Pesan Nasi Tumpeng Pela Mampang

Pesan Nasi Tumpeng Pela MampangNasi tumpeng kini sudah disajikan dalam berbagai acara mulai acara ulang tahun, pernikahan, perayaan hari kemerdekaan, syukuran, naik jabatan atau pun di kegiatan yang lainnya.

Pesan Nasi Tumpeng Pela Mampang

Sejarah dan Makna Setiap Lauk Pauk Nasi Tumpeng

Menu untuk nasi tumpeng kini sudah beragam tidak, sudah ada penambahan daripada menu-menu wajib yang digunakan pada zaman dahulu. Dari segi warnanya, juga mengalami perubahan dimana dulunya warna hanya warna kuning atau putih, sekarang sudah ada warna ungu ataupun warna hijau. Juga sudah dibuat namanya sendiri, untuk lebih jelas tentang sejarah dan makna disetiap menu wajib nasi tumpeng, berikut penjelasannya:

Sejarah Nasi Tumpeng

Awalnya nasi tumpeng sebenarnya hanya disajikan pada acara khusus ataupun acara tradisional keagamaan, namun kini penyajian nasi tumpeng sudah disediakan pada berbagai perayaan. Bentuk kerucut nasi tumpeng disimbolkan sebagai gunung Semeru ataupun gunung emas yang diartikan sebagai pusat dari dunia. 

Nasi tumpeng sengaja dibuat dalam perayaan tertentu sebenarnya memiliki maksud dan tujuan. Salah satunya sebagai bentuk rasa syukur manusia atau masyarakat dari daerah tersebut kepada Tuhan yang Maha Esa atas nikmat yang telah diberikan selama ini. Nasi tumpeng bukan dibuat asal-asalan sebab dibuat dengan sepenuh hati sesuai syarat-syarat tertentu. Sebab semua lauk-pauk yang diberikan memiliki makna filosofis tersendiri dan sebagai bentuk representatif tentang hubungan antara manusia dengan Tuhannya dan hubungan antara manusia-manusia lain. Saat ini nasi tumpeng bisa dibuat sendiri atau lebih praktis dipesan baik secara offline atau pesan nasi tumpeng pela mampang online. 

Nasi tumpeng disajikan di atas tampah berbentuk lingkaran yang di bawahnya diberi alas daun pisang. Daun pisang ini pun dibentuk lagi  atau dihias menjadi cukup menarik untuk bagian pinggiran tampah. Sehingga saat dilihat dari luar tampilannya saja sudah menggoda dengan kecantikan dan memiliki nilai seni yang tinggi. Lebih indah lagi saat dihias dengan berbagai macam jenis lauk pauk, untuk lebih jelasnya lauk apa saja, berikut macam-macam jenisnya. 

Infografik Menu Royal Tumpeng

Pesan Nasi Tumpeng Pela Mampang Dengan Berbagai Lauk Pauk

Beberapa jenis makanan yang menjadi bagian dari nasi tumpeng ialah nasi sebagai bahan utama, kemudian lauk pauk terdiri atas ayam, ikan, telur, ikan teri, sayur urap dan cabai keriting warna merah:

  • Nasi 

Nasi yang digunakan sebenarnya nasi putih namun mengapa memiliki warna kuning karena diberi pewarna. Memang ada nasi tumpeng putih untuk acara khusus misalnya acara tujuh bulanan. Saat ini nasi tumpeng sudah bukan hanya nasi kuning lagi, sudah ada varian nasi uduk, nasi goreng, nasi hijau ataupun nasi merah. Nasi tumpeng yang berwarna putih sebagai simbol bahwa segala sesuatu yang dimakan harus berasal dari bahan yang  halal dan bersih. 

  • Ikan

Awalnya ikan yang digunakan untuk sajian nasi tumpeng bukan sembarang ikan, bahkan diwajibkan ikan lele yang digoreng. Namun saat ini sudah banyak jenis ikan yang digunakan, sudah bukan  ikan lele saja. Alasan diwajibkan ikan lele karena ikan lele sebagai simbol dari ketabahan dan ulet dalam menjalani kehidupan. Ini diambil dari cara hidup lele dimana ikan ini bisa bertahan meski dengan air yang sedikit hingga di dasar sungai. Jika pesan nasi tumpeng Pela Mampang murah maka konsumen bisa memilih nasi tumpeng yang berukuran mini dengan jumlah lauk-pauk yang terbatas. 

  • Ayam 

Awalnya ayam yang diwajibkan dalam penyajian nasi tumpeng ialah ayam jago atau ayam jantan. Sebab ayam jantan mempunyai makna untuk mengurangi dan menghindari adanya sifat sombong yang melekat dalam diri. Berbagai sifat buruk ayam jago baik saat berbicara ataupun merasa selalu benar sendiri, adalah sifat yang tidak baik dan harus dihilangkan dari dalam diri manusia.

  • Ikan Teri

Ikan ini pun sering disajikan bersama nasi tumpeng sebagai simbol kebersamaan dan kerukunan antara sesama manusia sebab dalam hidupnya ikan teri selalu bergerombol di dalam laut.

  • Sayur Urap

Sayur urap sebagai pelengkap hidangan nasi tumpeng yang umunya terdiri atas kacang panjang, daun bayam, kangkung, taoge lengkap dengan bumbu kacang atau pun  bumbu urap dan parutan kelapa. Kangkung yang digunakan mempunyai makna untuk melindungi, bayam memiliki arti tenteram dan damai sedangkan taoge memiliki makna tumbuh dan kacang panjang supaya hidup memiliki pandangan atau tujuan jauh ke masa depan. Sedangkan dari bumbunya ada bawang merah  dimana saat mengambil keputusan harus mempertimbangkan sisi baik dan buruknya sedangkan campuran dari bumbu bermakna untuk mampu menghidupi keluarga.

Jika membutuhkan nasi tumpeng dan tidak tahu dimana lokasi pemesanannya maka konsumen bisa melakukan order nasi tumpeng  di Pela Mampang khususnya untuk masyarakat sekitar kawasan tersebut, contohnya di Royal Tumpeng.

  • Telur

Ini pun menjadi lauk pauk yang tak boleh dihilangkan dari sajian nasi tumpeng dimana telur yang disajikan boleh telur pindang rebus ataupun boleh disajikan utuh dengan kulitnya. Makna dari telur ini ialah semua orang di dunia ini dilahirkan dengan kesamaan fitrah. Sedangkan penyajian kulit sebagai simbol bahwa tindakan  sebelum dilakukan harus dilakukan perencanaan yang matang terlebih dulu, setelah dikerjakan dievaluasi kembali untuk hasil yang lebih baik.

  • Cabai Merah

Penggunaan cabai merah juga sebagai pelengkap dan untuk menambah nilai seni pada nasi tumpeng yang disajikan. Dibuat berbentuk bunga atau kelopak yang diletakkan di atas puncak kerucut nasi tumpeng.  Makna digunakan cabai merah sebagai api yang gunanya untuk memberikan cahaya terang sehingga berguna untuk orang lain. Semua lauk-pauk untuk nasi tumpeng tidak digunakan sembarangan tetapi dipilih sesuai dengan makna yang dibutuhkan. 

Nah, itulah penjelasan sejarah dan makna dari setiap lauk pauk nasi tumpeng, jangan lupa Pesan Nasi Tumpeng Pela Mampang di Royal Tumpeng sebagai penyedia tumpeng terbaik.