Syukuran Tempat Usaha

Syukuran Tempat Usaha – Saat memiliki usaha baru, hal yang harus dilakukan sebelum membuka atau mempromosikan usaha ialah melakukan syukuran atau upacara pembukaan. Syukuran merupakan suatu tradisi atau budaya yang sudah melekat pada masyarakat Indonesia saat ingin merayakan sesuatu termasuk memulai usaha baru.

Syukuran Tempat Usaha

Syukuran sendiri juga merupakan ungkapan wujud terima kasih yang diselingi dengan doa dan harapan untuk ke depannya. Syukuran biasanya selalu didampingi dengan beberapa menu makanan yang dapat dinikmati oleh semua tamu undangan.

Maka dari itu makanan yang disajikan harus dapat dinikmati oleh semua orang. Bila Anda bingung mengenai menu yang akan disajikan untuk acara syukuran, berikut beberapa menu yang bisa jadi referensi.

Berbagai Menu Yang Cocok untuk Syukuran Tempat Usaha

  • Ayam Serundeng

Makanan pertama yang dapat dijadikan menu syukuran ialah ayam serundeng. Makanan yang memiliki citra rasa gurih dan lezat ini tentunya menjadi favorit bagi kebanyakan orang.

Ayam serundeng sendiri dibuat dengan berbagai bumbu yang dihaluskan. Kemudian untuk menambahkan tekstur yang empuk dan rasa yang meresap pada daging, bumbu tersebut diungkep bersamaan dengan daging ayam. Lalu setelah ayam empuk, gorenglah ayam dengan memberi parutan kelapa hingga berubah menjadi golden brown.

  • Bakwan Tahu

Selain ayam, bakwan tahu juga dapat dijadikan untuk olahan makanan sebagai lauk-pauk. Bakwan tahu sendiri merupakan sajian yang ringan sehingga dapat dijadikan sebagai kudapan.

Bakwan tahu sendiri memiliki tekstur yang kering di luar dan lembut di dalam. Untuk rasanya bakwan tahu biasanya memiliki rasa asin yang gurih. Bakwan tahu ini cocok sekali bila disantap dengan menggunakan sambal.

  • Nasi Tumpeng

Untuk memenuhi sajian makanan yang berkarbohidrat, Anda dapat memilih nasi tumpeng untuk sajian menu syukuran tempat usaha terbaru. Sajian tumpeng ini juga dapat digunakan sebagai simbol untuk upacara pembukaan dengan memotong pucuk nasi.

Dengan menggunakan nasi tumpeng, Anda juga dapat membagikan makanan kepada tamu undangan atau warga di lingkungan usaha. Dengan membagikan hal tersebut juga bisa digunakan untuk mempromosikan tempat usaha yang baru dibuka.

  • Nasi Liwet

Selain nasi tumpeng, Anda juga dapat menggunakan nasi liwet sebagai alternatif lain. nasi liwet sendiri memiliki harum yang lezat sehingga para tamu akan tergugah untuk mencicipinya.

Selain itu nasi ini juga memiliki citra rasa yang gurih dan nikmat. Untuk lauknya, nasi liwet biasanya dihidangkan dengan ikan asin, cumi atau teri medan yang membuat rasa makanan semakin memanjakan lidah.

  • Kangkung

Untuk menu sayurannya sendiri, Anda bisa memilih plecing kangkung sebagai hidangan pendamping. Dengan menghadirkan sayuran jenis kangkung ini tentunya akan membuat makanan jadi lebih seimbang.

Plecing kangkung sendiri memiliki rasa yang asin, manis dan sedikit pedas. Sayuran ini tentunya akan semakin nikmat bila dimakan dengan nasi kuning atau nasi liwet dan lauk ayam serundeng.

  • Seafood

Seafood juga merupakan salah satu menu makanan yang paling digemari oleh kebanyakan orang. Selain rasanya yang nikmat, seafood juga memiliki berbagai gizi sehat yang terkandung di dalamnya. Untuk sajian seafood, Anda dapat menghidangkan ikan bakar, kerang asam manis, cumi-cumi atau ikan krispi.

Dengan menghidangkan berbagai jenis seafood di acara syukuran tentunya akan membuat tamu undangan semakin lahap saat makan. Namun pastikan juga untuk memberikan menu yang lain agar tamu yang alergi seafood dapat makan dalam kegiatan syukuran tersebut.

