Pesan Nasi Tumpeng Kenari

Pesan Nasi Tumpeng KenariKetika acara 17 Agustus datang, biasanya akan ada berbagai macam lomba yang diadakan. Salah satunya adalah lomba untuk menghias tumpeng. Dalam kegiatan lomba ini kebanyakan diikuti oleh ibu-ibu yang berlomba untuk menyajikan dan menghias nasi tumpeng secantik dan semenarik mungkin.

Pesan Nasi Tumpeng Kenari

Tujuannya sebenarnya sebagai bentuk suka cita dalam menyambut hari kemerdekaan. Nantinya nasi tumpeng tersebut tetap akan dinikmati bersama-sama. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghias nasi tumpeng ketika ada acara lomba menghias nasi tumpeng.

Cara Menghias Nasi Tumpeng Untuk Kemerdekaan

  • Mencetak nasi

Pertama kali yang penting untuk dilakukan adalah mencetak nasi. Nasi yang digunakan bisa berupa nasi kuning atau nasi putih. Keduanya tetap cocok untuk digunakan dalam lomba menghias tumpeng. Akan tetapi agar nasi tumpeng Anda bisa dilihat dengan menarik, coba untuk menggunakan nasi kuning. 

Nasi akan dicetak menjadi bentuk kerucut. Cetakannya bisa menggunakan cetakan nasi tumpeng yang terbuat dari stainless steel agar lebih mudah untuk digunakan. Namun sekarang ini sudah banyak sekali bentuk cetakan lainnya untuk nasi tumpeng seperti bentuk bulat bertingkat atau kotak bertingkat. Anda bisa memilih yang mungkin lebih menarik.

Nasi tumpeng yang sudah dicetak akan diletakkan di bagian tengah nampan. Akan tetapi sebelumnya pastikan untuk memberikan lapisan dari daun pisang agar lebih bersih dan menarik.

  • Hiasan alami 

Ketika mengikuti perlombaan, menghias nasi tumpeng merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Nasi tumpeng dengan tampilan yang menarik akan menjadi poin utama. Hiasan pada nasi tumpeng biasanya menggunakan bahan alami.

Misalnya seperti menggunakan mentimun, tomat, kacang panjang, wortel, cabai, selada dan lain sebagainya. Beberapa sayuran tersebut digunakan untuk membuat tampilan yang lebih menarik pada nasi tumpeng Anda. Seperti kacang panjang yang dibentuk seperti pagar mengelilingi nampan atau tomat dan wortel yang dibentuk menjadi bunga. Dengan begitu tampilan dari nasi tumpeng Anda akan lebih menarik.

Tidak hanya ketika dibuat sendiri, nasi tumpeng yang Anda pesan dari pesan nasi tumpeng online biasanya juga menggunakan berbagai macam sayuran untuk hiasannya. Hiasan tersebut memang menjadi ciri khas dari nasi tumpeng. 

  • Buatlah warnanya yang kontras

Nasi tumpeng juga harus terlihat menarik tidak hanya dari nasinya yang berwarna kuning saja. Anda juga bisa membuat nasi tumpeng terlihat kontras dengan berbagai macam pilihan lauknya. Caranya adalah dengan membuat lauk dengan berbagai macam warna yang lebih cerah. Misalnya seperti mie bihun dengan warna putih, telur balado yang berwarna merah, berbagai macam sayuran hijau dan lain sebagainya. 

Selain memilih warna lauknya yang lebih menarik dan berwarna penting juga untuk menempatkan lauk pauk dengan tepat. Hindari untuk meletakkan warna lauk yang senada atau sama. Misalnya seperti meletakkan ayam goreng, perkedel dan oseng kentang di tempat yang sama. 

