Pesan Tumpeng Mini Terbaik di Cipete Jakarta Selatan

Pesan Tumpeng Mini Terbaik di Cipete Jakarta Selatan – Ada banyak pilihan desain yang unik dan menarik. Tapi jika mau, Anda juga bisa membuat nasi tumpeng sendiri. Karena sudah cukup sering diadakan lomba membuat tumpeng dalam acara-acara tertentu misalnya peringatan 17 Agustus. Nah, bagi Anda yang ingin mengikuti lomba buat tumpeng berikut kami berikan tips dalam menyusunnya.

Pesan Tumpeng Mini Terbaik di Cipete

Pesan Tumpeng Mini Terbaik di Cipete Jakarta Selatan

  1. Mencetak nasi tumpeng

Sebelum membuat tumpeng, pertama tentukan dulu jenis tumpeng yang ingin dibuat, apakah nasi kuning atau nasi putih. Tipsnya yaitu campurkanlah bahan pembuatan nasi dengan sedikit beras ketan. Tekstur beras ketan yang lengket akan membuat gunungan tumpeng menjadi lebih kokoh dan tidak mudah hancur. Untuk mencetak nasi, bisa menggunakan cetakan kerucut yang terbuat dari alumunium. Atau jika ingin membuatnya secara bertingkat, bisa menggunakan cetakan dari loyang kue. Namun pada dasarnya, tumpeng dalam aturan tradisional Jawa memiliki bentuk kerucut ke atas yang menggambarkan konsep ketuhanan.

  1. Pusat perhatian tumpeng

Buatlah tumpeng kerucut tinggi di tengah wadah, kemudian di sekelilingnya Anda bisa menambahkannya dengan tumpeng-tumpeng kerucut kecil. Lalu tentukan lauk-pauk yang ingin ditambahkan sebagai pelengkap, misalnya ayam ingkung, yaitu ayam yang dimasak utuh tanpa dipotong-potong. Namun perhatikan, tingginya sebaiknya jangan sampai melebihi tinggi tumpeng. Setelah itu, puncak tumpeng yang merupakan pusat perhatian sebaiknya ditambahkan dengan hiasan dari bunga cabai atau hiasan yang dibuat dari daun pisang. Anda bisa menemukan tumpeng dengan tampilan cantik seperti ini di jasa catering nasi tumpeng di Cipete Jakarta Selatan.

  1. Berikan lauk dengan warna kontras

Lauk-pauk yang biasa digunakan oleh tumpeng, rata-rata memiliki warna kecokelatan atau merah tua. Cobalah susun lauk pauk ini secara menarik dengan mempertimbangkan warna serta bentuknya. Bahan-bahan seperti ayam goreng, tempe goreng, dan perkedel punya warna yang sama, sebaiknya tidak disandingkan bersebelahan. Tetapi diselingi dengan bahan-bahan lain yang warna berbeda, misalnya sayur urap. Selain itu, tambahkan juga lalapan seperti mentimun, selada, dan tomat yang akan membuat tumpeng menjadi lebih kaya akan warna. Jika ingin melihat contoh tumpeng dengan desain yang menarik, bisa coba pesan nasi tumpeng murah di Cipete Jakarta Selatan.

Baca juga : Kreasi Nasi Tumpeng Mini Yang Unik dan Menarik dari RoyalTumpeng.com

  1. Tambahkan hiasan alami secukupnya

Hiasan juga menjadi hal yang tak kalah penting jika ingin membuat tumpeng tampil menarik. Sebisa mungkin, buatlah hiasan dari bahan-bahan yang bisa dimakan. Karena nantinya hiasan-hiasan tersebut akan diletakan bersama lauk-pauk lainnya dalam satu wadah nasi tumpeng. Anda bisa mencoba membuat hiasan dari cabai yang dibentuk menjadi bunga atau wortel dan lobak yang dibuat menjadi bentuk anak ayam, burung, dan angsa. Untuk menambah aksen warna hijau pada tumpeng, tambahkan pelengkap berupa selada, daun kemangi, daun seledri, dan daun peterseli.

  1. Perhatikan Cita Rasa

Hal lain yang harus diperhatikan yaitu cita rasa semua bahan yang ada di tumpeng. Sebagian besar lauk-pauk yang ada di sekeliling tumpeng memiliki rasa gurih. Oleh sebab itu, sebaiknya jangan terlalu banyak dalam membubuhi garam. Hal itu dikarenakan nasi kuning dalam tumpeng telah memakai garam yang dicampurkan ke dalam santan. Kemudian, Anda bisa menambahkan sambal pelengkap yang nantinya akan dimakan bersama lauk-pauk. Mau mencicipi tumpeng dengan cita rasa enak? Anda bisa beli catering nasi tumpeng enak di Cipete Jakarta Selatan.

[somryv url=”WGyplwH5WXI” size=”full” align=”center”]

Itulah beberapa tips menghias tumpeng dalam perlombaan. Jika Anda ingin melihat berbagai macam susunan tumpeng dengan desain yang menarik, bisa pesan tumpeng mini terbaik di Cipete Jakarta Selatan.

post
×