Cara Pembuatan Nasi Kuning

Cara Pembuatan Nasi Kuning – Nasi kuning memang masih menjadi salah satu hidangan yang banyak diminati orang. Rasanya yang gurih membuat nasi kuning cocok untuk dinikmati kapan saja dan siapa saja. Namun membuat nasi kuning memang membutuhkan waktu yang cukup lama.

Cara Pembuatan Nasi Kuning

Hal ini karena nasi kuning akan khas dengan makanan atau hidangan pelengkapnya berupa lauk pauk. Kebanyakan orang pada jaman dulu akan membuat nasi kuning dengan cara yang masih tradisional atau manual. Namun sekarang ini sudah jarang ditemukan yang membuat nasi kuning dengan cara seperti itu.

Kebanyakan sekarang akan menanak nasi menggunakan magic com yang lebih praktis. Untuk itu berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika ingin memasak nasi kuning dengan magic com.

Cara Pembuatan Nasi Kuning Lebih Cepat Dengan Magicom

  • Nasi kuning magic com bumbu ulek

Pertama adalah nasi kuning dengan bumbu ulek yang bisa Anda coba. Pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghaluskan bumbu halusnya yang terdiri dari kunyit, bawang putih, bawang merah dan juga jahe.

Selanjutnya bumbu halus tersebut ditambahkan dengan garam dan ditumis hingga harum. Untuk menambah aroma harumnya, bisa menambahkan lengkuas, daun salam, serai, dan juga daun jeruk.

Tambahkan air dan santan dengan perlahan dan daun pandan untuk menambah rasa harumnya. Masukkan beras pada magic com dan sedikit perasan jeruk nipis. Tunggu hingga nasi sudah matang dan sajikan dengan tambahan lauk lainnya selagi hangat.

  • Nasi kuning bumbu kare

Untuk Anda yang menyukai nasi dengan aroma atau cita rasa berupa kare, maka bisa menggunakan resep yang satu ini. Cara pembuatan nasi kuning mudah ini dengan menghaluskan semua bumbu seperti garam, bawang merah, kunyit, dan bawang putih.

Kemudian langsung masukkan beras yang sudah dibersihkan dan bumbu pada magic com. Tuangkan air kaldu secukupnya. Tambahkan daun pandan, serai, daun salam, daun jeruk dan masak hingga matang. Cara ini sangat mudah dan cepat jadi cocok untuk Anda yang baru belajar memasak nasi kuning.

  • Nasi kuning ayam mentega

Untuk Anda yang ingin menikmati nasi kuning dengan lauk berupa ayam maka bisa menggunakan resep berikut. Daging ayam dimarinasi terlebih dulu dengan bumbu selama 30 menit.

Tumis bumbu halus berupa bawang merah, bawang putih, daun jeruk dan juga kunyit. Haluskan dengan cara diulek bumbu lainnya dari bawang putih, bawang merah, garam, santan dan juga lada.

Masukkan bumbu halus yang sudah ditumis dan beras. Bumbu ulekan juga Anda tambahkan bersamaan dengan beras. Goreng ayam tadi hingga matang. Tumis cabai, tomat halus, bubuk kari, garam, dan juga bawang bombai.

Masukkan juga pasta tomat, krim masak, yogurt, lada hitam, dan daging ayam yang sudah digoreng. Sajikan ayam mentega tersebut dengan nasi kuning yang sudah matang.

  • Nasi kuning lemak

Pertama adalah dengan memasak kaldu ayam dengan tambahan berupa air, daun salam dan juga serai. Bersihkan beras hingga bersih dan masukkan dalam magic com bersamaan dengan bumbu yang sudah dihaluskan. Masak nasi kuning menggunakan magic com hingga matang. Jika sudah matang, Anda bisa menambahkannya dengan lauk pelengkap lainnya.

  • Nasi kuning sederhana

Nah untuk Anda yang lebih menyukai nasi kuning dengan rasa yang sederhana atau original saja, berikut adalah resep yang bisa Anda gunakan. Pertama adalah dengan menghaluskan bumbu halusnya yang terdiri dari bawang merah, jahe dan kunyit.

