan tips dari Chef Agung Budiharto yang menjelaskan tentang teknik Aron untuk memasak nasi tumpeng agar lebih awet. Caranya rendam terlebih dulu beras yang sudah dicuci kemudian kukus setengah matang. Lalu dipindahkan ke sebuah kawah besar agar bisa diaduk sampai air beras mendidih.

Jika sudah selesai, masukkan kembali beras ke dalam kukusan. Lalu kukus hingga beras matang sempurna. Terdengar rumit, tetapi teknik Aron ini mampu membuat nasi tumpeng menjadi lebih awet, tidak mengeluarkan aroma dan tidak cepat basi.

Jika Anda sudah menyerah dengan proses pembuatan nasi tumpeng yang terbilang cukup rumit ini. Anda dapat memilih layanan pesan nasi tumpeng di Gunung Putri murah yang ada di sekitar.

  • Menambahkan air perasan jeruk

Selain memasukkan air kunyit, menambahkan air perasan jeruk juga dapat membuat beras tumpeng menjadi lebih kuning keemasan. Air perasan jeruk ini dimasukkan saat beras diaduk di sebuah kawah yang sudah tercampur dengan santan dan air kunyit.

  • Mencetak nasi sambil diaduk

Tips nasi tumpeng agar tidak cepat basi adalah diratakan dan dikipasi di sebuah nampan bersih sampai uap nasi menghilang. Karena jika Anda memaksa mencetak nasi saat uap masih mengepul, maka nasi tumpeng akan menjadi cepat basi. Itulah sebabnya, sangat penting untuk menghilangkan uapnya terlebih dulu, bila perlu kipasi nasi agar uapnya menghilang.

  • Gunakan daun pisang

Agar nasi tumpeng tidak pecah saat dilepas cetakannya. Anda harus mengeluarkannya saat nasi sudah dingin agar bentuknya stabil dan simetris. Jika tumpeng sudah dikeluarkan, sebaiknya tetap bungkus nasi tumpeng dengan daun pisang. Hal ini agar nasi tidak berubah menjadi kering, keras dan terhindar dari retak.

Infografik Menu Royal Tumpeng

8 tips tadi juga bisa Anda coba untuk membuat nasi tumpeng. Walaupun terbilang rumit, jika Anda sudah memiliki tips dan terbiasa dalam membuat nasi tumpeng. Maka akan sangat mudah dan hasilnya pun akan sangat bagus.

Meski begitu, jika memang tidak bisa membuat sendiri atau tidak ada waktu, maka bisa pesan nasi tumpeng di Gunung Putri. Caranya dengan menghubungi jasa catering Royal Tumpeng di 0812 8760 8239 atau email ke order@royaltumpeng.com. Kami adalah jasa catering yang menyediakan tumpeng untuk berbagai macam syukuran dan hajatan.

Dijamin enak, halal, dan berkualitas baik proses masak dan rasanya! Selamat mencoba…

[Total: 3 Average: 5]