Cara Hias Nasi Kuning Ultah

Cara Hias Nasi Kuning Ultah – Perayaan ulang tahun biasanya identik dengan sebuah kue tart. Namun bila ingin merayakan ulang tahun dengan lebih unik dan hangat, tak ada salahnya untuk menggunakan tumpeng sebagai pengganti kue. Tumpeng sendiri biasanya dikenal sebagai simbol wujud syukur dan harapan.

Cara Hias Nasi Kuning Ultah

Maka dari itu tumpeng juga bisa menjadi sajian untuk perayaan ulang tahun. Selain itu dengan menggunakan tumpeng suasana pun juga akan lebih hangat. Hal tersebut dikarenakan dengan tumpeng, Anda dapat merayakan dengan makan bersama. Bila ingin membuat tumpeng sebagai simbol ulang tahun, berikut cara menghiasnya.

6 Cara Hias Nasi Kuning Ultah Agar Terlihat Lebih Menarik

  • Menentukan Anggaran

Sebelum menghias tumpeng, ada baiknya untuk menyiapkan anggaran. Untuk menyiapkan anggaran, Anda juga perlu tahu bahan dan alat yang dibutuhkan untuk membuat tumpeng.

Saat sudah mengetahui hal tersebut, bisa juga memilah-milah bahan mana yang bisa diganti atau ditambah. Dengan menentukan anggaran, persiapan untuk membuat dan menghias nasi kuning pun akan jadi lebih mudah.

  • Mencetak Nasi

Setelah segala hal mengenai pembuatan nasi selesai, cara pertama untuk menghiasnya ialah dengan mencetak nasi. Mencetak nasi tumpeng sendiri bukanlah perkara yang mudah, nasi harus dapat berdiri dengan bentuk kerucut seperti gunung. Untuk itu agar nasi dapat berdiri kokoh gunakan campuran nasi dan ketan pada saat proses pembuatannya.

Kemudian gunakan alat yang berbentuk kerucut untuk mencetak nasi. Untuk ukurannya sendiri Anda bisa menyesuaikannya sendiri, bila ingin ukuran tumpeng besar maka alat pencetak pun juga harus lebih besar.

  • Gunakan Lauk Pauk dengan Warna yang Kontras

Warna nasi tumpeng sendiri biasanya identik dengan warna putih atau kuning cerah. Maka dari itu agar tumpeng dapat terlihat lebih indah, gunakanlah lauk-pauk yang memiliki warna yang lebih gelap.

Anda bisa memilih lauk-pauk seperti perkedel atau ayam dengan warna kecoklatan, bisa juga memilih balado dan oseng-oseng yang memiliki warna campuran cabai merah. Dengan menggunakan cara hias nasi kuning dengan bagus ini tentunya akan mempercantik tampilan tumpeng.

  • Manfaatkan Sayuran untuk Hiasan Alami

Selain lauk-pauk, sayuran juga dapat digunakan untuk mempercantik tampilan tumpeng. Anda bisa menggunakan selada sebagai hiasan daun yang mengitari tumpeng. Selain itu gunakan juga timun atau wortel untuk membuat bentuk bunda. Bila ingin tumpeng lebih berwarna gunakan tomat ceri atau cabai.

  • Jadikan Lauk Sebagai Center of Point

Agar hidangan tumpeng untuk ulang tahun tak hanya terlihat menarik, tapi juga menggiurkan, cobalah untuk menatanya dengan apik. Anda bisa meletakkan lauk-pauk di tengah dengan mengitari kerucut nasi kuning. Lalu tambahkan hiasan sayur di bagian sisi dengan bentuk bunga-bunga.

Agar lauk-pauk dan menu sayuran tidak tercampur, Anda juga dapat menggunakan lembaran daun pisang untuk menjadi wadah atau pemisah antar menu. Dengan begitu, tumpeng ulang tahun dijamin akan memiliki bentuk yang bagus meski dihias dengan mudah.

6 Ide Bentuk Nasi Kuning untuk Ulang Tahun Yang Unik

Setelah mengetahui cara hias nasi kuning ultah dengan mudah, tentunya Anda ingin tumpeng ulang tahun memiliki bentuk dan warna yang unik. Dengan bentuk tersebut, nasi tumpeng akan semakin menarik, apalagi bila disajikan untuk simbol ulang tahun kekinian. Nasi kuning memang identik dengan bentuk kerucut.

