Pesan Nasi Tumpeng Jakarta Pusat

Pesan Nasi Tumpeng Jakarta Pusat | akan membantu Anda dalam menyiapkan segala kebutuhan untuk mengadakan suatu acara. Tumpeng merupakan makanan tradisional yang memiliki tingkat kesulitan tersendiri dalam membuatnya. Tidak semua orang bisa membuat nasi tumpeng dengan rasa yang pas karena banyak bahan yang harus kita gunakan.

Pesan Nasi Tumpeng Jakarta Pusat

 

pesan-nasi-tumpeng-jakarta-pusat

Berkembangnya zaman membuat kebudayaan luar masuk ke dalam Indonesia dan tak ketinggalan untuk makanan juga. Banyak makanan orang asing yang kemudian dijajakan di pasaran Indonesia. Meskipun demikian, kita masih memiliki makanan tradisional yang bertahan hingga sekarang. Banyaknya makanan modern yang masuk tidak lantas membuat para penggemar nasi tumpeng berkurang. Nasi tumpeng termasuk makanan tradisional yang digemari oleh banyak orang.

Seperti halnya makanan tradsional lainnya, tumpeng dibuat dengan cara yang tidak mudah dan juga bahan yang tidak sedikit. Untuk itu, tidak mudah bagi kita untuk membuat nasi tumpeng dengan rasa yang pas. Perlu adanya pengalaman dan juga keahlian dalam membuat nasi tumpeng, terlebih untuk porsi yang cukup banyak. Tapi, bagaimana jika kita perlu nasi tumpeng dan tidak bisa membuatnya? Tak perlu khawatir karena sekarang mudah bagi kita untuk menemukan jasa catering nasi tumpeng Jakarta pusat yang menyediakan nasi tumpeng.

Cara Membuat Tumpeng

Seperti halnya makanan khas Indonesia lainnya yang dibuat dengan cara yang tidak mudah karena bahan yang digunakan pun juga banyak. Berikut ini adalah cara membuat nasi tumpeng yang bisa Anda lakukan. Sebelumnya, Anda harus menyiapkan bahan yang digunakan, yakni:

  • 100 gram beras ketan
  • 1 liter beras biasa
  • Daun salam 2 lembar
  • Daun jeruk 3 lembar
  • Santan kelapa 750 cc
  • Serai 1 batang
  • Perasan air jeruk nipis 1 sendok makan
  • 3 cm kunyit
  • Garam secukupnya
  • Air matang 100 cc

Inilah cara membuat nasi tumpeng:

  1. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan merendam beras ketan dengan waktu sekitar 12 jam. Untuk memudahkan Anda, lakukanlah cara ini pada malam hari agar pada keesokan harinya Anda bisa langsung membuat nasi tumpeng.
  2. Setelah beras ketan Anda rendam kemudian tiriskan. Sembari itu, cucilah beras biasa hingga bersih.
  3. Langkah selanjutnya adalah dengan menyiapkan serai 1 batang dan daun jeruk 3 lembar. Remas dan memarkan kedua bahan tersebut hingga tercium aromanya.
  4. Sementara, kunyitnya bisa Anda parut sampai halus. Setelah itu, campurkan dengan air matang 100 cc. Peras campuran kunyit dan air sampai menghasilkan sari patinya.
  5. Kemudian, masuklah pada cara pembuatan yang inti yakni dengan mencampurkan air santan 750 cc, serai, dan daun jeruk yang sudah diproses. Selain itu, masukkan juga air perasan kunyit, garam, dan daun salam 2 lembar. Aduk semua bahan hingga tercampur rata.
  6. Jika semuanya sudah tercampur, langkah berikutnya ialah dengan mencampurkan beras. Selama proses perebusan, aduklah beras tersebut.
  7. Apabila santan dalam perebusan sudah terlihat cukup kering, angkat beras itu. Jangan sampai Anda terlambat dalam mengangkatnya karena jika santan sudah benar-benar kering, teksturnya akan berbeda.
  8. Setelah beras diangkat, langkah berikutnya adalah kukus beras selama kurang lebih 35 menit. Selama menunggu itu, jangan lupa untuk mengeceknya sesekali agar nasi dapat masak dengan sempurna. Setelah 35 menit, angkat kukusan. Siapkanlah alas yang cukup lebar agar muat semua nasi. Tunggu nasi sampai tidak begitu panas agar tidak berkeringat saat di cetak sehingga nasi tidak mudah basi.
  9. Setelah nasi terasa tidak panas lagi, mulailah untuk membentuknya. Nasi tumpeng tidak selalu dibentuk kerucut, banyak cetakan nasi yang bisa digunakan seperti bentuk kotak, lingkaran, atau bentuk karakter kartun yang disukai oleh anak kecil.

Bagi Anda yang masih merasa kesulitan dalam membuat nasi tumpeng, maka percayakan saja pada Royal Tumpeng dengan nasi tumpeng murah di Jakarta pusat. Jasa catering ini sudah berpengalaman dalam menyediakan makanan nasi tumpeng untuk berbagai acara. Selain menghemat waktu, dengan memesan tumpeng Anda juga lebih hemat tenaga, baik dalam membuatnya atau dalam mengambil pesanan.

pesan-nasi-tumpeng-jakarta-pusat-3

Cara Menghias Tumpeng

Tumpeng tidak selalu berbentuk kerucut dan berwarna kuning. Anda bisa membuat tampilan tumpeng menjadi lebih menarik dengan berbagai hiasan. Berikut ini adalah beberapa hiasan nasi tumpeng yang bisa Anda berikan:

Alas tumpeng

Pada umumnya, nasi tumpeng hanya memerlukan alas berupa daun pisang atau tampah. Tapi, Anda bisa memberikan hiasan dari sterofoam dan sayuran. Apabila Anda masih kesulitan dalam menemukan tampah, maka Anda bisa menggunakan triplek yang dilapisi strerofoam sebagai penggantinya. Pertama, lapisilah streforoam dengan daun pisang. Kemudian hiaslah dengan menggunakan daun pisang yang dibentuk segitiga lancip. Untuk mempercantik lagi, buatlah pagar di sekeliling nasi tumpeng dari kacang panjang yang ditusukkan dengan lidi.

