Royal Tumpeng: Delivery Nasi Tumpeng di Jakarta

Nasi Tumpeng Jakarta – Nasi tumpeng merupakan sebuah masakan yang sudah tidak asing bagi rakyat Indonesia terutama di Pulau Jawa. Jenis masakan ini sering digunakan dalam acara-acara besar seperti ulang tahun, perayaan kantor maupun acara keluarga. Sebagian masyarakat Jakarta menganggap, suatu perayaan kurang lengkap tanpa ada nasi tumpeng. Sehingga, permintaan nasi tumpeng di Jakarta cukup banyak dan menjadi sebuah bisnis kuliner yang menjanjikan.

Nasi Tumpeng di Jakarta

Kenapa Royal Tumpeng?

Royal Tumpeng, sebuah catering di bilangan Bekasi tidak mau ketinggalan dalam momen menghadirkan menu nasi tumpeng demi melestarikan warisan kuliner Indonesia. Karena sejak dahulu, tumpeng dikenal memiliki filosofi yang cukup dalam. Filosofi tersebut berawal dari sebuah keyakinan penduduk yang menganggap arwah leluhur yang bersemayam di daerah pengunungan, seyogyanya harus dimuliakan. Namun lambat laun kepercayaan yang melekat pada nasi tumpeng itu memudar seiring berjalannya waktu dan diganti dengan perwujudan rasa syukur terhadap nikmat Tuhan Yang Maha Kuasa.

Pada masyarakat Jawa dan Bali, makna tumpeng sendiri berasal dari akronim “Yen meTu Kudu Mempeng”. Atau kalau diartikan dalam bahasa Indonesia adalah “Jika keluar harus benar-benar semangat” yang dikaitkan dengan hubungan antara Tuhan dan manusia. Terlepas dari filosofi tersebut, Royal Tumpeng menyajikan keunikan nasi tumpeng yang diuraikan seperti di bawah ini:

  • Nasi kerucut

Dulu, nasi tumpeng identik dengan nasi putih yang dilambangkan sebagai kesucian. Namun makin ke sini, terjadilah variasi dari nasi tumpeng yang semula putih berubah menjadi kuning yang merepresentasikan kemakmuran dan rasa syukur manusia.  Ujung kerucut tumpeng yang runcing dan lebih tinggi merupakan penggambaran kedudukan Tuhan di atas manusia.

  • Lauk Utama

Setelah nasi, lauk utama dalam nasi tumpeng yang dihadirkan oleh Royal Tumpeng adalah ayam. Dahulu kala, yang digunakan adalah ayam jantan sebagai simbol penolak segala sifat buruk yang ada pada diri manusia seperti egois, ingin menang sendiri, merasa paling benar, dan sejenisnya. Namun kini, nasi tumpeng menggunakan ayam potong yang lebih diminati yang diolah dengan cita rasa yang menggugah selera. Namun, sejumlah modifikasi dan penggantian bahan ini tidak mengurangi esensi dan nilai sakral dari tumpeng.

  1. Lauk selanjutnya adalah telur yang disajikan dalam bentuk rebus maupun goreng. Makanan sumber protein hewani ini memang sering menghiasi keberadaan tumpeng. Rasa yang gurih dengan potongan tipis memanjang, menyiratkan makna kalau manusia terlahir dari nol dengan cara yang sama. Meski disajikan dengan rupa dan tampilan berbeda, proses pengolahan telur melambangkan bahwa seluruh target harus direncanakan secara matang, sehingga akan menghasilkan sesuatu yang baik dan maksimal.
  2. Tempe orek atau tempe kering menjadi lauk khas lain yang selalu ada  di dalam penyajian nasi tumpeng. Penggunaan kedelai bahan baku tempe menjadi penegasan jika hasil tanah yang dilimpahkan oleh Tuhan Yang Maha Esa, mampu mencukupi kehidupan dan memberikan kemakmuran kepada seluruh makhluk hidup.
  3. Sayuran dan buah segar seperti tomat (kini juga menggunakan tomat cherry), mentimun, daun selada, dan wortel juga menambah cantik hiasan tumpeng. Jika di masa lalu, masyarakat mengolah sayuran segar ini menjadi sayur urab, maka kini sayuran tersebut disajikan segar untuk mendapatkan nutrisi yang sempurna. Sayur yang disajikan sebagai bahan pelengkap pada tumpeng bukan sekadar hiasan, tetapi mengandung makna kalau seluruh capaian manusia selama menjalani hidup harus ditujukan untuk hal-hal yang baik.

