Pesan Nasi Tumpeng di Kebon Manggis, Jakarta Timur

Pesan Nasi Tumpeng di Kebon ManggisMemesan nasi tumpeng untuk beragam acara khusus menjadi lebih praktis dan mudah pada era digital seperti sekarang ini. Nasi tumpeng memang sudah menjadi pilihan banyak orang untuk merayakan beberapa momen istimewa.

Bagi Anda yang belum tahu cara memesan nasi tumpeng online di daerah Jakarta Timur, di bawah ini adalah tips mudah dan praktis yang dapat Anda terapkan.

Pesan Nasi Tumpeng di Kebon Manggis

Cara Pesan Nasi Tumpeng di Kebon Manggis Online

  • Memilih Menu

Pada umumnya, jasa penyedia nasi tumpeng menyediakan beberapa menu pilihan yang bisa dipilih. Sebaiknya, bijaklah untuk memilih menu nasi tumpeng yang sudah disesuaikan dengan selera Anda dan tamu yang diundang. 

Pesanlah sesuai porsi jumlah tamu yang akan hadir. Biasanya, jasa penyedia nasi tumpeng juga menyediakan menu pilihan khusus. Antara lain adalah nasi tumpeng vegetarian dan juga nasi tumpeng mini yang ditujukan untuk acara dengan skala kecil.

  • Mengecek Testimoni

Sangat penting untuk mengecek rekomendasi dan ulasan soal sebelum memutuskan untuk memesan nasi tumpeng. Anda bisa mengecek testimoni dari website resmi mereka untuk mengetahui berbagai ulasan dari konsumen sebelumnya. 

Bacalah soal pelayanan, rasa dan ketepatan serta kecepatan pengiriman dari jasa Pesan Nasi Tumpeng di Kebon Manggis tersebut. Ulasan dari konsumen sebelumnya tentu saja sangat berharga untuk menentukan Anda akan memesan atau tidak. 

  • Melihat Detail Harga dan Ketersediaan

Pastikanlah untuk mengecek harga secara detail dan juga ketersediaan tanggal yang ingin Anda gunakan sebelum melakukan pemesanan. Sejumlah jasa penyedia nasi tumpeng biasanya menawarkan kebijakan soal perubahan atau pembatalan pesanan. Oleh sebab itu, bacalah syarat dan ketentuan terlebih dulu dengan detail sebelum melakukan pesanan.

  • Memberikan Detail Pesanan

Pastikanlah untuk mencantumkan informasi terkait pesanan dengan detail dan jelas ketika melakukan pesanan online. Untuk itu, Anda harus menentukan waktu pengiriman, tanggal, dan instruksi lain apabila dibutuhkan. Diskusikan dengan jasa penyedia apabila memiliki kebutuhan atau pertanyaan khusus.

  • Memesan Lebih Awal

Pesan nasti tumpeng di Kebon Manggis di Jakarta Timur lebih awal agar mencegah adanya keterbatasan dalam hal jadwal pesanan. Apabila Anda melakukan pesanan jauh sebelum hari-H, maka Anda bisa menyesuaikan menu dan juga jumlah pesanan yang dibutuhkan.

Untuk pemesanan yang terpercaya, Anda bisa menghubungi catering Royal Tumpeng kami, khususnya untuk acara di daerah Jakarta dan sekitarnya:

Customer service (CS) kami siap sedia menerima pesanan Anda paling lambat H-1 acara.

  • Kesehatan dan Kebersihan

Faktor krusial ketika memilih jasa penyedia nasi tumpeng adalah kesehatan dan kebersihan yang ditawarkan. Pastikanlah jasa penyedia nasi tumpeng itu memiliki standar kesehatan yang sesuai ketika proses pengiriman dan persiapan makanan. Hal tersebut akan menjadi sebuah patokan apakah pesanan yang diterima layak dikonsumsi atau tidak. 

Delivery Nasi Tumpeng Cibubur

Bagaimana Agar Nasi Tumpeng Digemari Banyak Orang?

Tak hanya berbentuk kerucut, saat ini sudah banyak tempat Pesan Nasi Tumpeng di Kebon Manggis yang menyediakan bentuk yang menarik dan unik. Mereka pun menerima pembuatan nasi tumpeng custom dengan bentuk yang bervariasi. 

Contohnya adalah nasi tumpeng berbentuk kerucut angka atau kerucut dengan berbagai karakter. Di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa diterapkan bagi Anda yang sedang menggeluti usaha nasi tumpeng agar laku di pasaran.