  • Jajanan Basah

Setelah menu berat yang disajikan, kini Anda perlu dessert sebagai makanan penutup. Untuk dessert sendiri, bisa menyajikan berbagai jajanan basah dengan rasa yang manis atau asin. Anda dapat memilih risol, pie buah atau kue sus untuk makanan penutup tersebut.

6 Tips Hemat Membuat Acara Syukuran untuk Tempat Usaha

Selain menu makanan, untuk mengadakan suatu acara syukuran ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Hal yang menjadi perhatian biasanya mulai dari persiapan anggaran hingga dekorasi.

Dengan memerhatikan segala hal tersebut secara rinci, tentunya syukuran tempat usaha yang hemat akan dapat berjalan dengan lancar. Bila masih bingung mengenai hal-hal yang harus dipersiapkan. Berikut tips untuk mengadakan acara syukuran

  • Menghitung Jumlah Tamu Undangan

Saat membuat acara syukuran untuk tempat usaha baru tentunya akan ada banyak tamu yang diundang. Mulai dari kerabat, orang tua, teman, partner usaha dan tamu undangan lainnya. Dengan menentukan jumlah tamu yang akan diundang juga akan mudah untuk Anda dalam mengatur atau menyusun anggaran yang dipersiapkan.

  • Tentukan Prioritas

Saat mengadakan syukuran tentunya Anda harus menentukan prioritas yang sesuai dengan tujuan acara yang diadakan. Dengan menentukan prioritas tentunya anggara juga dapat diperkecil. Misalnya untuk acara syukuran hal yang diprioritaskan merupakan makanan, dengan begitu Anda bisa mengutamakan anggaran untuk konsumsi. Dengan begitu, anggaran untuk dekorasi dan bingkisan bisa dikurangi.

  • Perkirakan Biaya Anggaran

Tips syukuran tempat usaha berikutnya ialah memperkirakan harga. Memperkirakan anggaran merupakan suatu hal yang penting dalam mengadakan suatu acara syukuran. Dengan menyiapkan anggaran, Anda dapat memperhitungkan dan merencanakan jalannya acara yang akan di selenggarakan. Selain itu dengan menyusun anggaran juga akan meminimalisasi pengeluaran yang tidak diperlukan.

  • Pilih Jenis Konsumsi

Saat mengadakan acara syukuran tentunya makanan tak boleh dilewatkan. Syukuran sendiri biasanya diadakan dengan momen makan bersama. Maka dari itu, Anda harus mempertimbangkan jenis makanan mana yang sekiranya disukai oleh semua tamu yang diundang.

Untuk jenis makanan yang disukai, Anda dapat memilih nasi tumpeng kuning untuk salah satu alternatifnya. Selain disukai, nasi tumpeng juga dapat dijadikan sebagai simbolis pemotongan atas pembukaan usaha yang baru.

  • Dekorasi

Agar pengeluaran untuk syukuran tak perlu memakan banyak biaya, pilihlah jenis dekorasi yang sederhana. Anda bisa memilih balon dan berbagai jenis kain warna-warni untuk menghiasi dinding atau langit-langit tempat usaha.

Selain itu sekarang juga banyak jasa yang menawarkan berbagai dekorasi untuk menghiasi acara. Dengan begitu Anda bisa memilah-milah dekorasi sederhana seperti apa yang cocok dan hemat untuk acara syukuran yang akan diselenggarakan.

  • Survei

Setelah menyusun anggaran dan memperkirakan beberapa hal. Tips berikutnya yang dapat dilakukan ialah survei. Mulai dari dekorasi, bingkisan hingga jasa katering untuk menyiapkan hidangan syukuran. Dengan demikian Anda bisa memastikan bahwa semua hal tersebut sudah sesuai dengan yang diinginkan.

Bila ingin membuat acara syukuran tempat usaha, cobalah untuk mencoba berbagai menu tersebut untuk referensi acara yang akan disiapkan. Jangan lupa juga untuk mengikuti tips hemat mengenai hal yang harus dipersiapkan untuk membuat syukuran. Dengan mengikuti tips tersebut tentunya syukuran akan berjalan dengan lancar.

Untuk mencari jasa yang menyediakan jenis catering tumpeng dengan berbagai lauk-pauk dan sayuran yang nikmat, percayakan saja pada Royal Tumpeng. Hubungi CS kami di 0812.8760.8239 atau email ke order@royaltumpeng.com. Dengan menggunakan jasa tersebut, Anda tak perlu pusing mengenai bahan dan kualitas makanan yang disajikan.

[Total: 2 Average: 5]