Pesan Nasi Tumpeng di Kebagusan Jakarta Selatan

Pesan Nasi Tumpeng di Kebagusan – Nasi tumpeng biasanya dibuat berbentuk kerucut, namun saat ini sudah semakin dikreasikan mengikuti perkembangan zaman. Nasi tumpeng ini biasanya disajikan untuk berbagai macam acara baik formal maupun non formal. Bentuk nasi tumpeng yang berbentuk kerucut tersebut biasanya dipotong di bagian atasnya sebagai simbol, misalnya peresmian atau dibukanya acara.

Pesan Nasi Tumpeng di Kebagusan

Nasi Tumpeng bukan sekedar tampilan yang menarik

Nasi tumpeng ini sebenarnya sudah dipakai sejak dahulu zaman nenek moyang yang mana fungsinya untuk memuliakan gunung. Mengapa gunung? karena gunung dianggap sebagai tempat semayamnya roh atau arwah. Namun, nasi tumpeng ini masih berlanjut hingga hari ini dan digunakan oleh semua kalangan. Bagi masyarakat Islam biasanya dipakai untuk syukuran. Intinya, nasi tumpeng ini digunakan untuk acara tertentu sebagai rasa syukur kepada Pencipta.

Nasi tumpeng yang didesain dengan kreatif dan lauknya beragam menjadikan nasi tumpeng tersebut menarik dan unik. Sebenarnya, nasi tumpeng bukanlah sekedar untuk mendapatkan tampilan menarik. Nasi tumpeng syarat makna yaitu bentuk representasi hubungan antara manusia dan Tuhan, juga manusia dengan manusia lainnya. Tidak hanya itu, nasi tumpeng ini juga sebagai simbol harapan agar bisa menuju tingkat yang lebih tinggi. Dalam artian dapat meraih kesejahteraan dalam hidup.

[somryv url=”0c2jEPSMVeM” size=”full” align=”center”]

Makna nasi tumpeng dan lauk-pauknya

Nasi tumpeng biasanya disajikan dengan nasi putih ataupun nasi kuning. Setiap apa yang disajikan tersebut syarat makna yang dalam. Hal ini seperti pada penjelasan berikut.

  1. Nasi putih

Nasi tumpeng awalnya hanya disajikan dengan nasi putih saja, namun saat ini sudah semakin bervariasi. Nasi putih yang dibuat dalam bentuk kerucut adalah lambang bahwa apa yang anda makan haruslah dari sumber yang halal dan bersih sehingga bisa membawa keberkahan dalam hidup.

  1. Ayam

Hal lain yang ada pada nasi tumpeng adalah ayam, biasanya yang dipilih adalah jenis ayam jago atau ayan jantan. Hal ini memiliki makna bahwa manusia haruslah menghindari sifat buruk layaknya ayam jago, seperti; congkak, sombong, merasa benar, dll.

  1. Ikan teri

Ikan teri juga termasuk lauk yang ada pada nasi tumpeng. Ikan teri ini bermakna kerukunan, kebersamaan karena ikan tersebut selalu hidup bergerombol di lautan.

  1. Telur

Telur juga ada dalam nasi tumpeng, baik dalam bentuk telur dadar, telur godok, dll. Telur ini selalu ada dalam nasi tumpeng. Maknanya adalah bahwa setiap manusia diciptakan atas fitrah yang sama. Jadi, tidak boleh ada rasa sombong. Pada nasi tumpeng juga biasanya ada telur yang disajikan dengan kulitnya. Untuk memakannya, anda perlu mengupasnya terlebih dahulu. Artinya, setiap tindakan perlu perencanaan dengan baik, kemudian dikerjakan sesuai rencana yang sudah dibuat, kemudian dievaluasi.

  1. Cabe merah

Pada nasi tumpeng, anda tentu akan selalu menemukan cabe merah. Sekalipun cabe merah ini jarang dimakan, namun selalu ada dalam nasi tumpeng. Cabe merah biasanya dibuat seperti kelopak bunga. Selain untuk mempercantik tampilan nasi tumpeng, cabe merah ini juga syarat makna, yaitu melambangkan api yang bermanfaat untuk memberikan penerangan sehingga dapat memberikan manfaat terhadap orang lain.

Itulah beberapa hal yang umumnya ada pada nasi tumpeng dan maknanya. Namun, lauk-pauk yang ada pada nasi tumpeng tersebut bisa dibuat beragam, disesuaikan dengan kebutuhan serta selera masing-masing. Pemesanan nasi tumpeng saat ini bisa dipesan di outlet tertentu seperti royaltumpeng.com. Anda bisa datang langsung ke tempatnya atau bisa pesan secara online. Pesan Nasi Tumpeng di Kebagusan Jakarta Selatan tentu akan lebih memudahkan anda dengan kualitas rasa yang tidak akan mengecewakan.

post
×