Pesan Nasi Tumpeng di Penggilingan

Pesan Nasi Tumpeng di Penggilingan – Nasi tumpeng merupakan salah satu olahan masakan tradisional khas nusantara. Nasi ini bisa dinikmati di berbagai macam acara mulai dari ulang tahun, pernikahan, lamaran, peringatan, hajatan dan berbagai event lain.

Pesan Nasi Tumpeng di Penggilingan

Sayangnya membuat nasi tumpeng sendiri sering dikatakan amat rumit, apalagi jika membuat dalam jumlah banyak. Mereka yang baru pertama kali mencoba, bisa membuat nasi gampang retak dan keras bahkan kering. Karena itu kami akan berikan tips supaya nasi tidak mudah retak dan keras seperti berikut ini.

Pesan Nasi Tumpeng di Penggilingan dan Tips Memasaknya Sendiri

Membuat nasi tumpeng sendiri memang rumit, jadi Anda bisa mencoba beberapa langkah berikut ini:

  • Pakai bahan dan peralatan yang sesuai

Tips pertama yaitu pakailah bahan dan alat yang sesuai saat mau memasak nasi tumpeng. Gunakan sesuai dengan banyaknya porsi yang ingin dimasak. Pastikan buat satu porsi nasi tumpeng untuk satu orang.

Anda juga bisa membuat lebih dari satu, hanya saja persiapkan ukuran cetakan serta tampahnya yang sesuai. Selain itu, persiapkan juga jumlah bahan yang sesuai porsinya.

  • Siapkan bumbunya yang lengkap

Kedua, Anda harus menyiapkan bumbu masaknya secara lengkap. Apalagi bumbu nasi tumpeng ada banyak, jadi persiapkan dari awal untuk menghemat waktu saat memasak. Anda bisa terlebih dahulu memotong hingga membledernya sebelum mulai masak.

Masak juga bumbu-bumbu yang perlu dimatangkan apalagi bumbu untuk condiment nasi tumpeng. Seperti bumbu kuning, bumbu merah, dan bumbu putih.

  • Saat masak pakailah beras berkualitas

Ketika hendak memasak sebaiknya pastikan Anda menggunakan beras atau nasi yang bagus. Pastikan berasnya pulen, wangi dan bersih. Hal ini akan berpengaruh pada hasil akhirnya nanti dan untuk menjaga kualitas nasi agar tumpeng tidak mudah roboh karena retak. Pilihlah butiran beras yang besar-besar dan kelihatan utuh.

  • Dapat dicampur antara beras dan beras ketan

Cara ini juga banyak dilakukan oleh berbagai jasa catering ketika Anda pesan nasi tumpeng di Penggilingan murah. Supaya tumpeng tidak mudah retak dan roboh setelah dicetak, umumnya nasi tumpeng dimasak dengan campuran beras dan beras ketan.

Anda bisa merendam campuran beras tersebut beberapa jam terlebih dahulu sebelum dimasak. Setelah itu aron nasinya baru dikukus sampai matang. Jangan lupa tutuplah nasi yang telah matang dengan plastik agar nasinya tidak mudah mengering dan keras karena kena udara.

  • Gunakan santan kelapa asli

Agar menjaga kualitas nasi tumpeng tetap enak, sebaiknya jangan menggunakan santan instan dalam kemasan. Pilihlah santan kelapa asli meski terbilang ribet saat menyiapkannya sendiri. Anda bisa pakai santan dengan memarut kelapa supaya nasi tumpeng terasa gurih alami dan terasa lebih legit.

  • Saat memasak pakailah teknik aron

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, cara memasak beras lebih baik pakai teknik aron. Hal ini untuk menghindari nasi mudah basi. Cara melakukan teknik aron sangatlah mudah, yaitu:

  • Cucilah beras sampai benar-benar bersih.
  • Rendamlah beras dengan air bersih sebelum dimasak.
  • Setelah beras direndam, tiriskan, lalu kukus beras sampai setengah matang
  • Masukkan beras ke sebuah wadah berukuran besar, sesuaikan porsinya.
  • Aduk-aduklah beras tersebut sampai airnya mendidih.
  • Setelah itu beras dimasak lagi dengan cara dikukus sampai matang.

Silahkan ikuti langkah-langkah di atas agar nasi tumpeng terasa enak dan gurih. Nasi juga tidak mudah retak saat dicetak nanti.

  • Bisa ditambahi perasan air jeruk

Salah satu rahasia agar nasi tumpeng visualnya bagus dan sering dipakai oleh para chefΒ  ketika Anda pesan nasi tumpeng di Penggilingan Jakarta yaitu perasan air jeruk. Maksudnya adalah agar warna nasi tumpengnya lebih kelihatan kuning cerah dan mengkilat. Jadi, saat beras dimasak bisa ditambahkan perasan air jeruk ke dalamnya.

Caranya amat mudah, yaitu beras dikukus hingga setengah matang. Lalu beri tambahan perasan air jeruk saat beras diaron dengan santan dan perasan kunyit.

  • Pakai daun pisang saat ingin mencetak

Terakhir, saat akan mencetak sebaiknya di bagian ujung cetakan diberi daun pisang. Jadi, sebelum memasukkan nasi tumpeng yang sudah jadi, beri lembaran daun di ujung cetakan. Hal ini akan membantu agar nasinya juga tidak lengket ke cetakan. Lalu saat nasi sudah dimasukkan, jangan terlalu ditekan keras-keras.

Hindari menekan nasi sampai terlalu padat dan kencang saat dicetak. Nanti jika terlalu ditekan, nasi justru akan lebih mudah mengeras. Tidak usah khawatir nanti akan roboh atau retak, asalkan sudah dicampur beras ketan maka nasi tumpeng tidak akan mudah rusak.

Infografik Menu Royal Tumpeng

Inilah Tempat Memesan Tumpeng Enak dan Mewah

Daripada membuat nasi tumpeng sendiri karena memang ribet, maka Anda dapat memesan nasi tumpeng dari catering. Tersedia jasa catering Royal Tumpeng yang siap delivery order kapan saja.

Anda bisa memesan tumpeng karakter, tumpeng mini ataupun tumpeng kerucut untuk banyak porsi. Tidak hanya itu, tumpeng yang ditawarkan tinggal dikirimkan ke tempat Anda sesuai kesepakatan.

Anda bisa bebas pesan nasi tumpeng di Penggilingan untuk berbagai macam acara. Misalnya untuk ulang tahun, pembukaan usaha baru, anniversary, selametan, tujuh bulanan, aqiqahan, dan sebagainya. Hubungi jasa catering Royal Tumpeng sekarang di 0812 8760 8239 atau lewat email ke order@royaltumpeng.com.

Kami adalah penyedia nasi tumpeng dan berbagai macam masakan yang enak. Tidak hanya tmpeng, namun juga snack box, nasi kotak, nasi kebuli hingga prasmanan. Pesan sekarang juga!

[Total: 2 Average: 5]