Pesan Nasi Tumpeng di Cempaka Putih

Pesan Nasi Tumpeng di Cempaka PutihNasi tumpeng dengan cita rasa gurih yang enak dijamin bisa membuat siapa saja ketagihan. Rasa gurih ini berasal dari santan kelapa yang digunakan ketika memasak nasi untuk tumpeng. Nasi direndam menggunakan santan sehingga bercita rasa gurih, namun tidak eneg. Jika ingin ditambahkan pewarna makanan alami seperti kunyit untuk warna tumpeng kuning juga bisa.

Pesan Nasi Tumpeng di Cempaka Putih

Memasak nasi tumpeng sendiri tidak memerlukan keahlian khusus. Apalagi untuk memasak nasi tumpeng kerucut gunungan, karena sudah ada alat cetaknya sendiri. Beda jika Anda ingin membuat nasi tumpeng bentuk lainnya seperti karakter. Selain itu, bahan-bahan membuat tumpeng juga mudah didapatkan karena semuanya dibuat dari bahan masak tradisional Indonesia. Inilah sebabnya tumpeng tidak hanya enak, tapi juga menyehatkan.

Lalu bagaimana tampilan nasi tumpeng yang umumnya ada dihidangkan pada berbagai macam acara? Umumnya nasi tumpeng dibentuk menjadi gunungan kerucut atau bersusun. Nasi tumpengnya dihidangkan di atas baki atau nampah yang sudah dialasi dengan daun pisang yang masih segar dan muda. Setelah itu, lauk pauk ditata mengelilingi nasi tumpeng tersebut. Lauk pauk yang ada biasanya berjumlah 7 macam lauk pauk seperti ayam goreng, perkedel kentang, mie goreng, kering tempe, sambal goreng kentang ati, kerupuk, sambal, dll. Macam lauk pauk bisa dipilih sesuai selera saat ini.

Cara Memasak Hidangan Tumpeng Untuk Acara

Jika sudah tahu bagaimana gambaran tumpeng, sebetulnya Anda bisa membuat sendiri selain pesan nasi tumpeng di Cempaka Putih enak. Jika Anda berniat ingin mencoba memasak sendiri, maka berikut ini beberapa tips atau cara masak hidangan tumpeng untuk berbagai keperluan acara.

  1. Pertama-tama Anda harus hitung terlebih dahulu berapa jumlah tamu yang akan diundang agar porsi tumpengnya pas. Jika pesan di jasa catering umumnya porsi tumpeng mulai dari 20 porsi, Anda bisa mencontohnya.
  2. Setelah itu siapkan bahan-bahan masak untuk membuat nasi tumpeng, seperti:
  • Kunyit
  • Jahe
  • Lengkuas
  • Kelapa tua
  • Serai
  • Bawang merah
  • Daun salam
  • Daun pandan
  • Beras
  • Santan
  • Garam secukupnya

Itu adalah beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat tumpeng. Cucilah berasnya terlebih dahulu baru direndam di dalam air bersih. Setelah itu masukkan bumbu halus ke dalam santan dan aduk hingga merata. Masaklah sampai mendidih dan tuang santan ke dalam beras lalu saring. Masukkan sisa bumbu yang ada dan masak dengan api kecil. Jika sudah matang, tinggal kukus nasinya sampai tanak.

  1. Sebelum dibentuk kerucut, maka nasi harus dibiarkan dingin dulu di suhu ruangan. Jika sudah dingin maka ambil cetakan berbentuk kerucut dan gunakan untuk membentuk nasi kerucut gunungan. Hati-hati dalam membentuknya agar tidak pecah, masukkan sedikit-sedikit.
  2. Nasi yang sudah dibentuk menjadi kerucut ditaruh atau diletakkan di atas nampah atau baki yang sudah dialasi dengan daun pisang. Pastikan menatanya yang rapi dan pas di tengah.
  3. Setelah itu, silahkan letakkan lauk pauk nasi tumpeng yang sudah dimasak mengelilingi nasi tadi. Anda bisa melengkapi tumpeng dengan berbagai macam lauk pauk sesuai selera, kalau bisa 7 macam lauk pauk dan boleh lebih.
  4. Beri hiasan pada nasi tumpeng berupa garnish yang terbuat dari sayuran. Misalnya tomat yang dibentuk menjadi bunga atau cabai merah yang digunakan untuk hiasan bunga aster/ bentuk gurita. Silahkan kreasikan sesuka hati.
  5. Agar nasi tumpeng tidak kotor sebelum acara, maka Anda bisa menutupnya terlebih dahulu dengan plastik bersih.

Itulah tadi beberapa cara memasak nasi tumpeng spesial untuk acara. Anda bisa memasaknya sendiri di rumah.

Cara Pesan Nasi Tumpeng di Cempaka Putih

Sayangnya tidak semua orang sempat atau bisa membuat nasi tumpeng sendiri. Itulah sebabnya ada jasa catering Royal Tumpeng, tempat Anda dapat pesan nasi tumpeng di Cempaka Putih murah dan spesial. Apa saja keuntungan memesan tumpeng di tempat kami dibandingkan pesan di restoran atau catering lainnya?

  • Kami menyediakan cara pemesanan baik secara online atau offline. Secara online dapat melalui nomer telepon, e-mail atau kontak WA/ SMS.
  • Kami menawarkan delivery order gratis langsung ke tempat tujuan acara. Silahkan beritahukan kepada kami alamat pengiriman selama masih di area Jadetabek.
  • Kami menawarkan cara pembayaran yang mudah dan terpercaya. Jika Anda baru pertama kalinya pesan tumpeng di tempat kami, maka Anda bisa gunakan sistem bayar COD atau DP. Mudah bukan?
  • Kami menawarkan jenis menu tumpeng bervariasi mulai dari tumpeng warna kuning tradisional, tumpeng warna hijau unik dan tumpeng dari nasi putih biasa atau putih gurih. Silahkan dipilih sesuai selera.
  • Kami juga menawarkan hidangan lauk pauk pelengkap untuk nasi tumpeng. Ada pilihan ayam kampung jantan atau betina juga, lho!

Pemesanan nasi tumpeng sebaiknya dilakukan maksimal H-1 acara sebelum jam 3 sore. Customer service kami akan siap sedia dan fast response dalam menangani pesanan Anda. Nasi tumpeng ini juga cocok digunakan untuk menggantikan nasi box serta kue ulang tahun tart yang sudah terlalu biasa dan membosankan.

Tunggu apalagi? Masih ragu pesan di tempat kami? Pesan nasi tumpeng di Cempaka Putih sekarang juga daripada bingung memasak dan menyiapkan konsumsi tamu sendiri. Selain tumpeng ukuran besar, kami pun menyediakan tumpeng ukuran mini yang hampir mirip dengan tumpeng besar, hanya ukurannya saja yang berbeda.

[wp-review]