Belajar Berbagai Kombinasi dan Cara Membuat Telur Suwir Balado yang Lezat

Cara Membuat Telur Suwir Balado yang Lezat – Kamu lagi bersantai dan nggak ada kerjaan? Perdalam ilmu memasak kamu dengan praktek berbagai cara membuat telur suwir balado yang lezat yuk! Gak akan nyesel karena rasanya enak banget loh!

1. Kalo udah biasa sama masakan balado yang biasa, cobain bikin ayam telur suwir balado kemangi dengan resep di bawah dijamin sukses dan lezat!

copyright by cateringsaroyatun.wordpress.com

Bahan:

  • 1 helai daun salam
  • 1 ikat kemangi ambil daunnya saja
  • 2 helai daun jeruk
  • 2 ruas jahe digeprek
  • 2 ruas lengkuas digeprek
  • 5 telur ayam rebus
  • 350 gr ayam goreng disuwir-suwir
  • Secukupnya garam, gula merah sisir dan kaldu ayam bubuk

Bumbu: (dihaluskan)

  • 1 ruas kunyit
  • 1 buah tomat merah
  • 3 buah cabe rawit merah
  • 3 butir kemiri
  • 4 siung bawang putih
  • 5 buah cabe jawa keriting
  • 6 biji bawang merah

Cara membuat:

  1. Tumislah bumbu yang sudah dihaluskan, tambahkan lengkuas, jahe, daun salam dan daun jeruk.
  2. Setelah harum, bubuhkan garam, gula dan kaldu bubuk lalu masukkan suwiran ayam dan telur rebus, aduk perlahan hingga rata.
  3. Masak sampai agak matang lalu masukkan daun kemangi, aduk sebentar dan matikan api. Angkat dan sajikand engan nasi putih hangat.

2. Bikin telur mata sapi ayam suwir balado yuk, selain mudah masaknya rasanya juga aduhai dan bikin mulut nggak mau berhenti makan.

copyright by resepmasakan54.blogspot.com

Bahan:

  • 5 butir telur ayam digoreng mata sapi
  • ½ kg daging ayam digoreng lalu disuwir-suwir
  • 6 biji tahu kotak digoreng setengah matang
  • Secukupnya garam, gula dan kaldu bubuk

Bumbu halus:

  • 1 buah tomat merah
  • 3 siung bawang putih
  • 5 buah bawang merah
  • 5 cabe rawit meraj
  • 15 buah cabe jawa merah

Cara membuat:

  1. Tumislah bumbu halus sampai harum lalu tambahkan garam, kaldu bubuk dan gula. Aduk rata.
  2. Masukkan ayam, telur dan tahu lalu aduk perlahan sambil diratakan. Setelah beberapa saat angkat dan sajikan.

3. Balado telur suwir sayap ayam kentang yang kaya protein cocok banget buat kamu dan keluarga yang suka masakan pedas

copyright by asri78..wordpress.com

Bahan:

  • ¼ kg kentang dikupas lalu potong dadu dan digoreng
  • 5 buah sayap ayam diberi garam dan irisan jahe lalu digoreng
  • 5 butir telur ayam digoreng mata sapi
  • Secukupnya garam, gula, merica bubu dan kaldu bubuk
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu Halus:

  • 3 siung bawang putih
  • 5 biji bawang merah
  • Masing-masing 15 buah cabe rawit merah dan cabe jawa hijau

Cara mengolah:

  1. Tumis bumbu yang dihaluskan sampai harum.
  2. Tambahkan garam, gula, kaldu bubuk serta merica bubuk, aduk rata.
  3. Masukkan telur, ayam dan kentang goreng lalu masak sampai bumbu meresap.
  4. Matikan api, angkat dan sajikan dengan taburan bawang goreng jika suka.

4. Balado telur suwir ati ampela ayam simple dan cocok banget dibikin sama kamu yang suka jeroan and pedes

copyright by bosresep.blogspot.com

Bahan:

  • ½ gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 2 biji ati ampela direbus dan digoreng sebentar
  • 3 butir telur mata sapi
  • 300 gr daging ayam goreng disuwir-suwir
  • Irisan cabe hijau sesuai selera

Bumbu: (dihaluskan)

  • 1 buah tomat merah
  • 2 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 3 buah cabe rawit merah
  • 5 buah cabe jawa merah

Cara mengolahnya:

  1. Tumis bumbu yang dihaluskan sampai harum lalu bubuhkan garam, gula dan irisan cabe hijau.
  2. Masukkan ati ampela yang sudah dipotong-potong, telur mata sapi dan daging ayam suwir. Aduk rata.
  3. Tuangkan sedikit air lalu masak sampai matang dan air menyusut.
  4. Angkat dan sajikan dengan nasi dan kerupuk jika suka.

5. Mengolah Balado Udang Telur Suwir Ayam Nggak Susah Lho! Simple Tapi Rasa Tetap Nomer Satu.

copyright by coretanharianratih.blogspot.com

Bahan:

  • 7 butir telur puyuh kukus
  • 10 siung bawang putih
  • 10 biji bawang merah
  • 10 cabe jawa merah (direbus dahulu)
  • 10 buah cabe rawit merah (direbus dahulu)
  • 200 gram daging dada ayam dipotong dadu lalu digoreng
  • 200 udang berukuran kecil dikupas lalu digoreng
  • Secukupnya air, garam, gula, minyak dan kaldu ayam bubuk

Cara mengolah:

  1. Haluskan bawang merah, bawang putih, dan cabe.
  2. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan tersebut sampai beraroma sedap.
  3. Lalu masukkan telur, ayam dan udang yang sudah digoreng dan aduk perlahan.
  4. Setelah beberapa saat, tuangkan air secukupnya lalu aduk sampai rata.
  5. Masak sampai kuah agak surut dan bumbu meresap.
  6. Matikan api, angkat dan sajikan balado dengan nasi hangat serta kerupuk.

Setelah tau berbagai kombinasi dan cara membuat telur suwir balado yang lezat yakin deh pasti banyak di antara kamu yang tertarik dan pengen buruan nyobain bikin balado. Selain mudah, telur dan berbagai bahan yang dikombinasikan di atas juga kaya protein yang bagus bagi tubuh lho! Selamat mencoba!

5/5 - (1 vote)
×