Nasi Tumpeng di Jakarta Utara

Nasi Tumpeng di Jakarta Utara | Adalah tempat tepat pemesanan nasi tumpeng untuk berbagai acara. Nasi yang dibentuk kerucut dengan dilengkapi lauk pauk ini sering disebut dengan tumpeng. Susunan dan bentuk nasi tumpeng merupakan lambang dari kemakmuran, kesejahteraan, dan harapan. Hal itulah yang membuat nasi tumpeng sering ditampilkan dalam acara syukuran.

Nasi Tumpeng di Jakarta Utara

Bentuk Nasi Tumpeng dan Artinya

Bentuk nasi tumpeng yang menyerupai gunung ini terinspirasi dari kondisi geografis pulau jawa yang memiliki banyak gunung berapi. Hal ini dipengaruhi oleh kepercayaan Hindu. Contohnya, pada jaman dahulu, gunung Mahameru dipercaya sebagai tempat bersemayamnya para dewa dewi.

Umumnya, nasi tumpeng terbuat dari nasi kuning. Namun, Anda juga dapat membuat nasi tumbeng dengan nasi putih biasa atau nasi uduk. Biasanya, tumpeng diletakkan pada tampah atau wadah beranyaman yang dialasi dengan daun pisang agar lebih cantik dan menarik. Tumpeng dilengkapi dengan berbagai macam lauk pauk dan lalapan.

Susunannya merupakan diversifikasi pangan yang terbagi oleh kelengkapan, keseimbangan, dan kelezatan menu. Dengan lengkapnya makanan pokok beserta lauk pauknya, Anda dapat merasakan kesejahteraan spiritual yang tergambar dalam nasi tumpeng jakarta utara tersebut.

Makna Baik Makanan Dalam Nasi Tumpeng

Jika Anda menambahkan sayuran seperti tauge, hal itu melambangkan sebuah kesuburan dan kemakmuran. Dengan begitu Anda memiliki harapan besar untuk meraih kemakmuran dikehidupan mendatang. Kacang panjang merupakan symbol dari panjang umur. Harapan untuk memiliki umur panjang guna meraih cita-cita dan berguna bagi orang lain dapat Anda lambangkan dengan kacang panjang ini. Untuk melambangkan sikap fleksibel sehingga mudah bergaul dengan orang lain, kangkung adalah sayuran tepat untuk pelengkap nasi tumpeng jakarta utara.

Tumpeng telah ditetapkan sebagai ikon kuliner khas Indonesia oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Oleh sebab itu, tak jarang jika makanan yang satu ini selalu ada dalam upacara tradisional seperti tujuh bulanan, ulang tahun, kelahiran bayi, pernikahan, dan sunatan. Saat ini, desain nasi tumpeng di jakarta utara oleh Royal Tumpeng sangat bervariatif dilengkapi dengan berbagai macam lauk pauk bergizi dan sayuran yang kaya akan vitamin.