Nasi Tumpeng Jakarta Utara

Nasi Tumpeng Jakarta Utara

Nasi Tumpeng Jakarta Utara | Nasi Tumpeng merupakan makanan tradisi turun menurun yang biasa digunakan untuk upacara atau acara kenduri. Nasi tumpeng memiliki lauk pauk yang beraneka ragam. Namun ternyata beberapa lauk pauk tersebut tidak sembarang saja dibuat, melainkan ada makna dibaliknya. Nasi Tumpeng Jakarta Utara juga ingin memaparkan secara singkat, arti dari lauk pauk yang biasa digunakan untuk nasi tumpeng jaman dahulu.

Arti / Makna Lauk Pauk pada Nasi Tumpeng :

  • Ayam

Biasanya ayam dimasak dengan bumbu kuning kemudian diberi santan, yang merupakan simbol dari menyembah Tuhan dengan suasana khusyuk dan hati yang tenang. Kemudian symbol membelih ayam terutama ayam jago adalah untuk menghindari sifat-sifat buruk dalam diri.

  • Ikan lele

Dahulu ikan yang sering digunakan adalah ikan lele, karena ikan lele hidup di dalam air yang tidak mengalir, merupakan symbol ketabahan serta keuletan dalam menjalani hidup.

  • Ikan teri

Ikan teri dapat digoreng dengan atau tanpa tepung. Ikan teri hidup di laut dengan bergerombol yang memberi simbol hidup yang selalu rukun dan dapat bekerja sama.

  • Telur

Dimasak dengan cara dipindang, dan disajikan dalam keadaan utuh. Sehingga untuk memakannya harus dikupas terlebih dahulu. Melambangkan dalam hidup harus dari ada perencanaan kemudian proses sampai diperoleh hasil yang baik.

  • Sayuran dan urap

Sayuran yang digunakan seperti kangkung, bayam, kacang panjang, dan lain sebagainya. Memiliki arti agar hidup tumbuh menjadi lebih baik, tentram, tecapai keinginannya.

Namun saat ini Nasi Tumpeng Jakarta Utara di Royal Tumpeng hanya menggunakan beberapa menu diatas, tetapi ditambah dengan lauk pauk lain seperti abon sapi, sambel goreng kentang, perkedel, kerupuk, sambal. Hal tersebut bertujuan agar para penikmat nasi tumpeng juga betul-betul dapat menikmati nasi tumpeng yang mereka pesan.

Nasi Tumpeng Jakarta Utara kini semakin dicari banyak orang. Untuk mengadakan acara syukuran atau ulang tahun, mereka lebih menyukai dengan memesan nasi tumpeng. Karena dapat mencakup banyak orang dengan 1 buah tumpeng saja.