Pesan Nasi Tumpeng Gondangdia

Pesan Nasi Tumpeng Gondangdia – Menyajikan sebuah nasi tumpeng lengkap dengan lauk pauknya tentu saja bukan suatu hal yang tidak sengaja dilakukan melainkan nasi tumpeng memiliki filosofi sendiri dalam kehidupan. Banyak yang mengatakan nasi tumpeng merupakan sajian yang paling pas dihadirkan dalam mengadakan suatu syukuran terhadap sesuatu. Untuk itu perlunya mengetahui filosofi yang diberikan oleh nasi tumpeng ini.

Pesan Nasi Tumpeng Gondangdia

Pesan Nasi Tumpeng Gondangdia dan Makna Dibaliknya

  • Mengharapkan Banyak Kemuliaan

Penyajian nasi tumpeng dengan lauk lengkap pada acara tasyakuran diharapkan mampu menghadirkan banyak kemuliaan pada sesuatu yang dihajatkan seperti contohnya kenaikan jabatan, kelahiran bayi maupun pindahan rumah. Hal ini ditekankan dengan bentuk tumpeng yang mengerucut meskipun sudah banyak variasi model nasi tumpeng kekinian yang dijual di pesan nasi tumpeng Gondangdia terbaik.

Nyatanya masih banyak orang yang menyukai model asli dari nasi tumpeng ini. Model kerucut ini nyatanya bukan asal dibuat namun memiliki filosofi yang serius. Dimana bentuknya yang semakin ke atas semakin lancip melambangkan panjatan rasa syukur dan pengharapan kemuliaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sekaligus begitu pentingnya komunikasi yang harus selalu dijaga oleh manusia dengan Tuhan sebagai penciptanya.

Selain itu nasi tumpeng yang biasa disajikan dan dimakan bersama-sama juga melambangkan adanya kebersamaan dan gotong royong yang harus selalu dijaga oleh masyarakat sekitar.

  • Meningkatkan Kemakmuran

Nasi tumpeng identik dengan nasi yang dimasak menggunakan kunyit sebagai warna emasnya. Dimana warna ini juga bukan asal saja dipilih meskipun saat ini Anda bisa memesan nasi tumpeng dengan nasi putih maupun nasi lainnya seperti yang bisa dilihat di pesan nasi tumpeng Gondangdia online.

Warna kuning emas ini identik dengan emas murni yang melambangkan sebuah kemakmuran sehingga orang-orang yang ikut makan nasi tumpeng ini selanjutnya akan dilimpahkan banyak kemakmuran.

  • Makna Sayur dan Lauk Pauk yang Melekat

Pemilihan sayuran dan lauk di sini juga bukan asal begitu jadi saja namun memiliki artian yang sangat mendalam. Lauk dan sayuran yang dibuat mengelilingi nasi tumpeng ternyata memiliki artiannya masing-masing yang masih enggan ditinggalkan oleh para pecinta tumpengnya. Beberapa sayuran yang sering digunakan adalah kacang panjang yang memiliki filosofi sebuah pemikiran yang tidak boleh pendek melainkan harus maju ke depan.

Kemudian ada telur rebus yang harus dikupas terlebih dahulu yang memiliki artian perlunya berusaha terlebih dahulu pantang menyerah dalam bekerja barulah mendapatkan sesuatu yang diinginkannya.

Sementara untuk urap-urapan yang berasal dari banyak macam sayuran dan kelapa bumbu ini memiliki artian dimana tidak ada pembatas atau perbedaan dari tiap-tiap manusia jika mereka mampu melebur menjadi satu dan menghasilkan suatu hal yang rukun damai layaknya urap-urapan yang lezat untuk dinikmati.

Ada pula lauk yang paling sering digunakan yaitu ayam jantan yang berguna untuk menangkal sifat sombong pada manusia maupun ikan teri yang melambangkan sisi gotong royong pada setiap masyarakat. Sambal goreng tempe dan kentang kering juga tidak boleh ketinggalan sebagai bentuk peleburan yang indah dan masih banyak lagi lauk untuk tumpeng yang memiliki filosofi bagus di dalamnya.

Setelah mengetahui makna umum dari nasi tumpeng maka perlu juga mengetahui sejarah dari tumpeng ini seperti apa. Tentunya dengan mengetahui sejarahnya Anda akan lebih mengenal bagaimana penyajian tumpeng dan filosofi sebenarnya dalam penyajian tumpeng ini.

