Pesan Nasi Tumpeng di Kampung Melayu

Pesan Nasi Tumpeng di Kampung Melayu – Nasi tumpeng bisa dipesan untuk acara formal maupun non formal. Contohnya jika Anda ingin mengadakan acara syukuran atau selamatan karena kenaikan jabatan/promosi, ulang tahun, pernikahan, grand opening, dan sebagainya.

Pesan Nasi Tumpeng di Kampung Melayu

Nasi berwarna kuning tersebut sering menjadi pusat perhatian karena bentuk kerucutnya yang besar dan di sekelilingnya dihiasi oleh lauk-pauk yang beraneka ragam. Lauk tersebut bisa disajikan sesuai dengan keinginan Anda, cukup pesan ke jasa katering terpercaya. Di bawah ini beberapa contoh lauk pauk di tumpeng untuk acara.

Pesan Nasi Tumpeng di Kampung Melayu dan Contoh Lauknya

  • Ayam panggang bumbu rujak

Menjadi salah satu lauk yang dibilang cukup mewah, ayam juga menjadi salah satu pilihan yang bisa Anda gunakan sebagai lauk pelengkap di nasi tumpeng. Agar tidak bosan dengan menu ayam goreng, bisa coba memesan menu ayam panggang yang diolesi bumbu rujak.

Melalui beberapa tahapan, ayam mulanya ditumis terlebih dahulu. Setelah dirasa sudah matang, olesi bumbu rujak ke seluruh permukaan ayam. Kemudian, panggang hingga bumbu meresap dengan sempurna.

  • Sambal goreng ati ampela

Olahan lauk yang satu ini sangat amat menggugah selera. Pasalnya, sambal goreng variasi ini memiliki cita rasa yang unik. Campurannya terdiri atas ampela ayam, jeroan, dan juga kentang yang dipotong dadu.

Bumbu pelengkapnya juga sangat mudah dibuat, cukup dengan menghaluskan cabai merah, bawang putih dan bawang merah, terasi, gula merah, garam, dan penyedap rasa secukupnya. Untuk menghemat waktu Anda, coba pesan nasi tumpeng di Kampung Melayu online.

  • Telur dadar

Lauk yang sering menjadi pendamping nasi kuning. Tidak jarang ditemukan sebagai lauk pelengkap nasi tumpeng. Sangat mudah untuk didapatkan dan cara memasaknya pun cukup mudah.

Anda hanya perlu mengocok beberapa telur, kemudian tambahkan garam sesuai selera. Goreng di teflon atau wajan besar, tunggu hingga masak. Apabila sudah agak dingin, potong-potong memanjang telur dadar tersebut.

  • Telur bumbu bali

Lauk selanjutnya yang bisa Anda gunakan sebagai pendamping nasi tumpeng adalah telur rebus yang kemudian dimasak menggunakan bumbu bali. Cita rasa khas Bali akan didapatkan dari lauk yang satu ini.

Cara membuatnya juga cukup gampang. Anda hanya perlu merebus telur, kemudian masak bumbu yang terbuat dari cabai merah, kencur, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, dan penyedap rasa. Bisa juga menggunakan bumbu cepat saji. Campurkan bumbu tersebut dengan telur yang sudah direbus.

  • Sate lilit daging sapi

Jarang digunakan sebagai lauk pelengkap di nasi tumpeng, Anda bisa mencobanya. Rasa daging yang begitu menggugah selera tentunya akan disukai oleh tamu dari berbagai kalangan usia. Karena jarang digunakan sebagai pendamping, ketika pesan nasi tumpeng di Kampung Melayu disarankan untuk memesan menu yang satu ini.

Apalagi bentuknya yang unik, bagian pegangan sate yang biasa menggunakan tusuk sate kecil, bisa diganti menggunakan kayu seperti sumpit atau batang serai. Penggunaan serai akan membuat lauk yang satu ini menjadi lebih harum.

  • Ayam ungkep bumbu opor

Selain ayam goreng kampung dan ayam goreng panggang, Anda bisa mencoba kembali mencari ide unik dari bahan dasar ayam untuk menu lauk pendamping di nasi tumpeng. Salah satu olahan yang bisa Anda tiru adalah ayam goreng bumbu opor.

Ungkep ayam di dalam bumbu opor instan, pastikan bumbu meresap dengan sempurna. Kemudian, Anda bisa menggorengnya seperti biasa hingga berwarna kecokelatan. Bisa juga menambahkan serundeng, agar cita rasa lauk yang satu ini semakin enak.

  • Bihun goreng

Sering ditemukan di sajian nasi kuning, bihun goreng sangat cocok dijadikan lauk pelengkap pada nasi tumpeng. Tekstur mie yang tipis sangat cocok dipadukan dengan nasi berbumbu.