Rendam beras selama beberapa saat terlebih dulu sebelum dimasukkan pada magic com. Masukkan beras dan juga bumbu halus dan tambahan air secukupnya untuk memasak nasinya.

Tambahkan daun salam, serai dan juga daun pandan untuk menambah aroma dan cita rasanya. Masak nasi kuning hingga matang dan harum. Setelah matang bisa Anda aduk agar tidak terlalu menggumpal. Cara pembuatan nasi kuning cepat ini cocok untuk Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk memasaknya.

Tips Agar Hasil Nasi Kuning Jadi Pulen Dan Enak

Nasi kuning memang terkenal memiliki cita rasa yang gurih, enak dan pulen. Akan tetapi untuk bisa mendapatkan semua itu, ternyata ada tips yang perlu diperhatikan.

  • Santan yang masih segar dan dua kali masak

Guna menghasilkan nasi kuning dengan rasa yang enak namun tetap bisa tahan lama, maka Anda perlu memasaknya dengan sistem dua kali. Pertama adalah memasak nasinya hingga setengah matang terlebih dulu dengan santan dan bumbu halusnya. Untuk jenis santan yang digunakan juga sebaiknya adalah santan yang segar dan memiliki tingkat kekentalan sedang.

Hindari untuk menggunakan santan dengan jumlah yang terlalu banyak. Tujuannya agar hasil dari nasi kuning tidak terlalu lembek. Selanjutnya masak atau kukus kembali nasi kuning yang setengah matang tersebut. Masak hingga benar-benar matang dan pulen.

  • Nasi yang pulen

Cara pembuatan nasi kuning enak selanjutnya adalah pilihan beras yang digunakan. Jenis beras yang Anda gunakan akan berpengaruh untuk menghasilkan nasi kuning dengan rasa yang enak. Untuk itu pastikan jika jenis beras yang digunakan memang termasuk beras yang pulen.

  • Menggunakan api kecil

Mungkin beberapa orang akan berpikir untuk menggunakan api yang besar pada saat memasak beras dengan santan dan bumbu agar cepat selesai. Namun hal ini justru membuat aromanya tidak bisa keluar dengan sempurna. Selain itu hasilnya juga hanya akan gosong dan bukannya matang.

Untuk itu ketika Anda memasak beras dengan santan dan juga bumbunya, Anda bisa menggunakan api yang kecil. Dengan begitu aroma dari rempah dan bumbunya akan lebih keluar. Tunggu sampai santan mendidih dan aduk hingga santannya bisa meresap dengan sempurna.

  • Segera aduk saat matang

Tips yang selanjutnya adalah dengan mengaduk nasi kuning sesegera mungkin ketika sudah matang. Tujuannya agar semua uap yang ada pada sela-sela nasi bisa menyebar. Hal ini juga mengurangi resiko nasi yang lebih cepat basi. Selain itu untuk melihat juga apakah nasi sudah matang dengan merata atau belum.

  • Menyimpannya pada wadah kedap udara

Jika kebetulan ada nasi kuning yang masih tersisa, maka jangan buru-buru untuk membuangnya. Akan lebih baik jika Anda menyimpannya pada wadah yang tertutup. Hal ini karena nasi kuning tersebut masih bisa Anda konsumsi keesokan harinya. Cukup hangatkan kembali nasi kuningnya atau Anda juga bisa mengubahnya menjadi nasi kuning goreng.

  • Sedikit air jeruk

Ada beberapa orang yang setelah memasak nasi kuning hasilnya nasi menjadi mengkilap dan terlihat sangat enak. Hal tersebut juga bisa Anda lakukan dengan menggunakan sedikit perasan air jeruk.

Pada saat Anda merendam beras, sedikit berikan perasan jeruk nipis arau lemon. Cara pembuatan nasi kuning dengan tambahan lemon ini juga mengurangi bau kunyit yang mungkin kurang Anda sukai.

Jika Anda terlalu sibuk dan tidak ingin repot dengan membuat nasi kuning sendiri, maka lebih baik pesan melalui Royal Tumpeng saja. Terutama untuk Anda yang menyelenggarakan berbagai acara. Hubungi CS kami di 0812.8760.8239 atau email ke order@royaltumpeng.com.

[Total: 1 Average: 5]