Pesan Nasi Tumpeng di Rawajati yang Enak dan Sehat

Pesan Nasi Tumpeng di RawajatiDalam berbagai acara dan pesta untuk syukuran seperti pesta wisuda, perayaan pernikahan, perayaan lahiran bayi, juga pesta ulang tahun, baik itu ulang tahun pribadi seseorang atau ulang tahun instansi atau organisasi atau perusahaan, atau partai, juga untuk suatu acara hajatan guna memulai suatu pekerjaan ataupun upacara merayakan kesuksesan telah selesainya suatu pekerjaan, dan lain sebagainya sangat bagus sekali jika dirayakan dengan pesan nasi tumpeng di Rawajati yang enak dan sehat juga sarat makna. Sudah sejak jaman dulu nenek moyang kita merayakan kegembiraan atau peringatan atas suatu peristiwa khusus dengan menggunakan tumpeng.

Pesan Nasi Tumpeng di Rawajati

Nasi tumpeng dengan aneka lauk pauk pendampingnya dulu memang tidak dihidangkan tiap hari, namun hanya pada saat waktu-waktu khusus tertentu saja, namun kini karena kelezatannya dan juga guna mendapatkan manfaat sehat dari aneka rempah dan sayurannya maka kini tumpeng pun bisa disantap setiap hariΒ  dengan disediakannya menu tumpeng mini se sekali santap untuk porsi satu orang, selain tumpeng dalam ukuran yang biasa. Berbagai variasi pada nasi tumpengnya maupun dengan variasi pada lauk pelengkapnya juga terus terjadi.

Apa itu Tumpeng

Tumpeng adalah hidangan kuliner khas Indonesia yang dibuat dan disajikan secara khusus untuk suatu peristiwa tertentu yang berasal dari Jawa, yang terdiri dari nasi berbentuk kerucut dilengkapi sekelilingnya dengan tujuh macam lauk pauk, sambal serta sayuran urap, dan hiasan yang disajikan pada suatu tampah, yakni wadah berbentuk bundar dari bambu anyam.

Kandungan Gizi Tumpeng yang Sehat

Jika dibandingkan dengan kue tart yang penuh lemak dan kandungan gula yang sangat tinggi serta gluten, maka tumpeng jelas lebih lengkap gizinya, penuh nutrisi dan lebih sehat. Nasinya diberi bumbu kuning dari rimpang kunyit yang mengandung zat antioksidan juga terdapat berbagai vitamin dari aneka sayurannya, seperti ada bayam, kangkung, kol, kemangi juga kacang panjang, yang penuh gizi dan nutrisi, juga kaya serat alami yang sangat diperlukan oleh tubuh.

Proteinnya juga lengkap, ada ayam, ikan, telur daging sapi cacah yang dimasak rebus, sebagaimana dengan sayurannya. Dimasak dengan aneka bumbu rempah-rempah alami yang sangat kaya nutrisi dan berbagai zat alami yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh, ada bawang merah, bawang putih, kunyit, cabai merah, laos, daun salam, daun jeruk, sereh dan lain sebagainya. Aneka rimpang dan rempah-rempah, termasuk ada kentang juga kelapa dan lain sebagainya.

Infografik Menu Royal Tumpeng

Ikannya bisa berupa ikan teri yang kaya kalsium, ikan bandeng, ikan lele dan lain sebagainya, protein berupa daging sapinya bisa berbentuk abon atau daging cacah giling pada sambal goreng atinya, ada juga telurnya yang direbus utuh, bisa dari telur ayam atau telur burung puyuh, bisa juga berupa telur dasar iris. Ayamnya bisa dimasak rebus ingkung atau diareh, bisa juga jika ingin dibakar atau bisa juga dengan digoreng. Bisa mempergunakan ayam kampung atau bukan.

Nasinya juga bervariasi, yang berwarna kuning dari kunyit, yang hitam dari keluwak, yang hijau dari sawi atau bayam, yang merah dari bit dan lain sebagainya, bahan-bahan alami, bisa juga dari nasi merah.

Filosofi dan Makna Nasi Tumpeng dan Lauk Pelengkap serta Hiasannya

Selain enak dan sehat, tumpeng juga kaya makna dan filosofi. Mulai dari namanya. Kata tumpeng itu berasal dari bahasa jawa piTu dan meMPENG, kata pitu artinya tujuh, merujuk pada jumlah lauk pelengkapnya, yang makna kata panjangnya adalah pitulungan yang berarti pertolongan, sedangkan kata mempeng artinya adalah bersungguh-sungguh. Jadi tumpeng ini hakekatnya adalah doa, permohonan kepada Tuhan dengan secara bersungguh-sungguh agar diberi pertolongan dan keselamatan.

Bentuk nasinya yang berupa kerucut meruncing ke atas, memiliki makna simbolis menuju pada Tuhan, selain juga melambangkan bentuk gunung yang menjadi simbol kemakmuran dan kesuburan di tanah Indonesia, sedangkan berbagai lauk pauknya yang mengelilingi nasi tumpengnya, melambangkan berbagai kekayaan alam, batu dan tambang juga berbagai mineral yang menjadi kekayaan bumi nusantara. Aneka sayuran pada kuluban atau urapnya adalah lambang berbagai tanaman yang tumbuh subur di Indonesia.

Hiasan berupa cabai merah atau lombok abang, yang besar sebanyak satu buah yang ditancapkan dengan mempergunakan lidi pada bagian puncak kerucut nasi tumpengnya melambangkan nyala api penunjuk jalan serta juga cahaya penerang petunjuk untuk membedakan maka yang benar dan yang salah. Warna merahnya yang jika dipadukan dengan warna kuning pada nasi tumpeng beserta dengan warna hijau daun pisang yang melingkupi puncak kerucut nasi tumpengnya merupakan lambang kemakmuran dan kekayaan serta kesuksesan anugerah dari Tuhan.

Sedangkan hiasan berupa kacang panjang utuh yang dililitkan memutar di sekitar nasi tumpeng, memiliki makna agar manusia senantiasa berpikiran panjang, ada juga hiasan berupa brambang mentah kupas atau bawang merah kupas mentah yang menjadi simbol kematangan sikap dan pikiran yang dewasa, yang mengupas tiap masalah satu per satu dengan cermat hingga menemukan inti permasalahannya, melambangkan kebijakan pikiran yang penuh pertimbangan masak-masak dan telah dipikirkan dengan panjang dan matang, tidak sembarangan, dan grusa grusu atau tergesa-gesa yang bisa berakibat fatal, membahayakan dan merugikan.

Telur rebus bulat utuhnya melambangkan kebulatan tekad untuk memulai usaha. Telur dadarnya melambangkan dadaring manah, atau kesabaran. Urap sayurannya melambangkan urip atau kehidupan. Daun bayamnya melambangkan kesederhanaan, daun kangkungnya yang bisa hidup di air dan darat, simbol kemampuan untuk menyesuaikan diri. Lauk ikan terinya melambangkan kerukunan, ayamnya simbol matinya kecongkakan atau kesombongan, perkedel kentangnya simbol persatuan dan lain sebagainya.

Begitu mendalam filosofi dari tumpeng itu selain itu juga enak rasanya dan juga sehat. Tumpeng dibuat dari bahan alami dan bergizi dengan banyak mengandung zat bernutrisi yang juga berasal dari berbagai bumbu rempahnya. Mulailah hidup sehat dan sambil melestarikan budaya dan tradisi leluhur dengan menghidangkan tumpeng pada berbagai peristiwa hidup sehari-hari.

[wp-review]