Cara membuatnya juga sangat mudah, cukup dengan merendam bihun di air hangat kemudian masak dengan mencampurkannya ke dalam bumbu. Cara mudahnya, dapat pesan nasi tumpeng di Kampung Melayu untuk mendapatkan hidangan pelengkap yang satu ini.

Pesan Nasi Tumpeng di Jatisampurna

Tips Membuat Nasi Kuning Tumpeng Anti Gagal

Salah satu menu utama yang sering dihidangkan pada acara tradisional masyarakat Indonesia, sering kali menggunakan nasi tumpeng. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui apa saja yang perlu diperhatikan saat membuat sajian tersebut. Simak beberapa tipsnya berikut ini:

  • Gunakan beras yang pulen

Banyak sekali jenis beras yang dijual di pasaran, harganya juga tentu berbeda-beda. Anda bisa memilih tekstur sesuai dengan keinginan. Perlu diperhatikan bahwa siapa saja yang akan memakan sajian tersebut.

Hal tersebut menjadi bahan pertimbangan ketika membeli beras. Beras yang dipilih haruslah beras dengan kualitas baik. Jika beras baik, maka nasi yang dihasilkan juga baik pula sehingga nasi kuning untuk tumpeng dapat lebih mudah dibentuk dan juga sedap di lidah.

  • Olah bumbu dengan benar

Membuat nasi kuning untuk tumpeng memerlukan bumbu-bumbu yang pas agar cita rasa yang didapatkan sedap untuk dinikmati. Bumbu kuning berasal dari kunyit dan juga Anda perlu menyediakan santan dan bumbu penyedap lainnya agar nasi kuning wangi.

Pengolahannya melalui beberapa tahapan. Dengan itu, diperlukan kesabaran dan ketelitian dalam melakukan tahapan ini. Jika Anda tidak mau repot dan ingin menghemat waktu, pesan nasi tumpeng di Kampung Melayu direkomendasikan karena pengerjaannya yang cepat dan aman.

  • Olah nasi dengan baik

Saat proses mengolah nasi, Anda perlu terus mengaduk beras yang dimasak di dalam bumbu kuning dengan penuh kesabaran. Hal tersebut dilakukan agar warna nasi kuning merata di seluruh permukaan.

Selain itu, tahap selanjutnya, ketika mengukus nasi, juga perlu diaduk secara berkala untuk menghindari gosong. Bau kunyit tentu akan sangat tercium. Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan daun jeruk saat memasak nasi kuning.

  • Cetak nasi

Saat mencetak nasi, gunakan bentuk yang sesuai dengan keinginan Anda, umumnya nasi tumpeng berbentuk kerucut. Besar kecilnya bentuk tersebut tidak menjadi patokan, cukup kreasikan sesuai keinginan saja.

Sebelum memasukkan nasi ke dalam cetakan, pastikan cetakan sudah terlebih dahulu diolesi minyak secara merata. Masukkan nasi ke dalam cetakan saat suhunya hangat agar lebih mudah dipadatkan. Letakkan nasi di tengah-tengah loyang.

  • Pilih lauk yang sesuai

Ketika membuat nasi tumpeng, tentu saja diperlukan lauk pelengkap untuk menghiasi sekeliling nasi tersebut. Dengan itu, Anda perlu memilih lauk apa saja yang cocok dengan selera tamu.

Perlu disesuaikan pula dengan budget yang dimiliki agar tidak mengalami kerugian. Selain itu, perhitungkan pula berapa lama waktu untuk memasak lauk-pauk tersebut. Jika dirasa tidak memiliki waktu yang efisien, lakukan pesan nasi tumpeng di Kampung Melayu enak untuk mendapatkan lauk-pauk yang diinginkan.

  • Hias tumpeng sesuai selera

Setelah berhasil mencetak nasi, Anda perlu menyusun lauk-pauk yang sudah dimasak maupun dipesan di sekeliling nasi tumpeng tersebut. Susun lauk dengan rapi hingga tampilannya menarik dan mengunggah selera.

Disarankan untuk meletakkan lauk yang berwarna sama di sisi yang berbeda agar nasi tumpeng terlihat lebih berwarna. Jangan lupa untuk menambahkan sayuran seperti selada atau kacang panjang agar menyehatkan tubuh pula.

Jika Anda terlalu repot membuat tumpeng sendiri, bisa pesan nasi tumpeng di jasa catering Royal Tumpeng. Kami menawarkan paket tumpeng kuning/putih/hijau untuk delivery order langsung ke tempat acara Anda. Cukup hubungi kami di 0812 8760 8239 atau order@royaltumpeng.com untuk pemesanan online.

