Harga Nasi Liwet Daun Pisang

Harga Nasi Liwet Daun Pisang – Saat ini sangat mudah mencari nasi liwet, apalagi harga nasi liwet daun pisang sangat terjangkau sehingga bisa Anda  coba membelinya. Tentunya sebagai masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi dengan nasi liwet dimana nasi ini tidak hanya terkenal di Pulau Jawa saja namun hingga luar Jawa, hal ini tentunya tidak terlepas dari cita rasa dari nasi ini sehingga sangat disarankan untuk anda mencobanya.

Menu Nasi Liwet RT

Namun walaupun nasi liwet sudah tidak asing lagi oleh masyarakat namun masih banyak masyarakat yang belum mengetahui seluk beluk dari nasi ini. Padahal ada cerita dan sejarah yang panjang dari makanan ini, oleh sebab itu Anda wajib mengetahuinya mengingat nasi liwet tidak hanya sekedar makanan yang enak saja.

Sejarah Nasi Liwet

Selain mengetahui harga nasi liwet daun pisang maka Anda harus mengetahui sejarah dari masakan ini, nasi liwet sendiri merupakan produk asli dari kaum pribumi pada saat ini. Sebab pada zaman dahulu Gusti Pangeran sangat menyukai nasi samin, namun masyarakat pada saat itu tidak bisa membuat nasi samin. Oleh sebab itu sebagai gantinya mereka membuat nasi yang menyerupai nasi samin yaitu nasi liwet. Berdasarkan Serat Centhini, nasi liwet juga dihadirkan apabila terdapat guncangan gempa. Nasi ini dihadirkan bersamaan dengan doa yang dibacakan untuk mendatangkan keselamatan. Jadi hal ini menunjukkan bahwa nasi liwet telah ada sejak zaman dahulu bahkan sudah dikonsumsi oleh raja, tidak heran jika nasi ini terus menyebar keseluruh penjuru Indonesia karena rasanya yang unik.

Jenis-jenis Nasi Liwet

Nasi liwet sendiri memiliki beberapa jenis, yaitu nasi liwet Jawa dan nasi liwet Sunda. Tentunya nasi liwet Jawa berasal dari Solo, tentunya terdapat beberapa perbedaan mengenai nasi liwet Jawa dan Sunda. Walaupun memiliki perbedaan namun rasa dari kedua nasi ini tidak kalah menarik dimana sama-sama enak, munculnya nasi liwet Sunda sendiri dikarenakan nasi ini digunakan untuk bekal orang yang akan bekerja di perkebunan sedangkan nasi liwet Jawa sendiri muncul dikarenakan sejak awal orang-orang Jawa menjual nasi ini untuk dikonsumsi. Tidak heran jika daerah Solo khususnya menjadi pusat penjualan nasi liwet mengingat daerah tersebut merupakan tempat awal munculnya nasi liwet. Oleh sebab itu apabila Anda berkunjung ke Solo maupun daerah Jawa Barat maka wajib mencoba nasi liwetnya karena dapat menggoyang lidah Anda.

Perbedaan Antara Nasi Liwet Jawa dan Sunda

Tentunya walaupun sama-sama nasi liwet, namun terdapat beberapa perbedaan antara kedua nasi ini. Hal ini tentunya wajib Anda ketahui agar bisa memasak dengan benar, mengingat cara memasak dari kedua nasi ini berbeda walaupun sama-sama merupakan nasi liwet. Berikut beberapa perbedaan nasi liwet Jawa dan Sunda.

1. Cara memasak

Salah satu hal yang membedakan antara nasi liwet Jawa dan Sunda adalah proses memasaknya, dimana nasi liwet Jawa menggunakan santan ketika akan memasak berasnya. Hal ini tentunya akan memberikan pengaruh yang besar terhadap rasa dari nasi tersebut, namun berbeda dengan nasi liwet khas Sunda. Sebab nasi liwet khas Sunda tidak menggunakan santan namun menggunakan bumbu seperti garam, bawang merah, bawang putih, sereh, lengkuas, caia, santan, minyak kelapa, dan ikan asin yang akan ditambahkan ketika akan memasak nasi nanti. Hal ini tentunya membuat nasi liwet Sunda tidak kalah menarik dari nasi liwet Jawa.

2. Penyajian

Untuk penyajian juga terdapat perbedaan antara nasi ini, dimana nasi liwet Jawa akan disajikan dengan lauk berupa ayam opor, sambal goreng jipang dan areh. Namun untuk nasi liwet Sunda akan disajikan dengan ikan peda merah, ikan kembung, dan ikan asin. Oleh sebab itu apabila Anda ingin memasak nasi liwet harus mengetahui jenis nasi liwet mana yang akan dimasak.

Tradisi Makan Nasi Liwet di Atas Daun Pisang

Terlepas dari jenisnya, kini sudah banyak orang yang menikmati nasi liwet di atas daun pisang. Nantinya nasi ini akan dimakan beramai-ramai, mengingat daun pisang yang panjang dapat menampung banyak nasi. Pastinya Anda penasaran darimana tradisi makan nasi liwet seperti ini, proses penyajian ini tentunya tidak terlepas dari pengaruh Islam pada pesantren zaman dahulu. Sebab kebiasaan makan yang disusun memanjang merupakan variasi dari slametan, tentunya cara ini ada setelah adanya agama Islam dimana sudah ada pada semua pesantren di Jawa. Apalagi makan nasi liwet di atas daun pisang juga semakin menambah kenikmatan sehingga wajib Anda coba bersama dengan teman dan keluarga.

Pesan Nasi Liwet Gelaran Untuk Acara

Alasan Mengapa Harus Mencoba Nasi Liwet di Atas Daun Pisang

Tentunya terdapat beberapa alasan mengapa Anda harus mencoba nasi liwet di atas daun pisang, sehingga tidak boleh untuk Anda lewatkan.

1. Merupakan pertanda dari kebersamaan

Karena akan makan bersama-sama dengan teman tentunya makan nasi liwet di atas daun pisang menandakan kebersamaan. Oleh sebab itu sangat cocok mengkonsumsi nasi ini ketika berkumpul bersama dengan teman, apalagi sudah banyak sekali penjual nasi liwet yang menyajikan bersama dengan daun pisang.

2. Dapat menjalin silaturahmi

Karena makan bersama tentunya Anda bisa menjalin silaturahmi jika makan nasi liwet secara bersama, hal ini tentunya juga dapat membuat Anda menjadi lebih kompak. Jadi sangat pas jika Anda yang sedang melakukan acara bersama kantor maka cocok mencoba cara makan seperti ini, apalagi harga nasi liwet daun pisang sangat murah dan terjangkau.

Hubungi Royal Tumpeng untuk pemesanan nasi liwet untuk acara Anda, siap antar se-Jabodetabek. Hubungi kami sekarang!

5/5 - (20 votes)
×