Pesan Nasi Tumpeng di Jatikramat

Pesan Nasi Tumpeng di Jatikramat – Hidangan satu ini pastinya sudah tidak asing lagi sebagai pelengkap berbagai acara mau pun ritual adat. Kehadiran nasi tumpeng selalu istimewa karena beragam pilihan menu yang sedap dan menggugah selera. Simak info lengkap mengenai makna tumpeng dan lauk-pauk apa saja yang kerap menyertainya.

Pesan Nasi Tumpeng di Jatikramat

Rahasia Makna Warna Pada Nasi Tumpeng

  • Tumpeng merah putih

Tumpeng jenis ini kerap menghiasi perayaan kemerdekaan tujuh belasan. Merah putih melambangkan warna bendera Indonesia. Biasanya tumpeng disajikan dalam 2 jenis yaitu: dua kerucut atau satu kerucut.

Pada tumpeng dengan satu kerucut nasi putih diletakan di bawah nasi merah, sedangkan jika dua kerucut masing-masing berwarna satu merah dan satu putih. Biasanya untuk memerahkan nasi dapat menggunakan pewarna makanan sintetis atau pun pewarna alami misalnya dari bunga sepatu atau biji angkak.

  • Tumpeng putih

Tumpeng putih melambangkan kesucian dan ketulusan sehingga biasanya disajikan pada upacara sakral misalnya penghormatan leluhur. Walau berwarna putih, bukan berarti rasa nasinya tawar. Nasi tumpeng putih menggunakan nasi uduk yang dicampur dengan santan dan kaldu ayam sehingga tetap gurih.

Sebagaimana nasi tumpeng pada umumnya, tumpeng putih pun disajikan dengan berbagai macam lauk pelengkap tradisional. Harga pesan nasi tumpeng di Jatikramat pun juga menjual tumpeng putih lengkap dengan menu pendampingnya.

  • Tumpeng kuning

Tumpeng berwarna kuning sangat lumrah dijumpai karena hadir di berbagai perayaan seperti syukuran, ulang tahun, peringatan hari jadi, dan sebagainya. Tumpeng kuning akan dipotong di tengah-tengah acara sebagai bentuk suka cita akan tercapainya harapan dan doa untuk lebih baik.

Biasanya untuk membuat nasi menjadi warna kuning, digunakan kunyit yang diparut atau diulek bersama campuran bumbu-bumbu rempah. Kemudian nasi kuning akan dicetak berbentuk kerucut dan disajikan di atas nampan bambu yang telah dialasi daun pisang.

Contoh Pesan Nasi Tumpeng di Jatikramat Dengan Beragam Menu

Infografik Pemesanan Nasi Tumpeng

  • Ayam bakar bumbu rujak

Hidangan satu ini kerap menjadi menu utama dalam hidangan nasi tumpeng. Membuatnya memang agak rumit karena harus melalui dua kali tahap pemasakan. Pertama ayam diunkep hingga empuk bersama rempah-rempah, kemudian dibakar sambil sesekali diolesi bumbu rujak.

  • Ayam goreng ungkep

Sama seperti ayam bakar sebelumnya, daging ayam diungkep terlebih dahulu dengan bumbu lengkuas kemudian digoreng hingga garing. Sebagai pelengkap saat penyajian, ayam ini akan ditaburi kremesan. Adonan tersebut terbuat dari tepung beras, kunyit, dan telur yang digoreng hingga kering dan krispi.

  • Bihun goreng

Bihun goreng merupakan salah satu pelengkap tumpeng yang mudah dibuat. Rebus bihun hingga lunak, kemudian tumis bersama bawang merah, bawang putih, saus tiram, saos sambal, dan kecap. Bisa juga ditambahkan berbagai toping seperti sayur-sayuran, baso, atau sosis agar semakin kaya rasa.

  • Urap sayuran

Urap sayuran merupakan campuran dari berbagai macam sayur seperti bayam, kacang panjang, dan taoge yang disiram air panas agar layu. Kemudian sayuran diaduk menjadi satu dengan bumbu-bumbu yang terbuat dari kelapa parut. Rasanya tentu saja gurih dengan tekstur sayuran yang masih crunchy.

  • Perkedel kentang

Tidak banyak yang tahu bahwa perkedel merupakan singkatan dari persatuan kentang dan telur. Sehingga kedua bahan ini merupakan adonan utama untuk membuatnya. Ketika pesan nasi tumpeng di Jatikramat murah, perkedel kentang akan senantiasa hadir sebagai pelengkap.

Cara membuatnya sederhana. Cukup haluskan kentang yang sudah dikukus, kemudian tambahkan bumbu dan penyedap lalu masukan ke dalam telur kocok. Goreng hingga kuning kecokelatan. Jangan terlalu sering dibolak-balik agar tidak hancur.

  • Kering teri kentang kacang

Menu ini biasanya bisa dibuat sehari sebelum penyajian nasi tumpeng karena cenderung awet tidak mudah basi. Cara membuatnya pun simpel saja. Pertama goreng kentang yang sudah diparut hingga kering. Lakukan hal yang sama pada teri dan kacang tanah.

Selanjutnya tumis bumbu balado yang terbuat dari bawang merah, bawang putih, tomat, cabai merah dan daun jeruk yang telah dihaluskan. Masukan gorengan kentang, teri, dan kacang. Masak hingga bumbu meresap sempurna. Lauk ini bisa disimpan di dalam toples kedap udara sebagai stok menu siap makan.

  • Sambal goreng hati kentang

Penyuka hati ampela akan sangat menunggu hidangan ini menemani sajian nasi tumpeng. Tips agar jeroan tidak amis adalah dengan merebusnya terlebih dahulu dengan daun salam, daun jeruk, dan sereh. Setelah direbus, potong hati ampela kotak-kotak lalu goreng dalam minyak panas.

Dilanjutkan dengan menggoreng kentang yang sudah dipotong dadu. Lalu tumis daun jeruk bersama bumbu yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, terasi, cabai yang sudah dihaluskan. Setelah bumbu harum, masukan gorengan kentang dan hati ampela. Masak hingga bumbu meresap. Sajikan.

  • Olahan dari telur

Selain ayam, telur adalah protein hewani kedua yang tampaknya selalu hadir di setiap hidangan tumpeng. Jual nasi tumpeng di Jatikramat pun juga menyediakan menu beragam olahan telur. Seperti telur dadar, telur pindang, telur balado, atau telur bumbu Bali yang pedas dan gurih.

  • Sate lilit

Dari banyaknya ragam sate yang ada, sate lilit tampaknya bisa dibilang sebagai ikon dari nasi tumpeng. Hidangan ini dibuat dengan mencincang daging, baik sapi atau pun ayam dengan beragam rempah. Kemudian dililit dalam tusuk bambu atau batang sereh, lalu dibakar diatas bara arang atau di pan.

Cukup pesan nasi tumpeng di Jatikramat jika Anda ingin menyajikan nasi tumpeng dengan beragam menu. Cara ini tidak akan merepotkan dibandingkan membuat sendiri. Apalagi kalau catering menawarkan delivery order, tidak perlu ambil sendiri. Contohnya di catering Royal Tumpeng yang melayani pembuatan tumpeng kuning, hijau, dan putih.

Anda cukup pesan di 0812 8760 8239/ order@royaltumpeng.com untuk mendapatkan nasi tumpeng yang dijamin enak!

[Total: 5 Average: 5]