Infografik Menu Royal Tumpeng

Bentuk Unik Nasi Tumpeng Ulang Tahun

Nasi tumpeng dengan bentuk kerucut sudah biasa digunakan. Anda bisa mencoba menggunakan kreativitas untuk membuat nasi tumpeng dengan bentuk-bentuk unik. Contohnya, bentuk kotak, boneka, bunga, dan lain-lain untuk tumpeng ulang tahun. Selain itu, bisa juga menggunakan warna nasi yang berbeda-beda agar terlihat semakin unik.

  • Gaun Barbie

Jika mau pesan nasi tumpeng di Kampung Melayu untuk ulang tahun anak perempuan, Anda bisa menggunakan bentuk yang satu ini. Gunakan cetakan gaun yang biasa digunakan untuk mencetak kue ulang tahun, kemudian di bagian atasnya, bisa tambahkan dengan kepala Barbie dan tangannya.

Agar tidak polos berwarna kuning pada bagian gaun, Anda bisa berkreasi menggunakan daun selada, potongan tomat, potongan kacang panjang, maupun potongan lauk lainnya. Di sekeliling barbie tersebut, hiasi dengan lauk yang dibentuk seperti bunga-bunga.

  • Ufo

Bentuk kali ini, cocok untuk sajian di acara ulang tahun anak laki-laki. Bentuknya yang unik pasti akan menarik perhatian teman-teman anak Anda untuk segera mencoba untuk mencicipi nasi tumpeng tersebut.

Gunakan cetakan lingkaran dengan dua bentuk yang berbeda, kemudian tumpukkan dengan ukuran besar yang berada di bawah. Di setiap sisinya, bisa gunakan sosis sebagai kaca dari ufo tersebut. Pesan nasi tumpeng di Kampung Melayu murah untuk mendapatkan nasi tumpeng bentuk ini dengan lauk yang beraneka ragam.

  • Koboi

Cocok untuk kado ulang tahun teman yang sudah dekat karena bentuknya yang abstrak dan lucu, gunakan bentuk koboi menggemaskan yang satu ini. Cukup gunakan cetakan kerucut, di bagian atasnya susun tomat yang dibentuk seperti topi dan tusukan cabai merah di atasnya.

Di salah satu sisi kerucut, hiasi dengan lauk-pauk untuk membentuk wajah yang abstrak maupun lucu. Di sekeliling nasi tumpeng, hiasi dengan lauk-pauk seadanya untuk menghadirkan kesan kesederhanaan, namun tetap bisa untuk disajikan.

  • Robot Android

Bentuk yang satu ini sangat unik karena jarang digunakan. Biasanya orang-orang yang meminta untuk membuat bentuk ini adalah dari kalangan muda. Tumpeng dengan bentuk robot Hp Android sangat unik dan lucu.

Anda bisa mencetaknya menggunakan cetakan kue berbentuk lonjong. Kemudian untuk bagian mata dan bajunya, bisa menggunakan nori yang dipotong hingga menyerupai bentuk tersebut. Untuk lauknya, bisa disesuaikan dengan keinginan, letakkan di sekeliling nasi robot tersebut.

  • MinionΒ 

Sangat kekinian, nasi tumpeng dengan bentuk Minion juga kian banyak dicari untuk melengkapi sajian di acara ulang tahun anak. Anda bisa memadukan nasi kuning dan nasi yang diberi warna ungu untuk membuatnya. Badan Minion sendiri berwarna kuning, dan bajunya gunakan warna ungu.

Untuk bagian mata, Anda bisa menggunakan putih telur yang dipipihkan atau nasi putih, dan nori untuk bagian bibir, pupil, dan kacamatanya. Di bagian atas, bisa letakkan mie sebagai rambut dari Minion tersebut. Untuk mendapatkan bentuk ini, Anda bisa pesan nasi tumpeng di Kampung Melayu.

  • Hello Kitty

Bentuk ini sangat cocok disajikan untuk kalangan anak-anak karena bentuknya yang menggemaskan. Pastinya menarik perhatian mereka untuk mencoba rasa dari nasi tumpeng yang disajikan tersebut.

Untuk hiasan wajah Hello Kitty, Anda bisa menggunakan potongan nori untuk bagian mata dan kumisnya. Untuk hidung dan pita di kepala, bisa menggunakan nasi yang diberi warna pink. Untuk lauk-pauk pelengkap, letakkan di sisi bawah bentuk Hello Kitty tersebut dengan variasi yang disesuaikan dengan keinginan.

Sekian tentang nasi tumpeng yang bisa menjadi sajian utama di acara yang Anda rayakan. Perhatikan tips yang harus dilakukan saat membuat nasi tumpeng, pilih lauk yang sesuai dengan kebutuhan dan bentuknya. Bisa menggunakan jasa katering dan pesan nasi tumpeng di Kampung Melayu seperti Royal Tumpeng untuk menghemat waktu dan tenaga. Semoga Bermanfaat.

5/5 - (3 votes)
×