Pesan Nasi Tumpeng Kwitang

Pesan Nasi Tumpeng Kwitang – Nasi tumpeng merupakan makanan khas Jawa yang biasanya disajikan dalam momen-momen penting seperti kelahiran maupun syukuran lainnya. Nasi tumpeng membutuhkan banyak sekali hiasan yang berwarna-warni untuk membuat tampilan tumpengnya menjadi lebih menarik. Untuk itu perlunya mengetahui cara menghias tumpeng yang benar agar menghasilkan tumpeng yang estetik untuk disajikan.

Pesan Nasi Tumpeng Kwitang

Cara Menghias Tumpeng Sendiri

  1. Persiapan Alat

Ada beberapa alat yang bisa digunakan untuk membuat hiasan yang aman untuk tumpeng dan bisa dimakan. Meskipun saat ini sudah banyak hiasan instan yang tinggal pasang saja pada tumpengnya namun nyatanya masih banyak orang yang cenderung menyukai hiasan alami dan bisa dimakan. Sementara untuk alat-alat yang dibutuhkan adalah pisau, cutter, mould dan batang lidi. Alat-alat ini akan berfungsi sesuai dengan job desk masing-masing.

Pisau digunakan untuk memotong sayuran yang akan digunakan sebagai hiasan, bisa dedaunan maupun sayuran dengan bentuk yang menyerupai buah. Kemudian cutter digunakan untuk mengukir kasar maupun membentuk sayuran yang telah dipotong sesuai dengan selera. Kebanyakan orang akan memakai tomat maupun mentimun yang dibentuk menyerupai bunga mawar atau sekedar bunga mekar saja. Tomat dan timun ini dipadukan dengan cabai merah untuk membuatnya semakin hidup.

Sementara untuk lidi digunakan sebagai penyokong pada tumpengnya agar hiasan tidak mudah berjatuhan. Untuk mould sendiri opsional jika menginginkan adanya hiasan bulat-bulatan namun jika tidak menggunakan maka alat ini tidak diperlukan. Jika Anda sibuk dan tidak punya waktu untuk mempersiapkan alat maupun menghias tumpeng sendiri jangan khawatir kunjungi laman pesan nasi tumpeng Kwitang enak. Tersedia tumpeng dengan banyak variasi hiasan di dalamnya.

  1. Cetakan Nasi

Nasi di sini merupakan komponen yang paling penting dalam cita rasa maupun tampilan yang dihadirkan dari tumpengnya nanti. Untuk itu pemilihan jenis nasi di awal harus benar-benar diperhatikan apakah akan menggunakan nasi putih maupun nasi kuning. Hal ini berkaitan pula dengan hiasan lauk pauk yang akan digunakan nantinya. Baik nasi putih maupun nasi kuning jangan lupa mencampurkan sedikit beras ketan agar nasinya mudah menempel dan dibentuk.

Untuk bentuknya secara umum tumpeng adalah kerucut sementara alat cetakan yang aman digunakan adalah aluminium. Selain bahannya yang keras aluminium juga akan digunakan untuk mencetak makanan. Masukkan nasi secara perlahan ke dalam cetakan selagi panas namun jangan terlalu menekan nasinya karena selain merusak tampilan nasi juga akan sulit untuk dikeluarkan. Saat ini sudah banyak bentukan nasi tumpeng yang lucu-lucu dan estetik sesuai dengan keinginan pemesannya, seperti yang bisa dilihat di laman pesan nasi tumpeng Kwitang murah.

  1. Lauk Pauk yang Digunakan

Inilah yang menjadi poin penting mengapa perlunya pemilihan warna nasi sebelum memasak lauk pauk yang akan disajikan. Warna putih merupakan warna netral jadi akan tetap kontras ketika diberikan lauk pauk jenis dan warna apa saja namun warna kuning membutuhkan pemikiran yang cerdas untuk menaruh lauk pauk dengan warna-warna yang benar-benar kontras di dalamnya. Warna-warna yang kontras ini akan membuat tampilan tumpeng menjadi lebih cantik ketika dihidangkan.

Taruhlah lauk pauk beraneka ragam di bagian samping-samping tumpeng dengan rapi dan warna yang tidak serupa. Jangan lupa taruh hiasan pula untuk penyekat maupun pelengkap warna yang digunakan. Namun ketika menggunakan hiasan di atas lauk pauk yang akan dimakan pastikan hiasan yang digunakan aman dan bisa dimakan.

  1. Variasi

Selain warnanya yang harus kontras memasak nasi tumpeng lengkap dengan lauknya memerlukan ide yang kreatif untuk memasak lauk yang bervariasi. Meskipun sudah banyak yang memakai tumpeng dengan sedikit jenis lauk saja namun masih ada juga yang mempertahankan tradisi memakai tumpeng dengan 7 rupa lauk pauk yang mengelilinginya. Hal ini berkaitan pula dengan bagusnya filosofi yang diberikan dari variasi lauk pauk ini dan juga harapan besar yang ada di dalamnya.

  1. Penggunaan Hiasan

Hiasan memang mampu menunjang keindahan dari bentukan tumpeng dan tampilannya namun penggunaannya juga harus diperhatikan dengan baik dan benar mengenai peletakan dan jumlah yang dipasang. Jangan sampai jumlah yang digunakan terlalu banyak dan ramai sampai menutupi lauk pauk yang disajikan. Jelas hal ini justru akan mengurangi sisi estetika yang diberikan oleh tumpeng ini. Berikan beberapa taburan bawang goreng untuk lauk pauk beserta irisan cabai secukupnya saja.

Anda bisa menggunakan irisan tomat dan mentimun untuk sekat setiap lauk pauk yang disajikan dan juga daun pisang untuk menutup kuncup tumpengnya. Kuncup tumpeng ini juga bisa dihiasi dengan cabai merah yang besar untuk memberikan warna yang segar dan kontras dengan warna nasinya.

  1. Sesuaikan dengan kreasi dan budget yang dimiliki

Membuat tumpeng memang memerlukan banyak biaya terutama untuk membeli lauk pauknya sehingga Anda sendiri yang bisa menentukan besar kecilnya cetakan tumpeng yang digunakan, wadah penempatan tumpeng dan juga lauk pauk yang ada di sekitar tumpengnya. Biasanya orang menggunakan tumpeng hanya untuk peresmian saja dan tidak dimakan bersama tamu melainkan untuk keluarga saja sehingga pembuatan tumpeng cukup yang kecil saja dengan lauk yang tidak banyak juga.

Namun jika tumpeng memang dibagikan untuk tamu secara merata maka memasaknya juga harus ditambahkan begitu pula dengan cetakan tumpeng yang harus digunakan mestinya lebih besar agar menghasilkan nasi yang banyak pula.

Infografik Pemesanan Nasi Tumpeng

Delivery Order Nasi Tumpeng Enak

Itulah beberapa cara yang bisa digunakan untuk menghias tumpeng. Jika Anda terlalu sibuk untuk membuat tumpeng sendiri atau memang tidak pernah memasak tumpeng, maka Anda bisa pesan nasi tumpeng Kwitang di jasa catering Royal Tumpeng. Kami adalah jasa catering yang menyediakan kebutuhan tumpeng berbagai acara seperti ulang tahun, hajatan, syukuran, grand opening, anniversary, dan sebagainya. Hubungi kami di nomer ini untuk melakukan pemesanan: 0812-8760-8239.