  • Rasa Nikmat dan Pas di Lidah

Rasa nasi tumpeng sangat menggugah selera dan nikmat dengan perpaduan bahan alami dan bumbu tradisional khas dalam negeri. Nasi tumpeng memang menjadi santapan favorit masyarakat Indonesia dengan perpaduan lauk pauk seperti sambal goreng ati, urap, mie goreng, telur, ayam, perkedel kentang dan lain sebagainya. 

  • Harganya yang Terjangkau

Nasi tumpeng di daerah Jakarta termasuk dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Oleh karena itu, banyak konsumen yang memesan dalam porsi besar untuk memenuhi kebutuhan acara. 

Terdapat layanan nasi tumpeng yang menawarkan minimal 20 orang pemesanan. Bahkan ada juga lokasi Pesan Nasi Tumpeng di Kebon Manggis yang menyediakan pesanan untuk lebih dari 100 orang.

  • Tampilan Mewah Kesan Mahal

Tampilan nasi tumpeng yang menyerupai gunung membuatnya terkesan mewah dan mahal. Meskipun harganya pun cukup terjangkau. Oleh sebab itu, para jasa penyedia nasi tumpeng menawarkan menu yang dapat membuat konsumennya terkesan. Pada umumnya, konsumen pun lebih sering memesan nasi tumpeng daripada nasi kotak.

Bagaimana Cara Membuat Nasi Tumpeng?

Nasi tumpeng biasanya disajikan di beberapa acara seperti syukuran. Namun biasanya banyak orang yang lebih memutuskan untuk Pesan Nasi Tumpeng di Kebon Manggis dibandingkan membuat sendiri. Karena mereka merasa tidak ada cukup waktu dan tenaga untuk membuatnya.

Namun, ternyata membuat nasi tumpeng tidak serumit yang orang bayangkan. Di bawah ini adalah tips-tips yang dapat diterapkan untuk membuat nasi tumpeng di rumah:

  • Perhatikan Jumlah Porsi

Ini merupakan hal penting yang perlu diperhatikan mengingat berhubungan dengan ukuran tampah dan ukuran nasi tumpeng. Jumlah porsi pun sangat berhubungan erat dengan bahan-bahan yang akan digunakan. Apabila porsi yang dibuat jumlahlah banyak, maka bahan-bahan yang harus disiapkan pun banyak.

  • Menggunakan Bahan dan Alat yang Tepat

Dalam membuat nasi tumpeng, alat dan bahan yang digunakan memang sangat perlu untuk diperhatikan. Karena, Anda harus menyesuaikan bahan dan alat dengan porsi nasi tumpeng yang akan dibuat. 

  • Menyiapkan Bumbu Masakan

Mengingat cukup banyak bahan yang digunakan dan dimasak, maka proses pembuatan bumbu masak pun cukup ribet. Oleh sebab itu, ketahui jumlah porsi nasi tumpeng yang akan dibuat terlebih dulu. 

Anda harus menyiapkannya sebaik mungkin karena banyak bumbu masak yang harus diproses. Untuk itu, Anda dapat memasak nasi tumpeng dengan lebih hemat dan cepat. Bumbu-bumbu yang perlu dimasak terlebih dulu antara lain bumbu kuning, bumbu merah dan bumbu putih. Apabila semua bumbu sudah masak, nasi tumpeng pun bisa dibuat dengan sangat mudah.

  • Menggunakan Sari Kelapa untuk Santannya

Sangat disarankan untuk menghindari bahan instan ketika membuat nasi tumpeng seperti santan. Seperti layaknya di jasa Pesan Nasi Tumpeng di Kebon Manggis, untuk santan sendiri, Anda bisa mendapatkannya dari sari kelapa yang diperas. Karena, hasilnya pun akan berbeda dibandingkan dengan menggunakan santan yang bisa dibeli di warung. 

  • Menggunakan Beras Khusus

Perhatikanlah juga beras yang digunakan ketika membuat nasi tumpeng. Gunakanlah beras pilihan agar nasi tumpeng yang dihasilkan enak dan nikmat. Beras yang baik tentu saja akan menghasilkan nasi tumpeng yang pulen. 

Pilihlah beras berkualitas tinggi yang bebas dari kutu. Cek beras tersebut, apakah butirannya berukuran besar dan masih utuh. Jangan menggunakan beras dengan kualitas rendah, khususnya untuk beberapa acara besar dan penting. 

Infografik Menu Royal Tumpeng

Nasi Tumpeng dan Filosofinya

Kata ‘tumpeng’ berasal dari bahasa Jawa yaitu ‘yen metu kudu mempeng’. Apabila diartikan ke dalam bahasa Indonesia adalah ‘Apabila ingin keluar, maka harus bersungguh-sungguh’. Artinya, ketika akan melakukan sebuah usaha maka harus dilakukan dengan totalitas.

