Cara Memasak Nasi Rendah Gula

Cara Memasak Nasi Rendah Gula – Penyakit gula memang masih menjadi jenis penyakit yang banyak dihindari oleh orang-orang. Penyakit ini bahkan bisa menyebabkan komplikasi yang berbahaya untuk jenis penyakit yang lainnya. Oleh karenanya perlu mengurangi konsumsi gula guna menghindari terkena penyakit gula yang tinggi.

Cara Memasak Nasi Rendah Gula

Namun tahukah Anda bahwa nasi juga bisa mengakibatkan tingginya penyakit gula. Hal tersebut dikarenakan dalam nasi mengandung glukosa atau gula itu sendiri. Namun bukan berarti Anda harus berhenti mengonsumsi nasi untuk makan. Berikut adalah cara aman untuk memasak nasi agar terhindar dari penyakit gula yang tinggi.

Cara Memasak Nasi Rendah Gula Yang Aman Untuk Tubuh

Untuk Anda yang menderita diabetes, kandungan makanan dengan karbohidrat yang tinggi terkadang bisa menjadi hal yang harus dihindari. Salah satunya seperti nasi. Akan tetapi bukan berarti Anda tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi nasi. Nasi masih bisa menjadi makanan pokok untuk Anda konsumsi setiap hari.

Akan tetapi memang perlu ada aturan yang Anda ikuti agar nasi tidak menjadi penyebab gula darah yang naik. Mulai dari jumlah nasi yang dikonsumsi harus lebih diperhatikan, lauk pendamping untuk nasi tersebut, konsumsi buah dan cara memasak nasi rendah gula.

Cara memasak nasi rendah gula mudah adalah dengan menambahkan tepung kelapa. Tepung kelapa tersebut akan memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Selain itu tepung kelapa juga rendah akan karbohidrat dan kandungan gluten serta gula. Kandungan seratnya yang tinggi tersebut akan memungkinkan Anda untuk lebih bisa mengatur kadar gula darah agar tidak naik.

Anda bisa menggunakan tepung kelapa yang saat ini sudah banyak ditemukan di toko. Cara untuk memasaknya juga terbilang cukup mudah. Tambahkan sekitar 20 gram tepung kelapa dengan beras ketika akan dimasak. Dengan begitu nasi tersebut akan lebih aman Anda konsumsi.

Selain penggunaannya untuk campuran nasi, tepung kelapa tersebut juga bisa Anda gunakan sebagai salah satu bahan pengganti tepung terigu. Hal tersebut dikarenakan kandungan serat dari tepung kelapa akan lebih tinggi daripada tepung terigu biasanya.

Menurut sebuah penelitian, kandungan glikemik dari nasi yang dicampur dengan tepung kelapa akan menjadi 49. Sedangkan jika belum dicampurkan dengan tepung kelapa maka bisa sekitar 89 di mana cukup tinggi untuk penderita diabetes.

Penggunaan tepung kelapa dengan nasi tersebut juga berlaku untuk Anda yang menderita diabetes karena keturunan. Akan tetapi perlu diingat kembali, bahwa nasi hanya salah satu dari beberapa faktor yang bisa menyebabkan tingginya kadar gula darah Anda. Jadi tetap jaga pola makan dengan baik untuk menghindari gula darah yang naik.

Misalnya seperti hindari minuman dengan pemanis buatan, gula yang tinggi, gorengan hingga makanan dengan kandungan lemak trans. Jangan lupa juga untuk tetap menjaga pola olahraga dan istirahat dengan baik. Hal ini khususnya berlaku untuk Anda yang menderita diabetes karena keturunan.

Cara Mengurangi Kadar Gula Pada Nasi

Selain cara memasak nasi rendah gula cepat dengan tambahan tepung kelapa, Anda juga bisa menggunakan cara yang lainnya. Cara yang lain bisa Anda gunakan untuk membantu mengurangi indeks glikemik pada nasi yang biasanya disantap. Akan tetapi tetap perhatikan lauk pauk tambahan yang Anda gunakan untuk makan. Berikut adalah beberapa caranya:

  • Santap nasi dengan protein

Menyantap nasi dengan tambahan gizi berupa protein juga akan membantu Anda untuk bisa mengurangi kadar glikemik dalam tubuh. Salah satu yang banyak dianjurkan adalah mengonsumsi nasi dengan tambahan lauk berupa tahu. Anda juga bisa menambahkan protein yang lainnya seperti ikan, daging sapi atau daging ayam. Jika Anda bosan, Anda bisa mengolahnya menjadi olahan menu yang bermacam-macam. Namun hindari untuk menggorengnya.

