Pesan Nasi Tumpeng di Cililitan

Pesan Nasi Tumpeng di Cililitan – Hidangan berupa tumpeng sering kali harus dimakan secara langsung. Hal ini dikarenakan nasi tersebut harus dicampur dengan bahan berupa santan. Hidangan yang menggunakan santan harus segera dikonsumsi atau dihabiskan supaya tetap awet dan tidak mudah busuk.

Pesan Nasi Tumpeng di Cililitan

Akan tetapi tumpeng masih tersisa dan tidak bisa dihabiskan dengan segera. Oleh karenanya, langkah berikut bisa dilakukan jika ingin nasi tumpeng lebih tahan lama.

Pesan Nasi Tumpeng di Cililitan Agar Tidak Cepat Basi

  • Bahan dan alat

Pertama bisa dilakukan yaitu siapkan bahan dan alat untuk memasaknya. Mulai dari perlengkapan masak hingga semua bahan lauk sebagai pelengkapnya. Penting untuk tahu berapa banyak porsi atau jumlah yang diinginkan.

Tujuannya supaya Anda bisa memastikan mengenai berapa banyak jumlah kebutuhan yang harus dibeli. Hal ini juga akan berpengaruh pada ukuran cetakannya.

Agar Anda tidak bingung, juga boleh membuat daftar kebutuhan makanan yang hendak dibeli. Dengan begitu ketika sudah sampai di pasar atau supermarket bisa sesegera mungkin dibeli sesuai daftar.

  • Bumbu masakan nasi tumpeng

Selain sudah membuat rancangan untuk kebutuhan lauknya, bumbu yang akan digunakan juga perlu diperhatikan. Cara memasak nasi tumpeng yang efisien dan cepat adalah lebih baik membuat bumbunya terlebih dulu.

Masak berbagai bumbu kuning, merah dan bagian bumbu putihnya supaya lebih cepat. Namun agar tidak merepotkan, lebih baik untuk pesan nasi tumpeng di Cililitan enak yang lebih praktis.

  • Urutan saat memasak

Jika untuk rempah dasarnya sudah dimasak, maka selanjutnya adalah masak bagian lauk-pauknya terlebih dulu. Ada berbagai macam hidangan pelengkap sebagai lauk ditumpeng.

Beberapa jenis lauk seperti perkedel kentang, olahan ayam, telur balado, sambal goreng kentang, sayur urap dan lainnya bisa digunakan. Urutan membuat lauk bisa Anda mulai dari ayam karena butuh waktu cukup lama agar bisa matang.

Setelah lauk matang lama selesai, baru lanjutkan untuk memasak hidangan atau lauk lain. maksudnya adalah jenis lauk yang lebih cepat matang dan sederhana ketika diolah. Seperti sambal balado, tempe goreng, telur dan urap. Tujuannya agar lauk tersebut masih bisa bertahan dengan lama sehingga juga tidak mudah basi.

  • Memasak nasi tumpeng

Urutan memasak nasi tumpeng terakhir adalah bagian membuat nasi kuningnya. Setelah lauknya selesai, selanjutnya bisa memasak nasi kuning. Hal ini karena nasi kuning terdapat campuran santan sehingga harus dimasak paling akhir agar tidak cepat basi. Selain itu teknik masak berupa aron juga bisa digunakan. Teknik ini bisa membantu supaya tumpeng menjadi semakin tahan lama.

  • Cetak nasi tumpengnya

Tumpeng umumnya dikenal dengan bentuknya yang khas dan unik. Akan tetapi perhatikan supaya nasi dari tumpeng Anda dapat awet serta tahan lama.

Cara yang bisa dilakukan yaitu dengan menghindari nasi yang dicetak ketika dalam keadaan panas. Hal tersebut dapat menyebabkan nasi menjadi cepat basi. Setelah nasi panas coba untuk meletakkannya di atas wadah luas tujuannya supaya sedikit dingin sebelum dicetak.

Setelahnya baru bisa Anda cetaknya dengan cetakan berbentuk kerucut. Akan tetapi tidak semua orang sabar dan memiliki cetakan bentuk kerucut tersebut, jadi Anda bisa memilih untuk memesannya saja pada tempat pesan nasi tumpeng di Cililitan online agar lebih mudah dan cepat.

Infografik Menu Royal Tumpeng

Cara Masak Tumpeng Tanpa Menggunakan Cetakan

Membuat dan memasak nasi tumpeng memang harus menggunakan wadah atau cetakan dalam bentuk kerucut. Hal ini juga memang sesuai dengan bentuk unik nasi tumpeng dengan bentuk seperti gunung.

Akan tetapi ada beberapa orang yang tidak punya cetakan itu. Terutama, kebanyakan nasi tumpeng tersedia atau dibuat jika ada acara khusus atau tertentu saja. Berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan jika ingin membuat tumpeng tanpa cetakan khusus.

  • Tampah

Pertama yang wadah yang disiapkan adalah tampah. Tampah merupakan sebuah wadah terbuat bahan bambu yang berbentuk lingkaran. Jika dilihat sekilas, tampah ini hampis sama seperti nampan.

Hal yang membedakannya yaitu bahan untuk membuatnya saja. Nampan bisa terbuat dari stainless steel atau plastik, namun tampah pastinya terbuat dari bahan bambu. Saat ini tampah sudah sangat jarang ditemukan.

Akan tetapi biasanya Anda bisa menemukannya pada toko-toko kelontong. Tampah ini nantinya akan berguna sebagai alas atau wadah dimana nasi tumpeng serta lauk pauknya akan diletakkan. Namun ada beberapa orang yang tidak memiliki tampah ini. Jadi daripada Anda pusing mencari tampah, pesan nasi tumpeng di Cililitan murah bisa menjadi solusi yang tepat tanpa perlu mencari wadah sendiri.

  • Cetakan tumpengnya

Peralatan selanjutnya yang penting ketika hendak memasak tumpeng adalah cetakan tumpeng. Tumpeng akan kurang spesial jika bentuknya tidak mengerucut atau seperti gunung. Jadi memang penting menggunakan cetakan tersebut ketika hendak membuat tumpeng yang khas.

Akan tetapi tidak semua orang punya cetakan ini. Selain karena jarang digunakan, tanpa harus membeli cetakan kerucut Anda juga tetap bisa menghasilkan nasi tumpeng pada umumnya dengan bentuk gunung.

Cara pertama dapat menggunakan loyang kue berbentuk persegi atau bulat. Loyang itu bisa digunakan untuk membuat beberapa tingkatan. Umumnya bisa menggunakan 2 hingga 3 tingkatan. Namun agar bisa membentuk tingkatan, maka gunakan dua loyang dengan ukuran yang berbeda. Satu berukuran besar dan satunya sedang.

Untuk bagian ujung tingkatan sudah pasti harus berbentuk kerucut. Jika Anda tidak memiliki cetakan kerucut maka bisa membuatnya sendiri menggunakan karton. Lapisi terlebih dulu karton dengan plastik atau plastic wrap. Tujuannya agar nasi tidak menempel pada kertas. Kemudian bentuk menjadi kerucut.

Tetapi jika Anda memang tidak suka terlalu repot, maka bisa pesan nasi tumpeng di Cililitan saja.

[Total: 1 Average: 5]