Sementara itu, cara menghias nasi tumpeng yang beralaskan daun pisang dan berbagai macam lauk pauk mengelilinginya, juga memilliki filosofi dan pesan tersendiri. Misalnya saja, di dalam satu wadah nasi tumpeng terdapat 7 jenis lauk pauk. Angka 7 dalam bahasa Jawa dibaca ‘pitu’ atau pitulungan yang dimaknai sebagai bentuk pertolongan. Filosofinya adalah manusia meyakini bahwa tiada pertolongan yang lebih baik untuk diharapkan kecuali pertolongan Tuhan Yang Maha Esa.

Nasi Tumpeng Mini Royal Tumpeng

Ragam lauk serta rasa gurih yang mendominasi, membuat sebagian besar tempat makan, resto, dan pengusaha nasi tumpeng berkreasi menciptakan menu sesuai dengan kebutuhan dan tren saat ini. Royal Tumpeng pun membuat varian nasi tumpeng mini dan memberikan nama yang menarik seperti di bawah ini:

  1. Tumpeng Mini Ceremai
  2. Tumpeng Mini Bromo
  3. Tumpeng Mini Merapi
  4. Tumpeng Mini Krakatau

Nama yang digunakan dalam tumpeng ini memang diambil dari berbagai nama pegunungan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia yang mewakili bentuk kerucutnya. Tiap pegunungan memiliki lauk dan hidangan yang berbeda dan khas. Anda bisa melihat bahwa tumpeng Bromo identik dengan nasi yang bewarna hijau serta telur pindang berwarna coklat kehitaman.  Dan dilengkapi oseng kacang panjang dan teri kentang pedas yang menggugah selera. Sementara tumpeng Krakatau menggunakan nasi putih, sama dengan tumpeng Ceremai.

Dengan karakteristik yang berbeda-beda, membuat Anda dapat menentukan pilihan sesuai kebutuhan. Jika Anda ingin menikmati suguhan nasi tumpeng dengan harga paling terjangkau, tetapi dengan isian komplit, pilihannya adalah tumpeng Merapi. Di menu ini Anda bisa menikmati gurihnya nasi tumpeng kuning dilengkapi dengan perkedel kentang, abon sapi, serundeng, dan telur dadar.

Nasi tumpeng mini ala Royal Tumpeng disebut-sebut sebagai menu yang paling laris dan diminati pelanggan. Banyak testimoni positif dan respon yang baik dari mereka yang sudah mencicipinya. Mereka mengakui kelezatan hidangan Royal Tumpeng baik dari rasa maupun bahan isian yang kaya akan rempah dan bumbu.

Dari segi waktu pelayanan, Royal Tumpeng menyampaikan secara transparan pada seluruh calon pembelinya agar memesan jauh-jauh hari. Sehingga pelayanan dapat maksimal dengan kualitas yang terjaga. Tak heran kalau pelanggan menyatakan pelayanan dari resto ini sangat cepat, ramah, dengan pengiriman yang tepat waktu.

Ditambah dengan harganya yang terjangkau membuat siapa pun bisa memesan tumpeng lezat ini. Termasuk Anda sekali pun. Selain nasi tumpeng mini sebagai menu andalan resto ini, Anda juga akan menemukan menu-menu lain yang tak kalah terkenalnya di Royal Tumpeng seperti di bawah ini:

  • Nasi liwet.

Yups! Nasi liwet adalah nasi yang diolah dengan menggunakan bumbu khas yang gurih dan dilengkapi berbagai macam lauk  pauk.  Di era milenia seperti sekarang ini, nasi liwet kembali dipromosikan secara modern oleh berbagai resto ternama di Indonesia, termasuk oleh Royal Tumpeng. Tahukah Anda? Menurut sejumlah pengakuan masyarakat, cara makan nasi liwet yang beralaskan daun pisang berbentuk memanjang menambah rasa nikmat karena aroma nasi hangat dan daun pisang berpadu satu membentuk keharuman yang khas.

Di samping itu, cara makan yang dilakukan secara bersama-sama melahirkan suasana kekeluargaan yang akrab di tengah individualitas masyarakat kota. Royal Tumpeng tidak melewatkan tren ini dan ikut bepartisipasi melestarikan menu tersebut dengan cara menyediakan pesanan nasi liwet lengkap dengan lauk lengkap seperti ayam goreng, ikan kembung, tempe goreng, lalapan, serta sambal terasi. Dengan rasa yang dijamin enak dan bikin nagih!

