Ketahui Cara Menyimpan Nasi Kuning agar Tidak Cepat Basi yang Benar

Cara menyimpan nasi kuning agar tidak cepat basi perlu diperhatikan agar kandungan dan nutrisi pada nasi tersebut. Nasi menjadi makanan pokok bagi masyarakat Indonesia. Salah satu jenis nasi yang sering digunakan dalam berbagai acara adalah nasi kuning Sering kali nasi kuning ini menjadi basi karena cara penyimpanan yang tidak baik. (Baca juga: Macam-Macam Nasi Tumpeng dan Artinya).

Cara Menyimpan Nasi Kuning agar Tidak Cepat Basi yang Benar

Nasi kuning salah satu jenis nasi yang memiliki banyak penggemar karena rasanya yang gurih. Ditambah dengan berbagai lauk, seperti perkedel, tempe kering dan lain sebagainya maka akan menambah kenikmatan nasi kuning. Sebenarnya, kita bisa mengonsumsi nasi kuning kapan saja, baik pagi, siang maupun sore hari, tapi sebagian besar orang memilih nasi kuning sebagai menu untuk sarapan.

Meskipun tidak bisa membuatnya sendiri, nasi kuning bisa didapatkan dengan membelinya di warung. Terkadang, nasi yang kita beli terlalu banyak atau tidak habis dalam sekali makan sehingga sayang kalau harus dibuang begitu saja. Kita bisa menyimpan nasi kuning agar nantinya bisa dimakan lagi, untuk makan siang mungkin tapi Anda harus tahu berapa lama nasi bisa bertahan. Hanya saja, penyimpanan nasi yang tidak tepat bisa membuat nasi mudah basi. Oleh karena itu, perhatikanlah hal-hal berikut saat menyimpan nasi kuning.

  1. Pentingnya takaran air sebelum menanak nasi

Cara ini sebenarnya sudah digunakan sejak dulu. Anda bisa bertanya langsung pada orang tua atau nenek, pasti mereka tahu dan bahkan pernah melakukannya. Ketika menanak nasi, Anda harus tahu takaran air yang benar. Takaran air yang tepat adalah satu ruas jari telunjuk. Cara ini sangat ampuh khasiatnya. Meskipun demikian, Anda juga harus memperhatikan jumlah beras yang akan dimasak agar sesuai dengan banyaknya air. Ada beras yang memiliki daya serap cukup tinggi dan ada juga yang daya serapnya rendah.

  1. Alas daun pisang untuk membuat harum nasi

Pada zaman dulu, daun pisang sering digunakan sebagai bahan pembungkus nasi. Ternyata, pemilihan daun pisang ini memiliki fungsi untuk mencegah nasi mudah basi, khususnya nasi kuning. Caranya sangatlah mudah, yakni dengan meletakkan daun pisang di bawah Rice Cooker baru kemudian nasi bisa dimasukkan. Selain terhindar dari basi, nasi bertambah harum dan khas dengan daun pisangnya. Setelah makan selesai, lalu copot stop kontak Rice Cooker. Jika Anda melakukan cara ini dengan benar maka nasi kuning akan terhindar dari basi.

Menu
  1. Air jeruk nipis untuk menghindarkan nasi basi

Cara agar nasi tahan lama ini juga bisa dilakukan dengan mudah. Caranya dengan menetesi campuran dari air dan air jeruk sebelum nasi dimasak. Lantas, bagaimana dengan rasanya? Apakah akan berubah menjadi asam? Anda tidak perlu khawatir. Meskipun nasi kuning ditambahkan air jeruk tapi rasanya tidak akan berubah.

Selain menambahkan perasan jeruk, Anda juga harus memperhatikan bagaimana proses pencuciann berasnya karena hal ini dapat berpengaruh. Proses pencucian hingga besih sebenarnya dapat menghindarkan nasi dari kebasian, tapi sayang karena vitaminnya justru akan menghilang. Oleh karena itu, usahakan jika nasi yang Anda masak langsung habis dalam satu hari itu.

  1. Jauhi memanaskan nasi sepanjang malam

Hal ini masih sering dilakukan oleh banyak orang karena nasi tidak habis dalam satu hari makan. Terkadang, nasi yang sisa masih banyak jadi sayang untuk dibuang. Setelah memasak, rice cooker beralih fungsi menjadi pemanas nasi agar suhu nasi tetap terjaga panasnya. Meskipun sisa nasi masih bisa disimpan dalam rice cooker, tapi sebenarnya memanaskan nasi dalam rice cooker sepanjang malam. Gizi yang ada pada nasi akan hilang dan warna atau rasanya bisa saja berkurang sehingga dapat mengurangi selera makan kita.

  1. Bersihkan sisa nasi penyebab basi

Ketika nasi tidak habis dimakan maka akan membuat kerak di sekeliling magic com. Sisa yang menempel inilah yang bisa menyebabkan nasi mudah basi. Oleh karena itu, ketika Anda akan menanak nasi maka pastikan terlebih dahulu jika sudah tidak ada sisa nasi yang menempel. Pastikan jika Rice Cooker sudah bersih dari semua sisa nasi agar tidak menjadi penyebab nasi cepat basi.

Menjaga keadaan makanan agar tetap bersih harus kita lakukan agar tidak mengurangi nutrisi dan gizi makanan tersebut. Jika tubuh menerima makanan yang basi maka dapat mengganggu kinerja usus atau menimbulkan sakit perut sehingga Anda harus memastikan benar akan makanan yang masuk dalam tubuh.

Cara menyimpan nasi kuning agar tidak cepat basi di atas sangatlah membantu kita untuk menghindarkan nasi dari keadaan basi sehingga masih layak dimakan meskipun itu makanan satu hari yang lalu. Tapi akan lebih baik jika makanan itu bisa habis dalam sekali makan sehingga tidak akan menyisa.