Pesan Nasi Tumpeng Bungur

Pesan Nasi Tumpeng Bungur – Nasi tumpeng untuk sebagian masyarakat Jawa, Madura dan bali merupakan hidangan yang sangat umum digunakan. Hidangan ini memungkinkan agar nasinya bisa dibentuk menjadi kerucut dengan cetakan. Selanjutnya akan ditata berbagai macam lauk-pauk dan juga sayuran di bagian pinggirnya seperti mengelilingi nasi tumpeng tersebut.

Nasi Tumpeng untuk Segala Acara

Biasanya nasi tumpeng tersebut disuguhkan ketika ada acara tertentu seperti acara keagamaan, tasyakuran, ulang tahun, pernikahan, sunatan atau acara penting lainnya. Kata tumpeng sendiri berasal dari kata dalam bahasa Jawa yaitu yen metu kudu sing mempeng. Dalam hal ini berarti jika keluar harus sungguh-sungguh.

Hal inilah yang membuat nasi tumpeng umum digunakan ketika ada acara yang penting atau acara khusus. Nasi tumpeng sendiri memiliki makna yang penting dimana setiap komponen yang ada menunjukkan rasa syukur dan kebesaran Tuhan.

Banyak orang yang salah mengartikan kalau cara untuk menyantap nasi tumpeng adalah dengan memotong bagian ujungnya dan diberikan untuk orang yang memiliki acara. Padahal dalam adat masyarakat Jawa kuno, puncak nasi tumpeng tersebut tidak dipotong. Selain itu daun pisang yang ada di bagian atas tumpeng juga tidak diambil. Cara untuk menyantap atau mengambil hidangan nasi tumpeng adalah dengan mengeruk bagian bawah atau pinggir nasi tumpeng tersebut.

Hal ini dikarenakan jika puncak tersebut dipotong maka bisa bermakna simbol rumah suci akan lepas dari ikatan batin yang akan dijalin pada Tuhan dan leluhur. Kerukan yang pertama akan diberikan pada tetua atau orang yang paling dituakan diacara tersebut. Ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan pada orang yang lebih tua.

Infografik Pemesanan Nasi Tumpeng

Contoh Lauk Pesan Nasi Tumpeng Bungur dan Maknanya

Dalam membuat nasi tumpeng sendiri, biasanya menggunakan 7 jenis menu atau lauk pauk. Dalam bahasa Jawa angka tujuh sama dengan pitu yang artinya juga bisa pitulungan atau pertolongan.

Berikut adalah beberapa makna dari adanya menu dan bentuk nasi tumpeng yang unik:

  1. Ayam

Setiap Anda memesan nasi tumpeng pasti akan ada menu berupa ayam. Ayam tersebut bisa diolah menjadi berbagai macam jenis menu masakan. Namun untuk beberapa daerah ada yang khusus menggunakan ayam jantan. Ayam jantan yang dipilih tersebut memiliki makna berupa tunduknya hawa nafsu pada kebaikan.

Biasanya jika menggunakan ayam jantan maka akan diolah menjadi ayam ingkung dimana ayamnya akan dibiarkan utuh. Ayam akan dimasak dengan cara marinasi kemudian akan diasap atau dipanggang dan disiram dengan kuah aren. Sehingga rasanya akan gurih dan manis.

  1. Nasi yang berbentuk kerucut

Jika Anda pesan nasi tumpeng Bungur online, bentuk nasi kuning sudah pasti akan dibentuk menjadi kerucut. Bentuk kerucut ini memang sudah menjadi ciri khas dari adanya nasi tumpeng. Bentuk yang kerucut tersebut bermakna permohonan pada Tuhan, sedangkan nasi yang digunakan sebagai bentuk atau wujud dari kehidupan.

Untuk warna kuning yang digunakan memiliki lambang berupa kesucian, harapan, kegembiraan, dan juga kemuliaan. Itulah mengapa banyak tumpeng yang digunakan dalam acara syukuran karena memang melambangkan rasa syukur dan rasa gembira dengan rezeki yang sudah diberikan.

  1. Ikan teri

Ikan teri biasanya hidup dengan cara bergerombol dan hal ini memberikan simbol atau makna berupa rasa kerukunan dan kebersamaan.Ā  Dalam menu nasi tumpeng, biasanya ikan teri akan diolah sebagai sambal ikan teri dengan tambahan berupa kacang tanah. Jika Anda pesan nasi tumpeng biasanya akan diperbolehkan untuk memilih jenis menu sambal atau olahan ikan teri.

  1. Telur

Pada menu pesan nasi tumpeng Bungur terbaik biasanya akan ada menu berupa telur. Telur yang digunakan bisa telur dadar, telur bumbu balado dan lainnya. Namun beberapa daerah menggunakan telur yang hanya direbus saja. Telur tersebut kemudian akan disajikan dengan kulitnya yang masih utuh.

Jadi ketika menyantapnya harus dikupas terlebih dahulu. Hal ini memiliki makna bahwa jika kita menginginkan sesuatu harus dilakukan dengan usaha terlebih dahulu agar hasilnya juga bisa sesuai dengan harapan.

  1. Tempe

Tempe yang sering dijumpai pada menu nasi tumpeng ternyata juga memiliki makna yang cukup dalam. Tempe tersebut bermakna agar manusia bisa terhindar dari rasa sombong. Hal ini diumpamakan dengan tempe yang merupakan makanan dari orang biasa namun memiliki berbagai macam manfaat yang bagus. Biasanya tempe akan diolah menjadi beberapa menu seperti orek tempe, sambal goreng tempe dengan kentang dan lain sebagainya.

  1. Cabai merah

Hiasan berupa cabai merah yang biasanya dibentuk menjadi bunga ternyata juga memiliki simbol atau arti pada nasi tumpeng. Cabai merah tersebut disimbolkan dengan api dimana akan memberikan banyak manfaat untuk orang lain dan juga sebagai sumber penerangan. Ketika Anda pesan nasi tumpeng Bungur murah juga bisa meminta untuk menggunakan hiasan berupa cabai merah.

  1. Sayur urap

Nasi tumpeng tidak akan lengkap rasanya tanpa adanya menu berupa sayur urap. Sayur ini merupakan campuran dari berbagai macam jenis sayuran seperti bayam, kangkung, kacang panjang dan taoge.

Semua sayuran yang sudah dimasak terlebih dahulu tersebut kemudian akan di campur dengan bumbu dari parutan kelapa dan berbagai macam rempah-rempah lainnya. Sensasi yang diberikan dari nasi tumpeng dengan sayur ini adalah memberikan rasa yang segar dan juga sehat.

Selain itu ternyata berbagai jenis sayuran yang digunakan tersebut memiliki maknanya sendiri-sendiri. Misalnya seperti sayur bayam yang bermakna aman sentosa, kemudian kangkung yang bermakna melindungi serta taoge yang bermakna selalu berkembang dan tumbuh.

Kalau Anda ingin pesan nasi tumpeng Bungur yang dijamin enak dengan paket harga terbaik, maka silahkan hubungi catering Royal Tumpeng. Kami melayani delivery order tumpeng ke area Jadetabek dan sekitarnya. Cukup hubungi kami di nomor atau e-mail berikut: 0812 8760 8239/ order@royaltumpeng.com.

[Total: 0 Average: 0]