Soal harga, Anda tidak perlu khawatir! Untuk 20 porsi pesanan nasi liwet Anda hanya akan dikenakan biaya 1 juta rupiah saja. Harga itu tentu saja sudah termasuk isi dan perlengkapannya lho…. Jadi Anda tidak perlu lagi repot-repot membawa perlengkapan ngeliwet sendiri dari rumah.

  • Nasi Kotak

Menu andalan lain dari Royal Tumpeng adalah nasi kotak. Paket yang tersedia yang bisa Anda pilih adalah paket Royal 1 hingga Royal 9. Di paket Royal 1 dengan harga paling murah, Anda bisa menemukan lauk pauk khas Royal Tumpeng, yakni olahan kering dan basah berupa nasi putih plus sambel goreng ati sebagai sayur basah. Sementara lauk kering diisi oleh oseng buncis, kerupuk udang, dan ayam. Banyak yang belum tahu kalau menu ayam merupakan hidangan istimewa di Royal 1 dan pelanggan bisa memilih menu ayam goreng atau ayam bakar.

Di paket Royal 2, menu ayam bisa diganti dengan menu ikan asam manis. Dengan kandungan omega tiga dan protein yang menyehatkan bagi tubuh, Anda tentu tidak akan melewatkan menu ini. Selain tidak menggemukkan, ikan juga bisa jadi alternatif untuk Anda yang sedang berdiet. Capcay yang kaya akan sayuran menambah kecukupan asupan gizi Anda.

Paket Royal 7 dan 8 merupakan paket nasi kotak premium dengan harga Rp38.000,- per kotak. Anda bakal menikmati gurihnya nasi hijau disertai dendeng ragi atau lezatnya nasi goreng oriental yang kaya akan bumbu. Jadi kalau ingin menu yang spesial dan tidak biasa, Anda harus mencoba paket Royal 7 dan 8 ini.

  • Nasi Prasmanan

Selain nasi liwet, Anda juga dapat memesan menu dalam bentuk prasmanan. Daripada memesan di tempat lain yang belum teruji rasa dan kualitasnya, lebih baik ke Royal Tumpeng yang telah terjamin dan terbukti memberikan service dan kualitas yang sesuai. Ditambah dengan harga per paketnya yang jelas terjangkau. Cukup menyediakan budget mulai dari Rp50.000,- per orang untuk paket Royal A, yang terdiri dari nasi putih, steak lidah, ayam cah, buah, dan snack. Bagaimana? Lengkap dan murah, kan?

Tersedia juga paket B hingga F dengan menu yang berbeda-beda. Dalam paket B, nikmati ayam panggang kecap yang manis dan gurih. Pada paket C, Anda bisa mencicipi manisnya puding istimewa khas Royal Tumpeng. Untuk pemesanan paket prasmanan Royal A sampai F, Anda diminta memesan satu minggu sebelum hari H. Jika Anda memesan di atas 100 porsi,  Anda akan dibebaskan dari biaya charge senilai 150.000.

  • Snack Box

Jangan lewatkan pilihan snack box khas Royal Tumpeng. Paket RSB (Royal Snack Box) dibanderol mulai dari Rp11.000,- per box dengan menu snack sehat seperti lemper ayam, sosis Solo, dan Cantik manis. Sosis Solo jadi kudapan favorit pelanggan Royal Tumpeng, lho! Pada paket RSB 6 dengan harga Rp16.500,- per box, Anda akan menemukan paduan menu tradisional dan modern yang harmonis. Antara lain, danish pastry, dadar gulung, dan semar mendem yang legendaris. Namun jika Anda menyiapkan budget lebih, pilih RSB 10 seharga Rp16.500 per box dengan isian muffin cokelat, bakpao, talam, dan cantik manis nan lezat di dalamnya.

Delivery Nasi Tumpeng di Jakarta

Tergoda dengan nikmatnya nasi tumpeng mini maupun snack box favorit ala Royal Tumpeng? Segera hubungi nomor telepon 081287608239 untuk fast respon. Pemesanan juga bisa dilakukan melalui email ke: order@royaltumpeng.com. Buat Anda yang tinggal di Jadetabek, dapatkan free ongkir untuk pemesanan minimal 150 box.