Pesan Nasi Tumpeng di Pondok Kopi

Pesan Nasi Tumpeng di Pondok Kopi – Sudah banyak yang mengetahui bahwa kebanyakan orang di jaman dulu akan menggunakan tumpeng sebagai bentuk dari sajian utamanya. Sebelum acara dimulai, sesepuh atau orang yang paling dituakan akan menjelaskan terlebih dulu mengenai makna setiap komponen dari tumpeng.

Pesan Nasi Tumpeng di Pondok Kopi

Tujuannya supaya banyak orang yang datang bisa tahu mengenai makna yang ada pada tumpeng serta dapat melihat nasihat atau ajarannya untuk kehidupan.

Pesan Nasi Tumpeng di Pondok Kopi dengan Banyak Filosofinya

  • Bayam

Bayam pada bahasa Jawa, memiliki bahasa lain yaitu bayem. Bayam menjadi simbol untuk doa dan juga hidup yang tenang atau dalam bahasa Jawa ‘ayem tentrem’.

  • Bawang merah

Bawang merah akan memberikan simbol bahwa agar bisa mendapatkan sesuatu yang baik hendaknya bisa dipertimbangkan secara matang. Baik untuk kemungkinan buruk atau baiknya.

  • Kacang panjang

Sesuai dengan namanya, maka komponen kacang panjang juga sebagai simbol pemikiran yang panjang. Diharapkan juga manusia bisa memiliki pandangan yang bisa lebih maju mengenai kehidupannya.

  • Kangkung

Kangkung dalam bahasa Jawa berarti ‘jinakung’. Kangkung akan menjadi simbol untuk sifat yang saling melindungi.

  • Cabai

Sama dengan warnanya yang kebanyakan merah, cabai juga memiliki simbol sebagai api yang berkobar. Namun maknanya sendiri bukan mengenai semangat yang membara melainkan menjadi simbol untuk contoh yang baik atau sebagai bentuk penerangan.

  • Ikan teri

Terkadang ada beberapa tumpeng yang menggunakan ikan teri sebagai salah satu menu lauk pelengkapnya. Jika ingin pun Anda bisa pesan nasi tumpeng di Pondok Kopi murah menggunakan ikan teri.

Ikan teri pada kehidupan aslinya akan hidup secara berkelompok. Dalam hal ini ikan teri tersebut memiliki arti berupa hidup yang rukun dan selalu dalam kebersamaan.

  • Telur

Telur bisa memberikan lambang bahwa semua manusia terlahir dengan bentuk serta fitrah yang sama saja di depan Sang Pencipta. Hanya yang menjadi membedakannya dari sikap serta tingkat ketakwaan setiap orang.

Telur akan dimasak dengan cara direbus. Bahkan ketika disajikan juga harus masih menggunakan kulit dan utuh. Tujuannya memang akan sesuai dengan makna atau simbol yang terkandung di dalamnya.

  • Ikan lele

Ikan lele mempunyai karakteristik lebih tahan tubuhnya cukup tinggi. Hal tersebut karena ikan lele hidupnya selalu tinggal pada air keruh, mengendap, empang dan lainnya. Oleh karenanya, ikan tersebut memiliki makna supaya manusia bisa menjadi makhluk yang ulet atau memiliki tekad yang besar untuk selalu bertahan hidup. Dalam hal ini lebih menjadi simbol ketika manusia mengalami kesulitan dalam hal ekonomi.

  • Ayam

Ayam terkadang menjadi hidangan yang utama ketika membuat nasi tumpeng. Pada zaman dulu, kebanyakan jenis ayam yang digunakan adalah ayam pejantan atau jenis ayam jago.

Kedua jenis ayam tersebut menjadi lambang keluarga yang dipimpin oleh seorang kepala keluarga. Ayam jago nantinya akan dipotong sebagai bentuk menghilangkan sikap buruk yang ada pada ayam jago. Seperti suka merasa benar dan suka memotong obrolan.

Ayam yang sudah dipotong tidak akan dipotong lagi menjadi beberapa bagian ketika dimasak. Ayam akan dibiarkan secara utuh atau dimasak dengan cara ingkung. Cara masak tersebut juga memiliki makna yaitu sebagai bentuk kekhusyukan dalam menyembah Sang Pencipta. Ayam akan diberikan bumbu kuning dengan santan juga berlambang hati yang tenang.

  • Nasi

Nasi pada tumpeng akan selalu berbentuk mengerucut atau seperti gunung. Hal tersebut memberikan lambang tangan yang selalu merapat ketika berdoa pada Tuhan. Bentuknya yang semakin naik atau tinggi juga menjadi simbol kesejahteraan. Sedangkan untuk nasi putih yang digunakan penting berasal dari tempat yang halal dan bersih.

Selain nasi putih, nasi kuning juga bisa digunakan untuk tumpeng. Jika Anda pesan nasi tumpeng di Pondok Kopi online dengan pilihan nasi kuning yang juga tidak kalah sarat makna.

Infografik Pemesanan Nasi Tumpeng

Makna Tumpeng untuk Pernikahan

Pernikahan merupakan acara yang dinantikan banyak orang, terutama untuk para mempelai. Pernikahan adalah acara yang sangat membahagiakan, oleh karenanya kebanyakan pada saat pernikahan nasi tumpeng akan selalu hadir.

Nasi tumpeng tersebut dihadirkan sebagai bentuk rasa syukur karena sudah terjadi pernikahan yang membahagiakan. Adapun berbagai makna yang ada yakni:

  • Bentuk Gunungan

Tumpeng sudah pasti akan berbentuk kerucut atau gunungan. Bentuk gunungan tersebut ternyata juga memiliki alasan atau makna yang cukup penting. Gunungan tersebut akan memberikan makna berupa kemakmuran bagi pengantin. Nantinya sisi ujungnya akan diberikan telur ayam, bawang merah dan juga cabai utuh.

Pada bagian bawahnya terdapat beberapa menu pelengkap cukup bervariasi. Menu itu akan memberikan makna mengenai kehidupan berumah tangga diharapkan lebih berkah. Semua komponen itu akan memberikan makna berupa doa untuk jalinan cinta kedua mempelai ke depannya.

  • Nasi putih

Ketika ada acara nikah, tumpeng robyong yang banyak digunakan. Ciri khas dari hidangan ini karna nasi yang digunakan nasi putih. Penggunaannya tersebut bukan karena alasan. Warna putih akan memberikan makna atau simbol kepolosan kedua pengantin. Jadi ketika Anda pesan nasi tumpeng di Pondok Kopi enak jangan lupa untuk menggunakan nasi putih saja.

  • Bentuk kerucut

Pada tumpeng robyong biasanya akan dibentuk kerucut dengan jumlah tingkatan 3 buah. Jumlah tingkatan tersebut melambangkan bentuk hubungan segitiga antara ibu, anak dan ayah. Dimana juga harus saling menjaga keseimbangan dan keharmonisan rumah tangga.

Jika Anda sedang berniat mengadakan acara pernikahan, maka bisa pesan nasi tumpeng di Pondok Kopi saja agar lebih mudah dan praktis. Hubungi Royal Tumpeng untuk mengantarkan nasi tumpeng acara Anda dengan menghubungi kami di 0812 8760 8239 atau email ke order@royaltumpeng.com.

[Total: 1 Average: 5]