Kreasi Nasi Tumpeng Mini 17 Agustusan

Nasi Tumpeng Mini 17 Agustus – Pada tanggal 17 Agustus merupakan hari paling bersejarah bagi bangsa Indonesia. Karena pada tanggal tersebut merupakan hari kemerdekaan Indonesia. Maka dengan begitu hari tersebut merupakan salah satu hari yang paling istimewa. Sehingga untuk merayakan hari kemerdekaan tersebut banyak cara yang dilakukan oleh masyarakat.

Nasi Tumpeng Mini 17 Agustus

Selain melakukan upacara bendera, masyarakat juga memeriahkannya dengan berbagai perlombaan. Untuk melengkapi acara istimewa tersebut tentunya ada juga nasi tumpeng. Karena nasi tumpeng memang biasanya ada dan disajikan  ketika acara-acara penting.

Kreasi Nasi Tumpeng Mini

Untuk membuat nasi tumpeng mini 17 Agustusan ada beberapa kreasi yang dilakukan antara lain sebagai berikut ini.

  1. Nasi Tumpeng Mini 17 Agustus Berwarna Merah Putih

Kreasi pertama yang biasa dilakukan ketika acara tujuh belas Agustus adalah dengan membuat nasi tumpeng mini 17 Agustus berwarna merah putih. Hal tersebut tentunya mewakili warna dadi bendera Indonesia yaitu bendera merah putih. Untuk membuat nasi tumpeng seperti ini sangatlah mudah dan juga sangat gampang.

Anda hanya perlu membuat nasi tumpengnya menjadi dua warna yaitu warna merah dan warna putih. Bentuk nasi tumpeng menjadi kerucut yang kemudian pada bagian bawahnya menggunakan nasi berwarna putih sedangkan untuk bagian atasnya menggunakan nasi berwarna merah yang disesuaikan dengan warna bendera Indonesia.

Namun selain itu, Anda juga bisa membentuk nasi putih seperti bendera dengan meletakkan nasi putih pada bagian bawah dan juga nasi berwarna merah untuk bagian atasnya. Untuk warna merahnya Anda bisa menggunakan nasi merah atau mungkin nasi yang dicampur dengan menggunakan pewarna makanan.

  1. Nasi Tumpeng Mini 17 Agustusan Dengan Bentuk Bersusun

Untuk kreasi kedua pada nasi tumpeng mini 17 Agustusan adalah dengan membentuk nasi tumpeng dalam bentuk kerucut atau dengan bersusun.

Maksud dari bentuk kerucut ini adalah melambangkan seperti sebuah gunung. Jadi intinya bahwa Indonesia ini sekoloh gunung, yang melambangkan kekokohan dan kesatuan Republik Indonesia.

Sedangkan untuk bentuk bersusun biasanya dibuat dengan membentuk nasi tumpeng yang ditumpuk-tumpuk menjadi beberapa tingkatan.

Biasanya nasinya bisa berwarna putih, merah, purih, hijau, atau yang lain. Kemudian setelah nasi tumpeng yang sudah dibentuk selanjutnya maka bisa dilengkapi dengan menggunakan lauk pauk.

Anda bisa menggunakan lauk pauk seperti kering tempe, perkedel kentang, mie goreng, telur dadar yang diiris-iris, dan lain sebagainya. Tata dengan rapi dan beri hiasan dengan menggunakan sayuran-sayuran seperti mentimun, wortel, cabai keriting, dan tomat. Sehingga dengan begitu nasi tumpeng yang dihasilkan akan bagus dan istimewa.

Membuat nasi tumpeng mini 17 Agustusan saat ini bisa menggunakan berbagai kreasi nasi yang bermacam-macam.

Diantaranya adalah sebagai berikut ini.

  1. Nasi Tumpeng Dengan Menggunakan Nasi Kuning

Untuk membuat nasi tumpeng memang sudah biasa jika menggunakan nasi kuning. Untuk membuatnya tentu menggunakan bumbu dan santan dalam memasak nasi. Sehingga nasi akan berwarna kuning dari kunyit dan rasanya akan gurih.

  1. Nasi Tumpeng Dengan Menggunakan Nasi Hijau

Selain dengan menggunakan nasi kuning, saat ini nasi tumpeng juga disajikan dengan menggunakan nasi hijau.

Hampir sama dengan nasi kuning dalam pembuatannya namun untuk warna hijaunya bisa berasal dari daun suji. Sehingga rasa yang dihasilkan akan enak dan sedap.

  1. Nasi Tumpeng Dengan Menggunakan Nasi Putih Gurih

Berbeda dengan biasanya nasi tumpeng gurih ini tentunya berbeda dengan nasi putih biasa. Karena nasi gurih ini berasa gurih seperti namanya. Hal tersebut tentunya dikarenakan ketika memasak nasi memakai santai untuk campurannya dengan bumbu lain. Sehingga nasi yang dihasilkan akan gurih dan juga enak.

Memang hari kemerdekaan merupakan hari yang istimewa dan patut untuk dirasakan. Salah satu bentuk untuk merayakannya adalah dengan menggunakan nasi tumpeng mini 17 Agustusan yang akan menambah meriah.

post