Membuat bunga mawar

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat bunga mawar adalah timun Jepang dan tomat. Pertama, kupaslah ari tomat secara melingkar mulai dari tangkai sampai ujung. Lakukan hal ini dengan hati-hati agar kulit tidak putus. Kemudian gulung-gulung kulit ari tomat sampai membentuk kelopak bunga mawar. Setelah itu, iris timun Jepang dengan cukup tipis. Letakkan timun di sekitar nasi, begitu juga dengan gulungan kulit tomat di atasnya sehingga terlihat seperti mawar.

Membuat bunga teratai

Hiasan ini bisa Anda buat dari daun peterseli dan tomat yang berbentuk lonjong. Pertama, belah tomat menjadi dua bagian. Kemudian, potong kembali tomat jadi 2 bagian dengan ukuran yang sama. Setelah itu, sayat kulit ari di masing-masing potongan sampai setengahnya. Lekuk kulit ari ke arah luar sampai menyerupai kelopak bunga. Susun kelopak tersebut di sekitar nasi tumpeng dan hiaslah dengan daun peterseli di sekelilingnya.

Membuat bunga aster

Untuk bisa membuat hiasan ini, Anda harus menyiapkan wortel dengan ukuran yang besar. Caranya adalah dengan mengiris wortel secara melingkar sampai membentuk bulatan dengan ketebalan kira-kira 3 cm. Kemudian, gunakan cetakan kue dengan bentuk bunga agar membentuk pola kelopak bunga di sekitarnya. Irislah bagian tengahnya dengan pisau untuk membuatnya seperti bagian tengah dari bunga ester. Setelah itu, sebarkan bunga di berbagai sudur tumpeng.

Setelah mengetahui keempat hiasan di atas, jangan langsung menggunakan semua hiasan dalam satu nasi tumpeng karena akan terlihat penuh. Selain keempat hiasan di atas, Anda bisa menambahkan hiasan lain dengan menggunakan timun, cabai, atau sayuran lainnya. Satu hal yang paling penting di sini adalah semua hiasan yang digunakan bisa dikonsumsi dengan aman. Jangan hanya mementingkan hiasan tapi  harus mempertimbangkan bahwa semua yang disajikan harus bisa dimakan. Anda juga harus menyesuaikan ukuran hiasan dengan ukuran nasi tumpeng agar terlihat harmonis. Inilah variasi nasi tumpeng komplit.

Nasi Tumpeng untuk Berbagai Acara

Pada zaman dahulu, nasi tumpeng hanya digunakan untuk acara keagamaan saja seperti syukuran dan selametan. Namun, sekarang kita bisa menggunakan nasi tumpeng untuk acara apa saja seperti hari ulang tahun, pernikahan, kelahiran bayi, dan masih banyak lagi lainnya. Penggunaan nasi tumpeng ini tidak hanya berfungsi sebagai makanan di acara Anda tapi kita juga ikut melestarikan makanan tradisional yang semakin punah. Pemilihan nasi tumpeng untuk rapat Anda sangatlah tepat karena rasanya yang begitu khas sebagai makanan Indonesia maka para tamu Anda akan suka dengan hidangan yang Anda berikan.

Bagi Anda yang ingin merayakan hari ulang tahun atau pernikahan, maka pilihlah nasi tumpeng untuk acara Anda lebih berbeda. Pada umumnya, kebanyakan orang akan menggunakan kue tart di acara tersebut dan hal ini sudah terjadi sejak lama sehingga membuat kita bosan. Untuk itu, gunakanlah nasi tumpeng sebagai penggantinya karena terdapat berbagai variasi baik dari warna, bentuk, ataupun tampilan sehingga tak kalah cantik dengan kue tart.

Rekomendasi Jasa Catering di Jakarta Pusat

 

pesan-nasi-tumpeng-jakarta-pusat-2

 

Semakin hari semakin banyak jasa catering jual nasi tumpeng Jakarta pusat yang bermunculan. Mereka menawarkan tema makanannya masing-masing, baik modern ataupun tradisional. Untuk itu, Anda harus bisa memilih jasa catering yang tepat untuk menyediakan makanan di acara Anda. Tidak mudah bagi kita menentukan jasa catering yang terpercaya. Namun, tak perlu khawatir karena ada Royal Tumpeng yang sudah memiliki pengalaman sebagai jasa catering yang terpercaya. Banyak menu tumpeng yang disediakan seperti tumpeng kuning, tumpeng putih dan tumpeng hijau. Masing-masing tumpeng ini memiliki paket sayur dan lauk pauk tapi Anda bisa memilihnya sendiri. Selain itu, Anda akan mendapatkan layanan delivery yang memudahkan Anda dalam mengambil pesanan. Jadi Anda tidak perlu repot-repot datang ke tokonya, cukup pesan tumpeng di Royal Tumpeng dan dapatkan nasi tumpeng enak di Jakarta pusat. Demikian pesan nasi tumpeng Jakarta Pusat yang akan memudahkan persiapan acara Anda.