Nasi Tumpeng Bekasi

Nasi Tumpeng Bekasi

Nasi Tumpeng Bekasi | Nasi tumpeng adalah sajian khusus untuk acara tertentu yang sering sekali ada dalam tradisi masyarakat jawa. Perkembangan zaman membuat nasi tumpeng tidak lagi menjadi kuliner milik masyarakat jawa tapi juga mulai disukai banyak orang yang menyebabkan nasi tumpeng menjadi kuliner nasional. Hingga Anda bisa mendapati keberadaan nasi tumpeng pada setiap hajatan yang diselenggarakan oleh seseorang yang bahkan bukan berasal dari suku jawa.

Kuliner yang berasal dari nasi kuning atau putih dan disajikan berbentuk kerucut ini pada dasarnya merupakan sajian yang dibuat sebagai bentuk syukur kepada Tuhan. Sebagai bentuk syukur kepada Tuhan, tentunya nasi tumpeng dibuat hanya pada acara-acara tertentu. Masyarakat jawa akan menyajikan tumpeng untuk hajatan khitan, pernikahan sampai hajatan tujuah bulan untuk ibu hamil. Namun sekarang, perusahaan yang hendak membuka anak cabang baru juga akan membuat tumpeng dalam acara peresmian. Bahkan kue tart yang seringkali ada dalam acara ulang tahun juga mulai diganti dengan nasi tumpeng.

Keberadaan nasi tumpeng dalam sebuah hajatan khusus tidak dibuat sembarangan. Bentuk, hiasan, lauk dan nasi yang digunakan memiliki makna-makna tertentu. Hal ini menyebabkan nasi tumpeng bekasi memiliki beberapa pilihan nasi tumpeng yang harus Anda sesuaikan untuk hajatan atau acara yang Anda selenggarakan. Pemilihan nasi tumpeng ini akan membuat hajatan berjalan lancar sekaligus makna yang ada pada nasi tumpeng sesuai dengan tujuan Anda menyelenggarakan acara. Berikut ini beberapa nasi tumpeng yang dibuat nasi tumpeng Bekasi:

Nasi tumpeng kuning kerucut

Sama dengan namanya, nasi tumpeng ini terbuat dari nasi kuning. Nantinya nasi kuning yang telah masak akan dibuat dalam bentuk kerucut dengan hiasan tertentu. Pelengkap nasi kuning biasanya berupa lauk pauk lengkap. Tentunya lauk pauk yang diberikan akan disesuaikan dengan pesanan yang dilakukan konsumen. Namun penggunaan lauk pada nasi tumpeng tidak sembarangan. Lauk tertentu memiliki makna mendalam jika dijadikan sebagai lauk pelengkap nasi tumpeng. Karena itu nasi tumpeng Bekasi Royal Tumpeng telah menyediakan lauk pauk lengkap yang dapat disesuaikan dengan pesanan konsumen.

Nasi tumpeng kerucut seringkali difungsikan sebagai tumpeng robyong. Anda bisa menjumpai tumpeng robyong dalam acara khusus yang sifatnya gembira dan juga suka cita. Biasanya acara seperti siraman dan pesta pernikahan akan menggunakan tumpeng robyong sebagai sajian istimewa. Makna dari tumpeng robyong adalah keselamatan, kesuburan dan sejahtera. Sehingga saat Anda mendapati tumpeng robyong dalam acara tertentu, Anda akan mengerti doa apa yang seharusnya Anda berikan kepada pihak penyelenggara acara.

Ciri khas penyajian tumpeng robyong adalah disajikan dalam sebuah bakul besar yang telah diisi oleh berbagai macam sayuran. Nantinya di puncak tumpeng akan diberi telur ayam, bawang merah, terasi hingga cabe. Ciri khas ini akan menjadi pertanda bahwa tumpeng yang Anda temui merupakan tumpeng robyong yang digunakan untuk mengharapkan keselamatan dan kesejahteraan. Selain tumpeng robyong, tumpeng nasi kuning kerucut juga seringkali digunakan sebagai nasi tumpeng kuning Bekasi yang merupakan simbol kekayaan dan perilaku yang luhur. Beberapa orang yang menyelenggarakan selamatan kelahiran bayi akan menggunakan tumpeng kuning ini sebagai penanda. Tumpeng kuning yang merupakan simbol kekayaan dan perilaku yang luhur diharapkan akan terwujud pada keturunan mereka. Sehingga kelak nantinya buah hati Anda akan menjadi orang sukses yang tidak memiliki cela dalam perilaku.