Infografik Menu Royal Tumpeng

Mengenal Tumpeng Lebih Dalam

  • Mengenal sejarah tumpeng

Tumpeng berasal dari singkatan Bahasa Jawa yaitu “yen wes metu kudu mempeng” kalimat ini memiliki artian bahwa ketika kita sudah bertekat untuk keluar (keluar dari zona nyaman) maka kita haruslah lebih bersungguh-sungguh dalam mendapatkan apa yang diinginkan. Hal ini berarti juga ketika seseorang haruslah bersungguh-sungguh dalam mengerjakan setiap pekerjaan yang dilakukannya. Artian yang baik dalam sebuah makanan yang biasa ada dalam panjatan doa rasa syukur kepada Tuhan.

Tumpeng sedari dulu sudah banyak dimasak dan disajikan sebagai rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, persembahan untuk para leluhur mereka dan juga wujud syukur dan berbagi untuk sesama. Bentuknya yang kerucut disamakan dengan model gunung yang menjadi simbol dari Indonesia sendiri yang memiliki banyak gunung di dalamnya. Selain itu gunung juga merupakan tempat tinggal para Dewa dan leluhur yang mereka percayai pada waktu itu.

  • Makna dari tumpeng dahulu dan sekarang

Memang pada awal berkembangnya nasi tumpeng dibuat untuk persembahan para leluhur dan dewa yang dipercayai namun seiring waktu nasi tumpeng sudah mulai digunakan untuk acara yang sesuai dengan kebutuhan masa kini. Nasi tumpeng banyak digunakan sebagai pelengkap acara tasyakuran dengan mengambil bagusnya filosofi yang diberikan oleh nasi tumpeng tersebut lengkap dengan variasi lauk yang mengelilinginya.

Nasi tumpeng sendiri sekarang sudah banyak berubah dari pakemnya mulai dari perkembangan cetakan nasi yang digunakan, warna nasi dan juga jumlah ditambah variasi lauk yang digunakan sesuai dengan seleranya. Nasi tumpeng sendiri saat ini juga sangat mudah untuk ditemukan bukan hanya untuk konsumsi pada saat acara tertentu saja melainkan bisa dibeli untuk dimakan saat lapar dengan harga yang terjangkau.

Tentunya nasi tumpeng merupakan suatu budaya dalam makanan khas daerah yang tidak boleh hilang dari peradaban hanya perlu beberapa modifikasi dalam hal model, rasa dan tampilan yang disesuaikan dengan kebutuhan orang masa kini. Sehingga keberadaan nasi tumpeng ini tidak akan hilang ditelan waktu maupun diakui oleh negara lainnya.

Pesan Nasi Tumpeng di Cimanggis

Alasan Mengapa Perlu Pesan Nasi Tumpeng untuk Acara

  • Hidangan yang lebih sehat

Alasan pertama kenapa Anda perlu pesan nasi tumpeng Gondangdia untuk acara karena lebih sehat. Nasi tumpeng dilengkapi dengan berbagai lauk-pauk yang diolah di rumah sehingga kaya akan vitamin, protein hingga karbohidrat. Oleh karena itu, Anda perlu pesan nasi tumpeng untuk sajian atau hidangan di acara yang akan diadakan.

  • Lebih praktis

Bagi Anda yang ingin menggelar sebuah acara tidak perlu membuang banyak waktu untuk membuat hidangan yang dikonsumsi tamu undangan. Anda tidak perlu repot-repot juga menghabiskan waktu dan tenaga untuk memasak sendiri, karena tinggal pesan saja di jasa catering. Bahkan bisa pesan secara online.

  • Tampilan yang unik

Nasi tumpeng memiliki tampilan yang lebih unik jika dibandingkan dengan prasmanan. Hal ini akan membuat hidangan ini terlihat lebih unik dan berbeda dengan acara lain. Apalagi jika Anda memesan tumpeng karakter dengan berbagai macam bentuk-bentuk menarik. Tidak hanya kerucut biasa.

  • Ada berbagai macam ukuran

Alasan terakhir mengapa Anda perlu pesan nasi tumpeng Gondangdia untuk acara karena memiliki banyak macam ukuran. Hal ini akan memudahkan dalam menyesuaikan ukuran yang ingin dipesan dengan jumlah tamu undangan yang akan hadir.

Jika tamu undangan mencapai angka kurang dari atau sama dengan 20 orang, maka Anda bisa memilih nasi tumpeng berukuran kecil. Sementara untuk tamu undangan di atas angka tersebut maka Anda perlu memesan dengan ukuran yang lebih besar.

Itulah beberapa hal penting mengenai tumpeng. Jika Anda ingin pesan nasi tumpeng Gondangdia sekarang maka Anda bisa menghubungi CS Royal Tumpeng di 0812 8760 8239. Kami menyediakan tumpeng nasi kuning, nasi hijau dan nasi putih gurih untuk berbagai keperluan. Dijamin rasa enak, halal dan terjangkau serta tersedia layanan delivery order ke Jadetabek.

5/5 - (4 votes)
×