Pesan Nasi Liwet di Bekasi

Pesan Nasi Liwet di Bekasi – Nasi liwet daun pisang merupakan salah satu hidangan yang tengah digandrungi oleh masyarakat. Banyak postingan di Instagram yang mengabadikan bagaimana serunya menyantap hidangan khas Sunda ini. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai nasi liwet daun yang sedang ngetren beserta dengan resep sederhana nasi liwet yang lezat.

Pesan Nasi Liwet di Bekasi

Nasi liwet merupakan nasi yang dimasak beserta dengan bumbu khas, seperti bawang merah, bawang putih, daun salam, dan beberapa bumbu lainnya. Bumbu yang dimasukkan ke dalamnya tergantung pada daerah masing-masing. Nasi liwet ini biasa dihidangkan beserta dengan lauk pauk, sayuran atau lalapan, dan sambal.

Berdasarkan sejarahnya, nasi liwet merupakan hidangan yang sering disantap secara bersama-sama. Dalam Bahasa Sunda, istilah makan bersama-sama disebut dengan Botram. Mengapa nasi liwet sering disajikan untuk botram? Karena apabila disantap secara bersama-sama hidangan nasi liwet yang memiliki menu sederhana akan terasa lebih lezat dan nikmat. Penyajian nasi liwet juga terbilang unik, lho, yakni disajikan di atas hamparan daun pisang.

Penggemar nasi liwet ternyata mencakup semua kalangan. Mulai dari masyarakat biasa, pekerja kantoran, selebriti, hingga para petinggi negara. Selain rasanya yang lezat, nasi liwet yang kaya akan serat dan sehat juga menjadi salah satu alasan kenapa banyak orang yang menyukai hidangan Sunda ini. Bagi Anda yang merupakan masyarakat perkotaan pasti sudah bosan dengan hidangan fastfood bukan? Nah, maka dari itu, nasi liwet daun pisang dapat menjadi salah satu rekomendasi menarik untuk dijadikan sebagai hidangan dalam berbagai acara. Selain itu, rasa kebersamaan dan kekeluargaan juga akan lebih hangat karena disantap secara bersama-sama tanpa ada piring yang memisahkan diantara kita, yaa.

Resep Nasi Liwet Sederhana dan Lezat

Cara membuat nasi liwet sangatlah mudah, bahkan Anda juga dapat mencobanya di rumah hanya dengan menggunakan alat penanak nasi atau rice cooker. Pertama, siapkan beberapa bahan dasar, seperti:

  • 1 liter beras
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bwang putih
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang sereh
  • Beberapa cabai, sesuai dengan tingkat kepedasan yang Anda inginkan
  • Lada dan merica
  • 2 lembar daun jeruk (opsional sesuai dengan selera)
  • Air secukupnya

Langkah-langkah pembuatannya adalah sebagai berikut:

  • Cuci beras hingga bersih kemudian tambahkan air pada panci. Takaran air yang dimasukkan lebih banyak dari memasak nasi biasa, ya.
  • Bersihkan juga beberapa bahan lainnya dengan air bersih sehingga tidak ada lagi tanah yang menempel.
  • Bawang merah, bawang putih, dan cabai diiris atau diulek, sesuai dengan selera Anda. Batang sereh di geprek secara kasar. Kemudian tumis bahan tersebut hingga harum.
  • Masukkan tumisan bumbu ke dalam panci yang berisi beras dan air. Kemudian tambahkan garam, lada dan merica, kaldu bubuk, batang sereh, daun salam, daun jeruk, dan cabe rawit.
  • Masak hingga nasi matang. Tunggu beberapa menit lalu nasi liwet siap untuk dihidangkan.

Kombinasi Lauk Pauk dalam Nasi Liwet

Menyantap nasi liwet dengan lauk sederhana seperti ikan asin, lalapan dan sambal saja sudah lezat dan nikmat sekali, apalagi ditambah dengan kombinasi lauk pauk yang sehat dan kaya akan serat dan vitamin. Nah, berikut ini beberapa kombinasi lauk pauk dan sayuran yang sering dijadikan pelengkap dalam hidangan nasi liwet khas Sunda.

  • Lauk Pauk Utama

Sumber protein yang bisa Anda dapatkan dari lauk pauk utama nasi liwet diantaranya adalah ayam goreng, ikan kembung goreng, ikan peda merah, ikan asin jambal roti, tumis cumi, sate ayam atau sapi, dan sambal goreng ati atau daging plus petai.

  • Lauk Pauk Tambahan

Selain sumber protein hewani yang bisa Anda dapatkan dari lauk pauk di atas, Anda juga bisa mendapatkan sumber protein nabati dari lauk pauk tambahan lainnya. Beberapa lauk pauk tambahan tersebut adalah tempe dan tahu goreng, tempe dan tahu bacem, tempe oreg bakwan jagung dan perkedel jagung.

  • Sayur Mayur

Beberapa sayur mayur yang biasa turut serta dihidangkan dalam melengkapi hidangan nasi liwet diantaranya, oseng kacang panjang, teri kacang, karedok, tumis kangkung, sayur asam, sayur lodeh, dan semur jengkol.

  • Lalapan dan Sambal

Tidak akan lengkap rasanya apabila nasi liwet tidak dihidangkan bersama dengan lalapan dan sambal. Kedua komponen inilah yang wajib tersedia. Lalapan yang biasa disajikan berupa selada, irisan timun segar, terong hijau bulat, dan rebusan daun kubis hijau. Jodohnya lalapan-lalapan tersebut adalah sambal terasi. Walaupun memiliki aroma yang sedikit tidak sedap, namun rasanya dijamin membuat Anda ingin menambah porsi makanan Anda. Selain itu, tidak lupa juga dihidangkan kerupuk bulat putih sebagai pelengkap.

Hidangan nasi liwet daun pisang biasanya dapat Anda temui di beberapa restoran yang mengusung tema tradisional ataupun semi tradisional. Namun kini, nasi liwet daun pisang juga bisa Anda pesan dari jasa catering, lho. Pesanan pun dapat dikirim langsung ke lokasi Anda.

Nah, bagi Anda yang berdomisili di wilayah Bekasi dan sekitarnya dan penasaran ingin mencicipi nasi liwet daun pisang, tidak usah khawatir. Melalui Royal Tumpeng Anda bisa pesan nasi liwet di Bekasi. Tidak hanya paket nasi liwet daun pisang, katering ini menyediakan berbagai hidangan makanan untuk acara-cara tertentu. Mulai dari Nasi Tumpeng, Nasi Box, Prasmanan hingga Snack Box. Anda dijamin tidak akan kecewa dengan rasa hidangan makanannya. Anda bisa mendapatkan Paket Nasi Liwet Daun Pisang mulai dari harga Rp 1.000.000,- untuk 20 porsi. Royal Tumpeng juga menyediakan layanan delivery untuk Jadetabek, lho, dengan biaya ongkos kirim Rp 70.000,- saja.

Sending
User Rating 5 (2 votes)