Pesan Nasi Tumpeng Jakarta Utara

Pesan Nasi Tumpeng Jakarta Utara | Akan memudahkan Anda dalam menyiapkan makanan bagi para tamun yang ada di acara Anda. Tumpeng adalah salah satu makanan tradisional yang masih digemari oleh banyak orang. Bahkan, sampai sekarang pun nasi tumpeng masih digunakan dalam berbagai acara seperti rapat, ulang tahun, syukuran, selametan dan lain-lain.

Pesan Antar Nasi Tumpeng Jakarta Utara

Nasi tumpeng sudah ada sejak dulu dan menjadi makanan pokok di acara keagamaan. Tapi, lambat laun tumpeng semakin berkembang dan digunakan dalam berbagai acara lainnya, bahkan acara yang lebih modern seperti hari ulang tahun, pembukaan usaha, dll. Bagi Anda yang merasa bosan dengan makanan yang sama dalam suatu acara maka tak ada salahnya jika mencoba nasi tumpeng sebagai hidangannya. Rasa yang diberikan nasi tumpeng sangat khas sebagai makanan asli Indonesia sehingga rasanya pun sesuai dengan lidah semua orang Indonesia. Saat Anda menggunakan nasi tumpeng maka tidak akan berfungsi sebagai hidangan bagi tamu tapi juga ikut melestarikan makanan tradisional Indonesia.

pesan-nasi-tumpeng-jakarta-utara

Bagi Anda yang tidak memiliki pengalaman atau keahlian dalam membuat nasi tumpeng, maka tak perlu khawatir karena sekarang banyak jasa catering nasi tumpeng Jakarta Utara yang bisa Anda temukan untuk memesan nasi tumpeng. Pesanlah tumpeng untuk lebih menghemat tenaga dan waktu Anda sehingga Anda bisa mengurus persiapan lainnya. Selain itu, rasa dan jumlah porsinya dijamin enak dan pas sehingga tak ada satu tamu pun yang belum kebagian nasi tumpeng.

Filosofis Nasi Tumpeng

Segala sesuatunya pasti memiliki nilai filosofis yang patut untuk diketahui. Begitu juga dengan tumpeng yang memiliki nilai filosofis sebagai representatif dari harapan atau doa kita dari terselenggaranya suatu acara. Seperti yang kita tahu bahwa nasi tumpeng dibuat dengan bentuk kerucut dan warna kuning. Bentuk kerucut pada nasi tumpeng menunjukkan bentuk gunung, atau lebih tepatnya gunung Mahameru. Pada zaman dulu, kepercayaan terhadap roh leluhur masih sangatlah kental sehingga mereka percaya bahwa di atas gunung tersebut banyak arwah leluhur yang tinggal, terlebih pada puncaknya. Itulah kenapa dalam acara puncak sering dilakukan pemotongan bagian atas tumpeng. Sedangkan untuk warnanya, warna kuning memunjukkan kejayaan, kekayaan, dan rezeki. Diharapkan dengan terselenggaranya acara tersebut maka orang yang mengadakan acara akan mendapatkan kekayaan, rezeki ataupun kejayaan. Untuk itulah, kenapa tumpeng sangat cocok untuk acara syukuran dan selametan. Anda bisa mempercayakannya pada catering yang jual nasi tumpeng Jakarta Utara.

Tumpeng untuk Berbagai Acara di Jakarta Utara

 

pesan-nasi-tumpeng-jakarta-utara-2

 

Salah satu makanan tradisional yang masih bertahan hingga sekarang adalah nasi tumpeng. Dahulu, makanan ini hanya digunakan untuk acara keagamaan saja karena nilai filosofis yang dimiliki. Namun, semakin kesini tampilan tumpeng semakin bervariasi, baik dalam bentuknya, warna, ataupun rasanya. Untuk itulah, nasi tumpeng tidak selalu digunakan dalam acara tradisional, tapi juga bisa modern, seperti hari ulang tahun, perayaan anniversary, pernikahan dan lain sebagainya. Bahkan, tumpeng bisa digunakan sebagai makanan pengganti kue tart dan makanan lain yang sering dijadikan ikon suatu acara. Sebagai contohnya dalam acara pernikahan atau anniversary, Anda bisa menggunakan tumpeng dengan bentuk love dan bertingkat seperti kue-kue yang sering digunakan. Apabila Anda bisa membuat nasi tumpeng dengan cantik maka tepat jika Anda menggunakan nasi tumpeng untuk acara tersebut.

Kreasi Nasi Tumpeng

Tumpeng dengan tampilan yang lebih cantik akan membuat selera makan semakin meningkat. Untuk itulah, penting bagi Anda untuk mengetahui beberapa cara kreasi membuat tumpeng menjadi lebih menarik.

Alas tumpeng

Terdapat berbagai macam alas yang bisa Anda gunakan sebagai wadah tumpeng. Jika Anda ingin tampilan yang lebih alami dan natural maka berikan potongan daun pisang di atas alasnya. Sedangkan, untuk alasnya Anda bisa menggunakan tampah ataupun triplek.

Bunga mawar

Bunga mawar bisa Anda buat dari timun Jepang dan tomat. Pertama, kupas tomat dengan melingkar dan usahakan jangan sampai terputus. Kemudian, gulung kulit ari tersebut hingga membentuk kelopak bunga. Setelah itu, irislah timun dengan irisan lebih tipis dan letakkan di sekitar nasi tumpeng. Selanjutnya, ambil gulungan kelopak mawar di atas irisan timun.