  • Makan sup sebelum nasi

Supa kaldu daging atau ayam dipercaya memiliki kandungan berupa asam amino yang cukup tinggi. Kandungan asam amino tersebut akan membantu untuk meningkatkan sekresi insulin. Dalam hal ini ketika nasi masuk, tubuh akan lebih cepat dalam menyingkirkan gula yang sudah diolah dari nasi.

Selain sup ayam atau daging, Anda juga bisa mengonsumsi susu kedelai sebelum makan nasi. Hal ini bertujuan untuk menurunkan kandungan gula yang ada pada nasi. Dengan begitu nasi yang masuk dalam tubuh tidak akan memiliki kandungan indeks glikemik yang tinggi. Coba untuk konsumsi sup daging atau susu kedelai sekitar 30 menit sebelum Anda makan nasi.

  • Menambahkan jeruk nipis dan daun pandan

Cara memasak nasi rendah gula mudah yang selanjutnya adalah dengan menggunakan sedikit perasan jeruk nipis dan juga daun pandan. Penggunaan kedua hal tersebut juga membantu untuk menambah aroma dan cita rasa nasi yang lebih enak. Anda bisa menambahkan sedikit perasan jeruk nipis dan juga daun pandan pada saat memasak nasi.

Ketika nasi sudah masak, tiriskan terlebih dulu dan biarkan hingga sedikit dingin. Ketika nasi sudah berkurang kelengketannya maka bisa Anda konsumsi. Akan tetapi perlu diperhatikan jenis lauk pauk pendampingnya. Hindari menggunakan makanan yang berlemak dan juga goreng-gorengan.

  • Mencampur nasi dengan minyak kelapa

Dalam nasi putih mengandung dua jenis pati, pertama adalah yang sulit dicerna dan yang mudah untuk dicerna. Anda perlu memasak nasi agar bisa menghasilkan pati yang sulit dicerna sehingga tidak akan diubah menjadi gula.

Cara untuk memasaknya adalah dengan menambahkan minyak kelapa yang murni sekitar 1 sendok teh dengan air mendidih. Air mendidih yang sudah dicampur dengan minyak kelapa akan digunakan untuk memasak nasi. Setelah sekitar 40 menit nasi matang, dinginkan dan masukkan ke dalam lemari pendingin sekitar 12 jam sebelum Anda konsumsi.

Selama proses pendinginan ini, maka nantinya akan ada proses nasi untuk pembentukan pati resistan. Akibatnya tubuh akan menurunkan kalori yang diserap tubuh bahkan hingga 60%. Jika ingin menyantapnya, Anda bisa menghangatkan nasi tersebut kembali.

  • Konsumsi dalam keadaan dingin

Mengonsumsi nasi dalam keadaan dingin untuk beberapa orang memang kurang enak. akan tetapi nasi yang mengandung pati yang diubah menjadi gula bisa berganti menjadi pati resistan. Pati resistan atau yang tidak bisa diubah menjadi gula bisa Anda dapatkan jika nasi tersebut dalam keadaan dingin.

Akan tetapi bukan sembarang dingin. Nasi terlebih dulu harus dimasukkan dalam kulkas selama 12 hingga 24 jam. Setelah itu nasi bisa Anda hangatkan kembali jika ingin dikonsumsi. Hal ini akan membantu untuk mengurangi jumlah karbohidratnya.

Ada beberapa cara memasak nasi rendah gula yang bisa Anda lakukan guna menghindari tingkat gula darah yang tiba-tiba bisa naik. Akan tetapi beberapa cara tersebut memang cukup rumit atau membutuhkan banyak waktu.

Jika Anda ingin memesan makanan dengan kandungan nasi yang rendah gula, maka bisa pesan melalui Royal Tumpeng. Kami bisa membantu untuk membuatkan pesanan seperti nasi kotak hingga tumpeng sesuai dengan keinginan Anda. Hubungi CS kami di 0812.8760.8239 atau email ke order@royaltumpeng.com.

[Total: 2 Average: 5]