Membuat Tumpeng Putih Spesial dari Resep Sederhana

Resep Nasi Tumpeng Putih | Selain identik dengan bentuk kerucut, tumpeng juga dikenal dengan warna kuningnya. Namun, dalam beberapa kesempatan, Anda akan mendapati tumpeng berwarna putih. Meski begitu, masih banyak orang yang mencari resep nasi tumpeng putih untuk dipraktikan. Umumnya, tumpeng putih tersebut akan disandingkan dengan tumpeng warna lain. Misalnya, tumpeng merah-putih untuk perayaan HUT Indonesia pada tanggal 17 Agustus.

Resep Nasi Tumpeng Putih

Sebenarnya, resep untuk tumpeng putih tidak terlalu berbeda dengan tumpeng kuning. Satu-satunya perbedaan adalah tidak adanya bumbu kuning untuk mewarnai nasinya. Walau demikian, Anda tidak boleh mengabaikan cita rasa dan aroma dari nasi tersebut, karena tumpeng pun dikenal dengan wangi nasinya yang menggugah. Lantas, mari kita simak bahan dan langkah pada resep nasi tumpeng putih di bawah ini.

Resep Nasi Tumpeng Untuk 8 Orang

Untuk porsi delapan orang, siapkan beras putih sebanyak 750 gram dan beras ketan sebanyak 100 gram yang sudah dicuci bersih. Kemudian, masukkan ke dalam panci untuk dikukus sampai menjadi aron. Sambil menunggu, Anda dapat mencampurkan santan dengan daun salam, pandan, serai, dan garam untuk dimasak hingga matang. Kemudian, masukkan santan ke dalam beras aron dan aduk hingga beras di dalam panci menyerap santan tersebut.

Selanjutnya, pindahkan beras aron tadi ke dalam periuk besar untuk kemudian direbus selama kurang lebih setengah jam. Sambil menunggu nasi matang, persiapkan cetakan dari stainless steel atau daun pisang yang bagian dalamnya dilumuri minyak sayur supaya tidak lengket. Setelah nasi masak dengan sempurna, pindahkan ke wadah besar untuk selanjutnya dimasukkan ke dalam cetakan.

Supaya tumpeng putih Anda memadat dan tidak rubuh, masukkan nasi sedikit demi sedikit ke dalam cetakkan dan tekan sampai tidak ada ruangan kosong. Agar bentuk kerucutnya awet, bungkus tumpeng tersebut dengan plastik atau daun pisang supaya permukannya tidak cepat kering. Setelah tumpeng Anda selesai, tambahkan hiasan pelengkap seperti ayam goreng, telur, tempe goreng, atau urap sayur. Selain membuatnya dari resep nasi tumpeng putih, Anda juga bisa memesan tumpeng ke RoyalTumpeng.com.

post
×