Nasi tumpeng pada umumnya berbentuk kerucut yang melambangkan konsep ketuhanan. Di bagian pucuknya merupakan simbol atau tanda harapan agar kehidupan manusia menjadi lebih baik. 

Tradisi potong tumpeng yang diawali dari pucuknya mempunyai tujuan agar acara dapat terselenggara dengan lancar. Lalu, tumpeng yang telah dipotong tersebut diberikan kepada orang sebagai bentuk kasih sayang atau penghormatan.

Selain itu, tujuh lauk pauk yang menghiasi tumpeng tersebut memiliki makna yang sangat mendalam. Angka tujuh dalam bahasa Jawa disebut ‘pitu’. Kata tersebut memiliki arti ‘pitulungan’ yang artinya adalah pertolongan. 

Contoh Tujuh Lauk Pauk dan Maknanya

  • Nasi

Pada umumnya, penyajian tumpeng dilengkapi oleh nasi putih yang bermakna kesucian. Dengan bentuk kerucut, nasi putih tersebut menyimbolkan makanan yang disajikan berasal dari sumber yang bersih dan halal. 

Tetapi, saat ini tumpeng pun disajikan dengan beragam variasi seperti nasi kuning atau nasi uduk. Untuk nasi tumpeng yang berwarna kuning sendiri memiliki dua arti yaitu kemakmuran dan rezeki.

  • Ikan Lele

Nasi tumpeng biasanya ditemani oleh ikan lele sebagai pelengkap. Ikan lele sendiri memiliki simbol ketekunan dan ketabahan di kehidupan. Filosofi tersebut hadir karena ikan lele ini dapat bertahan di air yang tidak mengalir dan di dasar sungai. 

Tetapi, banyak penyedia jasa Pesan Nasi Tumpeng di Kebon Manggis saat ini lebih memilih untuk menyediakan jenis ikan lain. Alasannya adalah ikan lele memiliki bentuk yang dirasa tidak menarik secara tampilan.

  • Ayam

Jenis ayam yang biasanya disediakan di nasi tumpeng yaitu ayam jago atau ayam jantan. Makna yang terkandung dibalik pemilihan jenis ayam tersebut adalah agar menyingkirkan segala sifat buruk yang biasanya berhubungan dengan ayam jago. Antara lain congkak, sombong, dan arogan.

  • Telur

Telur memiliki makna yaitu Tuhan menciptakan seluruh manusia di dalam kedudukan yang sama. Telur yang sudah direbus biasanya disajikan dengan kulitnya. Untuk itu, Anda harus mengupasnya terlebih dulu untuk menyantapnya.

  • Ikan Teri

Di dalam hidangan nasi tumpeng, ikan teri pun termasuk salah satu lauk pauk yang acap kali dihidangkan. Makna adanya ikan teri di dalam nasi tumpeng yaitu soal nilai kerukunan dan kebersamaan. Karena, ikan teri hidupnya selalu berkelompok di dalam laut.

  • Cabai Merah

Di bagian pinggir atau pucuk nasi tumpeng, pada dasarnya terdapat hiasan yang bentuknya menyerupai kelopak bunga yang terbuat dari cabe merah. Itu adalah simbol yang bermakna sebagai cahaya yang menyinari banyak orang. 

  • Sayur Urap

Urap mempunyai jenis sayuran yang bervariasi yang dilengkapi dengan bumbu urap. Bumbu urap tersebut biasanya dilengkapi dengan parutan kelapa dan sambal. Jenis sayuran yang ada di dalam urap ini tentu memiliki makna. 

Taoge memiliki simbol pertumbuhan. Sementara bayam memiliki makna ketenteraman dan kedamaian. Sementara kangkung diambil dari bahasa Jawa yaitu ‘Jinangkung’ yang artinya perlindungan. 

Ada juga bawang merah yang memiliki makna pertimbangan matang akan semua hal yang buruk maupun baik. Kacang panjang pun memiliki arti yaitu memiliki pemikiran jauh ke depan.

Bumbu urap pun memiliki makna yang diambil dari bahasa Jawa, yaitu ‘urip’ yang artinya hidup. Artinya adalah untuk dapat menafkahi dan menyokong keluarga. 

Itu adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk menikmati nasi tumpeng tanpa harus keluar rumah. Dengan cara Pesan Nasi Tumpeng di Kebon Manggis dari jasa catering Royal Tumpeng terbaik kami.

5/5 - (1 vote)
×