Bunga teratai

Hiasan lain yang bisa dibentuk adalah bunga teratai atau lotus. Hiasan ini bisa dibuat dari tomat atau peterseli dengan bentuk agak lonjong. Caranya dengan membelah tomat menjadi dua bagian dengan ukuran yang sama. Kemudian, sayap kulit tomat di masing-masing potongan sampai setengahnya saja. Tekuk kulit ari ke arah luar menyerupai bentuk kelopak bunga. Susun di sekeliling nasi tumpeng.

Bunga aster

Cara membuat hiasan ini adalah dengan menggunakan irisan wortel. Pertama, irislah wortel secara melingkar sampai membentuk bulatan dengan 3 cm ketebalannya. Kemudian, gunakan cetakan kue dengan bentuk bunga untuk membuat pola kelopak bunga di sekitarnya. Iris bagian tengahnya dengan pisau sehingga membentuk bagian tengah bunga aster. Letakkan hiasan ini di bagian sudut tumpeng.

Keempat hiasan di atas bisa Anda coba untuk menghias nasi tumpeng agar lebih menarik. Tapi, pastikan bahwa hiasan tersebut tidak terlalu padat yang akan membuat tumpeng terlihat tidak bersih dan dapat menurunkan selera makan.

Cara Membuat Tumpeng

Meskipun tidak mudah untuk membuat nasi tumpeng, tapi Anda perlu tahu bagaimana cara membuat nasi tumpeng yang baik dan benar.

Berikut ini adalah bahan yang diperlukan:

  1. Air matang 100 cc
  2. Serai 1 batang
  3. Daun salam 2 lembar
  4. Perasan air jeruk nipis 1 sendok makan
  5. 1 liter beras biasa
  6. Daun jeruk 3 lembar
  7. Santan kelapa 750 cc
  8. 100 gram beras ketan
  9. 3 cm kuyit
  10. Garam seperlunya

Cara untuk membuat nasi tumpeng ulang tahun atau lainnya:

  1. Rendam beras ketan sekitar 12 jam. Lakukanlah perendaman ini pada malam harinya agar di siang hari Anda bisa langsung memproses nasi tumpeng.
  2. Setelah satu malam, tiriskan beras ketan dan jangan lupa untuk mencuci beras biasa.
  3. Siapkanlah serai dan daun jeruk untuk diremas dan dimemarkan hingga keluar aroma yang khas. Kemudian, untuk kunyitnya haluskan dengan menggunakan parut. Setelah itu, campurkan dengan air mineral 100 cc dan peras layaknya memeras parutan kelapa.
  4. Cara inti pembuatan nasi tumpeng adalah dengan mencampurkan air santan 750 cc dengan serai dan daun jeruk yang sudah diproses, jangan lupa juga untuk menambahkan daun salam, garam, dan perasan kunyit. Aduk semua bahan hingga merata.
  5. Setelah semuanya tercampur, campurkan juga semua beras. Selalu aduk dalam proses perebusan.
  6. Apabila santan sudah cukup mengering maka angkat beras tersebut. Jangan sampai terlambat dalam mengangkatnya karena akan berpengaruh terhadap tekstur nasi tumpeng.
  7. Selanjutnya, angkat beras dan kukus selama kurang lebih 35 menit. Jika sudah selesai, siapkan wadah yang cukup besar untuk mendinginkan nasi. Tunggulah nasi hingga benar-benar dingin agar tidak berkeringat atau mudah basi saat dibentuk.
  8. Setelah dingin, Anda bisa membentuk nasi tumpeng dengan berbagai bentuk sesuai dengan keinginan. Jangan lupa untuk menambahkan sayuran dan lauk pauk di sekeliling tumpeng.

Bagi Anda yang belum pernah membuat nasi tumpeng untuk acara, mungkin akan mengalami kesulitan. Untuk itulah, percayakan pada Royal Tumpeng yang akan membantu Anda dalam membuat ataupun menyiapkan nasi tumpeng sesuai keinginan dan kebutuhan.

Rekomendasi Jasa Catering

 

pesan-nasi-tumpeng-jakarta-utara-3

 

Banyaknya bisnis catering memunculkan ide bagi banyak orang dalam membuat bisnis ini. Setiap jasa catering memiliki ciri khas masing-masing, baik dalam makanan yang diusung ataupun dari layanan yang diberikan. Banyaknya jasa catering membuat kita semakin sulit untuk memilih jasa catering yang tepat. Jika Anda merasakan kesulitan itu, maka percayakan pada Royal Tumpeng. Jasa catering nasi tumpeng enak di Jakarta Utara kami sudah berpengalaman dalam bidangnya. Hal ini bisa Anda lihat dari alamat website kami yang mencakup testimoni dari banyak konsumen. Dari situlah Anda bisa membuktikan bahwa kemampuan Royal Tumpeng tidak dapat diragukan lagi.

Beberapa menu nasi tumpeng murah di Jakarta Utara bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan seperti tumpeng putih, tumpeng kuning, dan tumpeng hijau. Tiap nasi tumpeng komplit memiliki menunya masing-masing, yakni sayuran dan lauk-pauknya. Selain itu, kemudahan akses akan diberikan oleh Royal Tumpeng, dalam bertanya, pemesanan, pembayaran ataupun pengambilan pesanan. Terdapat kontak di dalam alamat websitenya yang bisa Anda hubungi. Anda bisa hanya sekedar bertanya atau bahkan langsung memesan. Setelah itu, pembayarannya pun bisa dilakukan dengan transfer atau yang lainnya.

Anda tidak perlu repot-repot untuk mengambil pesanan karena Royal Tumpeng akan mengantarkan pesanan Anda yang beralamatkan di Jadetabek secara gratis. Jika Anda berada di luar wilayah itu, maka ada tambahan biaya yang harus dibayarkan. Tapi tenang saja karena harganya masih saja terjangkau. Demikian pesan nasi tumpeng Jakarta Utara.