Harga Nasi Tumpeng di Jakarta Terbaru 2019

Harga Nasi Tumpeng di Jakarta – Nasi tumpeng adalah salah satu jenis kuliner khas dari Indonesia. Bahkan pada tahun 2013 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi menobatkan nasi tumpeng dalam 30 daftar makanan yang mencerminkan makanan tradisional masyarakat Indonesia. Nasi tumpeng ini biasanya dibuat untuk acara syukuran, nah untuk anda yang tidak mau repot-repot membuat nasi tumpeng anda bisa menggunakan jasa catering, yuk simak ulasan mengenai harga nasi tumpeng di Jakarta berikut ini.

Harga Nasi Tumpeng di Jakarta

Harga Nasi Tumpeng di Jakarta

Makna dari Lauk Pauk Nasi Tumpeng

  1. Nasi Berbentuk Kerucut

Nasi tumpeng identik dengan bentuknya yang kerucut, siapa sangka dari bentuk kerucut ini menyimpan harapan agar kehidupan dapat berjalan dengan sejahtera. Pembuatan nasi tumpeng ini sama dengan pembuatan nasi uduk pada umumnya. Nasi tumpeng ini memiliki dua warna, yang pertama nasi tumpeng dengan warna putih yang memiliki arti suci, biasanya nasi tumpeng dengan warna ini digunakan untuk acara keagamaan. Sedangkan nasi tumpeng dengan warna kuning memiliki arti kekayaan, kesejahteraan dan rizki yang berlimpah.

  1. Ikan

Nasi tumpeng merupakan merupakan warisan asli yang berasal dari Indonesia yang hingga saat ini terus dilestarikan sebagai ungkapan rasa syukur. Jika zaman dahulu nasi tumpeng ย menggunakan ikan lele sebagai lauk pauknya, pada zaman sekarang sudah dimodifikasi menggunakan dengan ikan teri atau ikan asin.

Penggunaan ikan lele pada zaman dahulu juga memiliki makna yang terkandung di dalamnya yakni sifat ulet untuk mendalami hidup dan memiliki sifat yang tabah. Jadi lauk ikan lele pada nasi tumpeng mencerminkan seseorang yang bisa menghadapi kesulitan dari kehidupan yang keras. Hal ini terbukti jika ikan lele bisa hidup dalam beberapa jenis air. Sedangkan makna untuk ikan teri dan ikan asin sendiri memiliki arti kerukunan dan kebersamaan, karena kedua jenis ikan ini bisa hidup berdampingan.

  1. Ayam

Jenis lauk pauk yang terdapat dalam nasi tumpeng selanjutnya adalah ayam. Biasanya ayam yang digunakan tidak boleh sembarang ayam, jenis ayam yang digunakan haruslah ayam jago yang utuh dan dimasak dengan bumbu kuning dan santan kental.

Untuk makna penggunaan ayam jago pada nasi tumpeng ini mempunyai makna untuk menyembah kepada Tuhan dengan cara yang khusyuk. Hal ini mempunyai filosofi agar manusia bisa mendapatkan ketenangan dan mampu mengendalikan diri.

  1. Sayuran

Nasi tumpeng dengan lauk pauk yang lengkap, pastilah menggunakan sayuran urap. Sayuran yang digunakan yakni kangkung, bayam, toge, kacang panjang, kemudian dibumbui dengan parutan kelapa yang sudah diberi bumbu seperti bawang putih, bawang merah, kencur dan cabe. Bahan-bahan ini harus direbus terlebih dahulu.

Sayur-sayuran yang terdapat pada nasi tumpeng ini juga memiliki makna masing-masing. Bayam memiliki arti memberikan ketentraman dan keamanan. Kangkung untuk melindungi. Kacang panjang berarti mampu berpikir jauh kedepannya. Toge berarti tumbuh. Sedangkan cabai merah memiliki arti api yang digunakan sebagai penerang sebuah kehidupan agar memperoleh manfaat. Bawang merah berarti manusia mampu ย mempertimbangkan antara baik dan buruknya sesuatu. Sedangkan bumbu urap juga mempunyai makna seorang kepala keluarga yang mampu menafkahi keluarganya.

  1. Telur Rebus

Lauk pauk yang terdapat dalam nasi tumpeng selanjutnya adalah telur, telur yang digunakan adalah telur rebus yang utuh. Telur rebus yang masih utuh memiliki makna seseorang manusia haruslah bekerja secara teliti, tepat, terencana dan bisa menyelesaikan hingga batas waktu.

Cara Memilih Catering Nasi Tumpeng yang Bagus dan Tepat

  1. Mencari atau Meminta Rekomendasi

Untuk mendapatkan harga nasi tumpeng di Jakarta yang sesuai dengan kebutuhan, anda sebaiknya meminta rekomendasi catering nasi tumpeng yang sudah terpercaya dari teman atau saudara anda. hal ini dilakukan untuk lebih menghemat waktu dan acara juga dapat berjalan dengan lancar. Selain meminta rekomendasi anda juga bisa melihat review dari orang-orang sudah pernah menggunakan jasa catering tersebut.

  1. Menyesuaikan dengan Dana

Nasi tumpeng memang terkenal akan banyaknya varian lauknya, hal ini membuat harganya menjadi mahal. Untuk mencukupkan anggaran dana, anda bisa memilih lauk yang kiranya pas pada anggaran keuangan anda.

Cara Pemesanan

Untuk anda yang tidak mau repot-repot memasak nasi tumpeng dengan berbagai varian lauk. Anda bisa menggunakan jasa catering. Cara memesannya anda bisa lewat telepon atau bisa datang ke tempat catering langsung, usahakan jangka waktu memesan minimal H-3 atau H-1, hal ini untuk mengantisipasi agar pesanan nasi tumpeng anda bisa tersedia.

Metode Pembayaran

Untuk memudahkan para pelanggannya anda bisa melakukan pembayaran dengan sistem transfer DP terlebih dahulu. Untuk pelunasan pembayaran bisa anda lakukan setelah pesanan diterima dengan baik. Anda juga bisa langsung melakukan pembayaran secara cash, hal ini akan membuat pelayanan secara maksimal dari pihak catering.

Metode Pengiriman

Untuk pengiriman catering nasi tumpeng. Anda tidak perlu khawatir karena salah satu layanan dari catering adalah memastikan jika pesanan bisa sampai tujuan dengan selamat tanpa kurang suatu apapun. Dengan kurir yang dijamin berpengalaman, pesanan anda bisa dikirim ke seluruh wilayah Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi.

Harga Nasi Tumpeng

Nasi tumpeng memiliki ย banyak jenis lauk yaitu, ayam jago utuh dengan bumbu kuning ayam goreng krispi perkedel kentang, abon sapi, serundeng, kering tempe dan telur dadar iris atau telur utuh, dan sayuran urap. Untuk harganya anda bisa konsultasikan terlebih dahulu kepada pihak catering sebelum melakukan pemesanan, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi agar biaya anda cukup untuk memesan nasi tumpeng. Demikianlah ulasan mengenai harga nasi tumpeng di Jakarta semoga dapat bermanfaat.

Sending
User Rating 5 (1 vote)