Pesan Nasi Tumpeng di Kramat Jati

Pesan Nasi Tumpeng di Kramat Jati – Tumpeng telah menjadi salah satu dari 30 ikon makanan khas tradisional Indonesia. Tumpeng yang disajikan dengan menggunakan nampan besar, dengan bahan anyaman bambu dan berbentuk bulat identik dengan sebuah perayaan. Tidak hanya perayaannya saja, tapi juga syukuran acara tertentu.

Pesan Nasi Tumpeng di Kramat Jati

Nasi tumpeng menjadi salah satu hidangan dari makna rasa syukur dan juga kebahagiaan. Makna tumpeng adalah, saat manusia lahir dan harus menjalani hidup di jalan Tuhan maka jalani hidup dengan fokus dan yakin. Proses pemotongan nasi tumpeng pun sambil mengucapkan rasa syukur pada Tuhan.

Filosofi Nasi Tumpeng dan Pesan Nasi Tumpeng di Kramat Jati

  • Nasi dengan Bentuk Kerucut

Nasi tumpeng biasanya dibentuk dengan bentuk kerucut, dengan arti sebagai harapan dan supaya hidup selalu sejahtera. Ditambah lagi dengan lambang tangan yang merapat dan selalu menyembah Tuhan. Nasi tumpeng juga menjadi sebuah simbol dari harapan, untuk hidup sejahtera dan sukses.

Biasanya nasi yang digunakan pada tumpeng adalah nasi uduk tapi lebih sering nasi kuning. Warna putih pada nasi menjadi tanda kesucian, sehingga tumpeng juga sering disajikan di acara keagamaan. Sedangkan warna kuning pada nasi merupakan tanda adanya kekayaan, kesejahteraan, dan rezeki melimpah.

  • Lauk pada Tumpeng Berupa Ikan

Ada banyak jenis lauk yang digunakan untuk melengkapi nasi tumpeng, salah satunya adalah ikan. Zaman dahulu, ikan yang disajikan pada nasi tumpeng adalah ikan lele. Karena di dalam ikan lele terdapat makna ulet dan tabah dalam menjalani hidup. Walaupun dalam kondisi ekonomi sedang berada di bawah sekali.

Karakter ikan lele ini adalah mampu bertahan hidup di air seperti di dasar sungai atau pada air yang tak mengalir. Kini, jenis lauk berupa ikan pada nasi tumpeng biasanya menggunakan ikan teri. Secara umum ikan teri ini akan digoreng langsung baik dengan tepung atau tidak.

Anda bisa pesan nasi tumpeng di Kramat Jati dengan mudah, jika ingin nasi tumpeng dengan lauk ikan teri. Makna dari ikan teri ini adalah kerukunan dan juga kebersamaan. Ikan teri memang terbiasa hidup dengan cara bergerombol.

  • Sayur Urap

Makanan pelengkap lainnya pada nasi tumpeng adalah sayur urap. Jenis sayuran yang dibuat urap antara lain yaitu sayur kangkung, taoge, bayam, kacang panjang, kluwih, ditambah dengan bumbu. Bumbunya berupa sambal dari parutan kelapa. Simbol penting dari sayuran urap bisa dilihat sebagai berikut:

  • Sayur kangkung bermakna melindungi.
  • Taoge bermakna tumbuh.
  • Bawang merah melambangkan pertimbangan akan segala hal yang matang, baik dan buruknya.
  • Kluwih yang memiliki banyak keunggulan dibanding sayuran lainnya.
  • Sayur bayam bermakna tenteram adem ayem.
  • Sayur kacang panjang bermakna pemikiran yang jauh ke depan.
  • Cabe merah bermakna tauladan bagi orang lain.
  • Bumbu urap bermakna mampu menghidupi atau memberi nafkah pada seluruh keluarga.
  • Ayam

Biasanya pelengkap lauk lainnya yang digunakan pada nasi tumpeng adalah daging ayam, yaitu ayam jantan yang dimasak secara utuh. Ditambah dengan bumbu kuning dan kaldu santan yang kental. Maknanya adalah menyembah Tuhan dengan khusyuk dan hati tenang.

Dengan ketenangan hati maka timbullah sikap sabar dan mengendalikan diri. Menyembelih ayam jantan juga memiliki makna yaitu menghindar dari sifat buruk pada ayam jago. Yaitu sifat berupa congkak, merasa paling tahu/benar, tidak perhatian pada anak/istri, sombong, dan tidak setia.

  • Telur Rebus

Lauk berikutnya yang juga mengandung filosofi pada nasi tumpeng adalah telur rebus. Lebih tepatnya lagi telur yang direbus pindang dan bukan didadar. Disajikan secara utuh dengan kulitnya dan tidak dipotong/dikupas terlebih dulu. Dalam telur rebus terdapat makna berupa Tata, Titi, Titis dan Tatas.

Artinya adalah etos kerja yang baik, teliti, diselesaikan hingga tuntas, kerja yang terencana, dan perhitungan yang tepat. Selain itu telur juga menjadi simbol dari manusia yang secara fitrahnya memang diciptakan sama. Pembedanya hanyalah tingkah laku dan ketakwaan.

Infografik Menu Royal Tumpeng

Perbedaan Makna Nasi Kuning dan Nasi Putih Pada Tumpeng

Filosofi nasi tumpeng secara keseluruhan adalah kondisi geografis Indonesia, yang dikelilingi oleh pegunungan. Awalnya nasi tumpeng dibuat sebagai sajian yang sifatnya sakral untuk memuliakan bumi. Gunung juga menjadi tempat sembahyang Hyang atau para leluhur. Selain filosofinya, Anda juga harus tahu keuntungan pesan nasi tumpeng di Kramat Jati.

Di antaranya yaitu mendapat harga terjangkau dan bisa memilih lauk apa saja sesuai budget atau kebutuhan. Dengan memakna filosofi nasi tumpeng ini, maka Anda akan lebih menghargai salah satu sajian tradisional Indonesia yang satu ini. Kata tumpeng itu sendiri berasal dari pepatah yaitu yen metu kudu sing mempeng.

Artinya adalah jalani hidup dengan penuh kesungguhan. Tujuh lauk yang melengkapi nasi tumpeng adalah wujud dari pitulungan atau memohon pertolongan. Sayur dan lauk tersebut juga bisa bermakna kehidupan di bumi. Dengan simbol ekosistem dalam kehidupan dan keagungan Tuhan dari bentuk kerucut pada nasinya.

Perbedaan antara nasi putih dan nasi kuning pada tumpeng terletak dari makna simbolnya. Putih artinya suci sedangkan kuning artinya moral yang luhur dan juga kekayaan. Selain makna dari melimpahnya rezeki dan sebagainya. Cara memotong nasinya pun mengandung makna mendalam.

Bagian puncaknya harus dipotong oleh seseorang yang dituakan/dihormati. Setelah itu barulah boleh dipotong oleh yang punya hajat. Dengan pesan nasi tumpeng maka Anda bisa memaknai nasi tumpeng dengan lebih mendalam.

Jika Anda tertarik memesan nasi tumpeng terbaik yang sudah pasti enak rasanya, maka bisa pesan nasi tumpeng di Kramat Jati via Royal Tumpeng. Caranya cukup menghubungi secara online di 0812 8760 8239/  email order@royaltumpeng.com.

post