Tapi kini nasi kuning juga dapat diubah dengan beragam bentuk dan warna menarik yang disesuaikan dengan acara. Hal ini membuat nasi kuning tak kalah menarik bukan dengan penggunaan kue tart. Bila ingin membuat nasi kuning untuk ulang tahun, berikut Ide unik yang bisa dijadikan inspirasi.

  • Pelangi

Pelangi sendiri merupakan fenomena alam dengan kumpulan warna yang menarik dan indah. Hal tersebut juga dapat dituangkan untuk membuat ide nasi kuning yang unik. Anda cukup memasak beras dengan membaginya menjadi beberapa bagian. Berikan beras yang akan dimasak dengan memberikan pewarna makanan alami.

Anda bisa menggunakan warna ungu yang terbuat dari bunga telang, bisa juga menggunakan warna hijau dari campuran brokoli atau bayam. Lalu Anda juga dapat menggunakan warna merah dari tomat. Setelah semua nasi matang, tumpuklah beberapa nasi dengan warna yang berbeda dengan bentuk lingkaran, persegi atau kerucut.

  • Karikatur Wajah

Saat Anda ingin memberikan kejutan untuk ulang tahun teman, Anda juga bisa menggunakan nasi kuning yang dibentuk seperti karikatur. Buatlah bentuk nasi lingkaran yang menjadi dasar atau background. Lalu setelah itu tambahkan nasi dengan bentuk seperti wajah.

Lalu tambahkan detail seperti hidung, mulut dan alis. Jangan lupa juga tambahkan detail karakter teman Anda seperti kacamata, rambut atau lainnya. dengan begitu nasi kuning ini akan menjadi kejutan istimewa bagi ulang tahun teman.

  • Bentuk Hati

Tumpeng ini akan sangat cocok untuk diberikan kepada orang tercinta atau untuk merayakan ulang tahun pernikahan. Untuk membuat nasi kuning bentuk hati, cobalah untuk mengikuti cara hias nasi kuning ultah terlengkap berikut ini. setelah nasi dimasak, gunakanlah cetakan berbentuk hati.

Masukkan nasi ke dalam cetakan hingga padat dan keluarkan dengan pelan. Kemudian hias dengan sayuran dan aneka lauk pauk. Anda juga dapat memberikan nama pada nasi tersebut dengan menggunakan saus atau rumput laut.

  • Tokoh Kartun

Tak hanya kue, nasi kuning juga dapat diubah dengan menggunakan berbagai bentuk karakter kartun. Nasi ini akan sangat cocok digunakan untuk merayakan ulang tahun teman atau keponakan. Untuk membuat nasi mirip dengan karakter kartun, Anda harus mengetahui jenis tokoh mana yang disukai oleh teman atau keponakan.

Misalnya tokoh yang disukai adalah minion, maka buatlah bentuk nasi menjadi oval sebagai dasarnya. Kemudian hiasi dengan lembaran telur untuk membuat celana dan rumput laut untuk memberikan detail mata, bibir dan rambut.

  • Tumpeng Mini

Tumpeng ini bisa Anda gunakan untuk membuat surprise kecil untuk merayakan ulang tahun ibu atau teman. Dengan tumpeng mini tentunya Anda tak perlu membawa tumpeng yang besar dan berat.

Dengan tumpeng mini yang lengkap dengan lauknya dapat menjadi alternatif untuk merayakan hari orang terkasih. Agar lebih spesial tambahkan hiasan angka atau ucapan dengan membuatnya dari wortel atau kertas ucapan.

  • Mobil

Bila Anda mempunyai adik laki-laki dan memiliki hobi bermain mobil-mobilan, hal ini tentunya dapat membuat adik semakin gembira. Saat ulang tahun, berikanlah ia kejutan kecil dengan memberikan nasi kuning yang bertemakan mobil.

Anda bisa menggunakan tema area balapan atau karakter mobil kesukaannya. Jangan lupa juga untuk menghiasi dengan aneka lauk dan sayur warna-warni agar terlihat semakin cantik.

Bila ingin membuat nasi kuning untuk perayaan ulang tahun, coba simak cara hias nasi kuning ultah tersebut. Jangan lupa juga untuk menyimak beberapa ide model nasi kuning yang dapat dijadikan sebagai referensi.

Namun bila membuat nasi kuning tersebut cukup merepotkan, maka serahkan saja kepada ahlinya Royal Tumpeng. Hubungi CS kami di 0812.8760.8239 atau email ke order@royaltumpeng.com untuk mendapatkan berbagai nasi kuning untuk ultah dengan hiasan yang menarik.

[Total: 2 Average: 5]