Pesan Nasi Tumpeng Petamburan

Pesan Nasi Tumpeng PetamburanOrang Indonesia mana sih yang tak kenal dengan nasi tumpeng. Nasi tumpeng ini merupakan makanan khas Indonesia yang banyak peminatnya. Nasi tumpeng ini banyak digunakan di acara-acara resmi juga acara-acara non formal, seperti  acara ulang tahun , acara syukuran, dan lain sebagainya. Bagi anda yang ingin pesan nasi tumpeng petamburan. Sebelumnya apakah anda tahu tentang sejarang dan pengertian dari tumpeng?. Berikut ini penjelasannya.

Pesan Nasi Tumpeng Petamburan

Apa Itu Nasi Tumpeng?

Nasi tumpeng merupakan salah satu cara penyajian nasi yang unik dimana nasinya akan dibentuk kerucut dan ditata bersama berbagai lauk pauknya. Olahan nasinya bisa berupa nasi kuning ataupun nasi uduk. Nasi tumpeng ini dapat disajikan di atas tampah. Tampah merupakan wadah berbentuk bundar yang biasanya terbuat dari anyaman bambu lalu dialasi daun pisang. Nasi tumpeng ini akan hadir di berbagai acara. Diantaranya pada saat kenduri, ulang tahun, acara perusahaan, peresmian tempat penting, dan lain sebagainya.

Asal-usul Dan Sejarah Nasi Tumpeng

Asal mula nasi tumpeng ada dua pendapat. Diantaranya yakni menurut penyebaran agama dan bahasa penamaannya. Asal usul nasi tumpeng menurut penyebaran agamanya yakni agama Hindu dan agama Islam. Agama Hindu masuk ke Indonesia sebelum agama Islam lalu kemudian agama ini banyak dianut oleh masyarakat Indonesia pada zaman dahulu. Dalam agama Hindu banyak ajaran tentang dewa-dewi yang mereka percayai tinggal di gunung-gunung yang terletak di Indonesia. Oleh karenanya banyak masyarakat Hindu di Indonesia yang percaya bahwa gunung merupakan sebuah tempat suci yang ditinggali oleh para dewa-dewi. Oleh karenanya, sebagai sebuah permohonan kepada para dewa-dewi masyarakat Hindu Indonesia, membuat yang namanya nasi kuning yang berbentuk kerucut seperti gunung yang bertujuan untuk meminta perlindungan dan pertolongan kepada para dewa-dewi.

Nah, setelah agama Islam masuk dan menyebar di Indonesia, tradisi membuat nasi tumpeng ini masih dilakukan oleh masyarakat sebagai bentuk permohonan kepada Tuhan. Tapi ada perbedaan pada tujuannya dimana setelah agama islam menyebar, nasi tumpeng ini ditujukan kepada Allah SWT, Tuhan seluruh alam. Nah dari sinilah hingga saat ini nasi tumpeng banyak digunakan untuk acara-acara adat istiadat dan lain-lainnya.

Sedangkan asal usul nasi tumpeng menurut bahasa penamaannya. Menurut islam kejawen, tumpeng berasal dari bahasa Jawa. Akronim tumpeng dalam bahasa jawa yaitu metu kudu sing mempeng yang artinya jika akan keluar harus melakukannya dengan sungguh-sungguh. Nah dari akronim ini dapat  dimaknai bahwa nasi tumpeng menggambarkan seseorang melakukan sesuatu dengan yakin.

Infografik Menu Royal Tumpeng

Kegunaan Nasi Tumpeng

Sebelum anda pesan nasi tumpeng petamburan. Ada baiknya anda mengetahui juga apa itu kegunaan nasi tumpeng. Karena nasi tumpeng memang tidak hanyalah sekedar menjadi makanan khas Indonesia yang bisa dikonsumsi. Karena didalamnya terdapat cerita dan filosofi jadi tak sembarangan anda bisa mengkonsumsinya seperti makanan lainnya. Hal ini diakibatkan juga karena nasi tumpeng hanya ada di acara-acara tertentu.

Acara syukuran di beberapa wilayah indonesia misalnya. Disana mereka mengadakan suatu tradisi bernama tumpengan. Tumpengan merupakan acara yang menggunakan nasi tumpeng sebagai simbol perwujudan rasa syukur kepada Tuhan. Ada tiga daerah yang sering menggunakan nasi tumpeng dalam acara-acaranya diantaranya yakni Jawa, Bali, dan Madura. Di Jawa nasi tumpeng ini sangat terkenal karena disana memiliki banyak gunung serta penyebaran agamanya signifikan. Pada Bali dan Madura, nasi tumpeng terkenal karena ajaran agama Hindu.

Nasi tumpeng saat ini banyak digunakan diberbagai acara penting lainnya. Seperti acara syukuran nikahan, kelahiran anak, sunatan, acara syukuran kantor, tempat kerja, dan lain sebagainya. Jadi nasi tumpeng pada era sekarang lebih fleksibel untuk berbagai acara. 

Keunikan Nasi Tumpeng

Nasi tumpeng ini sangatlah unik loh. Berikut ini beberapa keunikannya yakni yang pertama tidak ada lauk-pauk yang baku untuk mendampingi nasi tumpeng.  Walaupun begitu, ada beberapa lauk yang sering ada untuk mendampingi nasi tumpeng ini. Diantaranya ada abon, perkedel, telur dadar, timun yang dipotong melintang, daun seledri, ikan asin, urap kacang panjang, tempe kering dan serundeng. Dan uniknya lagi ialah lauknya ini juga memiliki filosofinya sendiri-sendiri loh.

Keunikan yang kedua ialah sebenarnya pada zaman dahulu, tumpeng ini disajikan dengan nasi putih. Karena filosofinya sangatlah kuat. Keunikan yang ketiga ialah pada zaman dahulu, sesepuh akan memimpin doa selamat. Dimana beliau akan terlebih dahulu untuk menjelaskan terlebih dahulu filosofi dan makna yang terkandung dalam nasi tumpeng tersebut. Sehingga hadirin yang ada dalam acara tersebut tau makna dalam nasi tumpeng tersebut dan mendapatkan wejangan yang berupa ajaran dan nasehat hidup. Dalam selamatan, nasi tumpeng ini ini dipotong lalu diserahkan kepada orang tua atau orang yang dituakan sebagai penghormatan. Lalu setelahnya dibagi ke hadirin yang lain. Dan disantap bersama-sama.

Keunikan lainnya yakni nasi tumpeng ini ada di berbagai daerah di Indonesia seperti di Jawa, Bali, dan Madura. Selain itu, keunikan lainnya yakni memiliki berbagai jenis tumpeng. Diantaranya ada tumpeng robyong, tumpeng nujuh bulan, tumpeng pungkur, tumpeng putih, tumpeng nasi uduk, tumpeng nasi kuning, dan tumpeng modifikasi. Jadi anda bisa memilih dan memesan nasi tumpeng sesuai dengan acara anda.

Bagi anda yang ingin pesan nasi tumpeng petamburan. Anda tak usah khawatir karena sekarang telah hadir royal tumpeng. Kami menyediakan berbagai macam nasi tumpeng sesuai yang anda perlukan. Jika anda tertarik, silahkan hubungi kami di WA 081287608239.

[Total: 0 Average: 0]