  • Cita rasa dari nasi tumpeng

Kebanyakan rasa dari lauk pauk yang dimasak untuk nasi tumpeng memiliki rasa yang gurih. Untuk itu hindari untuk menggunakan terlalu banyak garam atau penyedap rasa. Hal ini dikarenakan rasa dari nasinya sendiri sudah gurih dan menggunakan santan. Untuk melengkapi rasanya Anda bisa menggunakan sambal yang pedas dan juga enak untuk dimakan dengan lauk pauknya.

Jika Anda memesan lauknya dari pesan nasi tumpeng Kenari murah, Anda bisa request untuk menambahkan sambal. Bahkan Anda juga bisa memesan lebih dari satu jenis sambal untuk memberikan warna nasi tumpeng yang menarik. Misalnya sambal bawang dan sambal ijo. 

  • Jadikan nasi tumpeng Anda pusat perhatian

Untuk membuatnya lebih menarik, Anda bisa mencoba untuk membuat nasi tumpeng Anda menjadi pusat perhatian. Caranya adalah dengan menggunakan berbagai macam hiasan yang menarik. Namun hindari juga untuk menggunakannya terlalu banyak agar tidak membuat tampilan nasi tumpeng yang terlalu penuh atau hingga tidak ada ruang yang cukup untuk menaruh lauknya.

Infografik Menu Royal Tumpeng

Cara Membuat Nasi Kuning

Untuk membuat nasi tumpeng tentunya diperlukan beberapa bahan. Anda harus menyiapkan bahan seperti:

  • 3 liter beras
  • 1 sendok makan kunyit yang sudah diparut atau kunyit bubuk. Rebus dengan air sekitar 50 cc dan saring airnya hingga bersih. 
  • ¼ liter santan.
  • 1 sereh.
  • 2 lembar daun pandan dibentuk menjadi simpul.
  • 1 sdm garam dan
  • 3 lembar daun salam

Cara membuatnya:

  1. Pertama adalah dengan memasak kunyit dengan santan hingga mendidih. Jangan lupa untuk mencampurkan daun pandan, sereh, daun salam dan sedikit garam. Dengan wadah terpisah kukus beras hingga setengah matang menggunakan panci.
  2. Jika air santan sudah mendidih, masukkan ke dalam panci yang berisi nasi setengah matang. Masak hingga santan menyerap ke dalam nasi dan nasi menjadi matang.
  3. Setelah nasi sudah matang Anda bisa mencetak nasi tersebut. Ketika mencetak nasi menjadi kerucut, usahakan nasi masih panas agar lebih mudah terbentuk.

Membuat nasi kuning memang gampang-gampang sulit. Ada juga beberapa orang yang kesulitan untuk membuat nasi kuning karena tidak tahu takaran yang tepat. Agar tidak salah Anda bisa memilih untuk pesan nasi tumpeng kenari terbaik agar lebih mudah dan juga praktis. 

Untuk lauk pauk pendampingnya Anda bisa menggunakan berbagai macam lauk. Misalnya seperti ayam goreng, telur balado, kering tempe, sambal goreng kentang, sayur urap-urap, perkedel dan lainnya. Untuk hiasannya sendiri bisa menggunakan wortel, cabai, mentimun atau lobak yang dibentuk menjadi bunga. Anda bisa menyesuaikan sendiri dengan kebutuhan Anda.

Bagaimana Cara Pesan Nasi Tumpeng di Kenari?

Jika Anda pesan nasi tumpeng Anda juga bisa memilih berbagai macam jenis lauk yang Anda inginkan. Selain itu, Anda tidak perlu repot membuat sendiri jadi lebih hemat tenaga, waktu bahkan dijamin enak.

Cara memesannya sangat gampang karena sekarang sudah ada jasa catering Royal Tumpeng terpercaya. Kami adalah catering berpengalaman yang menyediakan kebutuhan tumpeng untuk berbagai acara. Anda bisa pilih ingin pesan tumpeng kuning, hijau, bahkan putih gurih. Hubungi kami di nomer 0812 8760 8239 atau email ke order@royaltumpeng.com untuk pesan nasi tumpeng Kenari.