Menu

Nasi tumpeng susun

Nasi tumpeng susun dibuat dari nasi kuning. Namun untuk permintaan tertentu, nasi tumpeng susun bisa dibuat dari nasi putih. Nasi tumpeng ini akan dibuat dengan bentuk bersusun mirip kue tart bersusun namun terbuat dari nasi. Sama halnya dengan nasi tumpeng kerucut, nasi tumpeng bersusun juga akan diberikan lauk pauk lengkap dengan hiasan tertentu sesuai permintaan konsumen. Biasanya nasi tumpeng susun akan dibuat sebagai sajian istimewa dalam acara khusus seperti pembukaan kantor baru, ulang tahun hingga anniversary.

Sama halnya dengan nasi tumpeng kerucut, nasi tumpeng susun juga dibuat dalam rangka wujud rasa syukur penyelenggara acara kepada Tuhan. Meski meninggalkan beberapa makna dan simbol yang terdapat dalam nasi tumpeng kerucut, namun nasi tumpeng susun adalah sajian istiewa yang sangat cantik untuk menemani acara yang hendak Anda selenggarakan. Bahkan nasi tumpeng susun Bekasi tidak kalah istimewa dengan kue tart yang harganya bisa jadi lebih mahal.

Nasi tumpeng putih

Nasi tumpeng putih dibuat dari nasi putih yang sengaja dibentuk kerucut. Sama halnya dengan nasi tumpeng kuning kerucut, nasi tumpeng putih juga dilengkapi dengan lauk pauk lengkap. Tentunya penambahan lauk pauk ini sesuai dengan permintaan konsumen. Biasanya nasi tumpeng putih dibuat untuk acara tujuah bulanan atau lebih dikenal dengan acara mitoni pada masyarakat jawa. Sekarang ini acara tujuh bulanan orang hamil tidak hanya diselenggarakan oleh masyarakat jawa namun banyak orang menyelenggarakan acara ini untuk selamatan tujuh bulanan kehamilannya.

Acara tujuh bulanan untuk hajatan kehamilan tujuh bulan biasanya menggunakan tumpeng nasi putih berbentuk kerucut yang diletakkan di tengah-tengah nampan. Nantinya tumpeng kerucut ini akan ditemani dengan tumpeng-tumpeng kecil yang juga berbentuk kerucut yang mengelilingi tumpeng besar yang berada di tengah. Jumlah tumpeng kecil yang mengelilingi tumpeng besar haruslah berjumlah 6 buah. Sehingga bila disatukan jumlah tumpeng keseluruhan adalah sebanyak tujuh buah. Sementara lauk pauk pelengkap nasi tumpeng juga harus berjumlah 7 rupa.

Tujuan dibuatnya nasi tumpeng putih untuk acara tujuh bulanan ini oleh catering nasi tumpeng Bekasi adalah mengharapkan keselamatan bagi ibu dan bayi dalam kandungan sang ibu menjelang proses kelahiran yang akan segera terjadi. Selain itu tumpeng ini juga dibuat dalam rangka wujud syukur karena ibu dan bayi dalam kandungan ibu selamat dan sehat hingga mencapai usia 7 bulan kandungan. Diharapkan kesehatan dan keselamatan ini akan terus terjadi hingga proses kelahiran.

Nasi tumpeng pernikahan

Beberapa calon pengantin yang masih memegang teguh tradisi jawa, akan melangsungkan pernikahannya menggunakan adat jawa. Menggunakan adat jawa dalam prosesi pernikahan ini memiliki syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi salah satunya adalah kuliner khas nasi tumpeng. Jika pengantin modern menggunakan kue tart sebagai simbol cinta mereka, tradisi jawa menggunakan nasi tumpeng untuk pernikahan yang menjadi simbol cinta kedua mempelai. Biasanya nasi tumpeng untuk pernikahan ini nantinya akan digunakan dalam proses saling menyuapi yang harus dilakukan kedua mempelai selama menjalani prosesi pernikahan jawa.

Nasi tumpeng untuk pernikahan biasanya dibuat dengan nasi kuning dengan bentuk kerucut. Tentunya lauk pauk lengkap dan beberapa hiasan yang menyimbolkan cinta, kesejahteraan dan kemakmuran akan melengkapi tumpeng. Namun tidak jarang beberapa calon pengantin menyukai nasi tumpeng susun digunakan sebagai sajian istimewa dalam pernikahan mereka. Nasi tumpeng susun ini merupakan inovasi yang dilakukan pada nasi tumpeng kerucut yang bentuknya lebih canti. Sehingga banyak orang termasuk beberapa calon pengantin lebih memilih memesan nasi tumpeng susun di Royal Tumpeng penyedia pesan nasi tumpeng Bekasi untuk penyelenggaraan hajatan mereka.