Pesan Nasi Tumpeng Tegal Parang

Pesan Nasi Tumpeng Tegal Parang – Nasi tumpeng memiliki makna tersendiri jadi bukan sekedar nama saja seperti kebanyakan makanan yang lainnya. Bahkan penyajian nasi tumpeng sudah  menjadi identitas negara Indonesia. Nasi tumpeng ialah nasi yang berwarna putih atau warna kuning kemudian disajikan dalam bentuk kerucut. 

Pesan Nasi Tumpeng Tegal Parang

Pesan Nasi Tumpeng Tegal Parang dan Asal Usul Tumpeng

Penyajiannya dalam berbagai acara baik itu acara syukuran, naik jabatan, ulang tahun ataupun resepsi pernikahan kini sudah disajikan nasi tumpeng. Disajikan dalam tampah yang biasanya berbentuk lingkaran dengan diberi alas daun pisang. Nah, untuk lebih kenal dengan nasi tumpeng yuk pelajari asal-usul berikut ini:

  • Tumpeng adalah Nama Singkatan

Ternyata nasi tumpeng bukan asal-asalan namun memiliki arti sebab nama ini adalah nama singkatan. Jika dilihat dari bahasa Jawa,  maka kata tumpeng ialah singkatan dari ‘yen metu kudu mempeng’. Kata ini mempunyai arti bahwa saat keluar maka harus memiliki semangat yang sungguh-sungguh.

Atau untuk lebih jelasnya, kata ini bermakna kita manusia dilahirkan  dan saat harus menjalani kehidupan harus dengan yakin, fokus, semangat, pantang menyerah dan terus berjuang. Bagi masyarakat kawasan Tegal dan membutuhkan nasi tumpeng untuk acara, maka silakan pesan nasi tumpeng Tegal Parang online

  • Untuk Persembahan Para Leluhur

Sebenarnya jika kembali ke masa lalu atau masa nenek moyang, maka nasi tumpeng disajikan sebagai bentuk  persembahan kepada para leluhur yang telah mendahului manusia. Jadi, untuk menghias dan segala macamnya memang sudah digunakan sejak zaman dahulu. Bahkan makna dari penggunaan berbagai jenis lauk pun sudah ada sejak nasi tumpeng dipersembahkan atau saat disajikan. 

Infografik Pemesanan Nasi Tumpeng

Masyarakat Jawa pada masa lampau menyajikan nasi tumpeng di gunung-gunung sebab tujuannya sebagai persembahan. Masyarakat Jawa cukup menghormati para leluhurnya salah satunya dengan cara yang mereka yakini benar ialah menyajikan nasi tumpeng sebagai bentuk persembahan. Disajikan atau diperuntukkan untuk leluhur yang mendiami gunung. 

Sedangkan dari bentuk nasi tumpeng seperti kerucut terbalik ini diambil dari bentuk gunung Semeru. Dimana saat itu mereka percaya dan yakin bahwa  para dewa dan para leluhur mendiami gunung Semeru. 

Tetapi untuk saat ini sejak Islam datang, maka penyajian nasi tumpeng sudah difokuskan sebagai bentuk penyajian rasa syukur kepada Allah SWT atas semua nikmat dan rahmat yang telah diberikan kepada seluruh umat manusia. Ini  bisa dilihat dari waktu penyajian nasi tumpeng saat acara pernikahan, acara syukuran ataupun naik jabatan, syukuran mau tinggal di rumah baru. Penyajian nasi tumpeng mengandung doa dan makna kebaikan bagi pemilik rumah, pemilik acara ataupun orang-orang yang menyajikan nasi tumpeng agar selalu dilindungi oleh Allah dan kehidupannya berjalan dengan baik. 

Saat ini banyak catering ataupun yang menjual nasi tumpeng dan bisa dipesan langsung atau online dalam jumlah tertentu. Kini bahkan juga tersedia dalam ukuran mini yang bisa dilakukan pesan nasi tumpeng Tegal Parang murah dibandingkan ukuran besar. Ada juga yang membuatnya dalam bentuk karakter sehingga lebih disukai oleh anak-anak. Untuk harganya tentu saja bervariasi yang dipengaruhi oleh pemilihan lauk pauk yang diinginkan oleh konsumen. 

  • Macam Lauk Pauk dan Makna

Seperti yang sudah diketahui bahwa nasi tumpeng disajikan bukan nasi warna kuning saja namun dilengkapi dan dihias dengan beragam jenis lauk pauk. Mulai dari lauk pauk wajib seperti ayam dan ikan lele, ikan teri  dan telur serta lauk pauk yang digunakan sebagai pelengkap seperti sayur urab. Pada zaman dulu, biasanya lauk pauk yang digunakan dalam penyajian nasi tumpeng berjumlah 7 macam sebab kata 7 ini dalam bahasa Jawa memiliki makna pertolongan.

Telur yang digunakan memiliki makna kebersamaan sedangkan ikan lele yang digunakan karena memiliki makna ulet dalam berjuang dan mampu  bertahan dalam kondisi sulit. Penggunaan ayam jantan yang biasanya dimasak menggunakan bumbu kuning bertujuan agar sifat jelek yang ada pada manusia seperti sifat sombong, angkuh ataupun ingin menang sendiri dihindari dan dihilangkan. 

Selanjutnya ada namanya sayur urap yang terdiri atas kangkung, kacang panjang, taoge dan bumbunya sebagai simbol dimana saat ingin melakukan sesuatu harus dipertimbangkan terlebih dulu. Selain itu juga bermakna melindungi anggota keluarga. Pesan  nasi tumpeng lebih mudah dibandingkan harus memasak sendiri apalagi jika tidak memiliki keahlian, maka susah untuk menghasilkan nasi tumpeng dengan rasa yang lezat dan perpaduan yang pas. Konsumen hanya tinggal tunggu saja, nanti nasi tumpeng akan diantar ke alamat yang diberikan oleh konsumen, langsung saja order nasi tumpeng di Tegal Parang. 

Ini lauk pauk yang wajib dan sudah digunakan sejak zaman dahulu oleh nenek moyang dalam menyajikan nasi tumpeng. Kini untuk varian menu lauk pauknya sudah lebih banyak lagi dan beragam. Bahkan bukan hanya telur rebus atau ayam goreng saja, juga ada yang menyajikan telur dadar,  rendang, kentang goreng tempe, oseng kacang panjang dan masih banyak jenis lauknya. 

Sekian penjelasan tentang asal-usul nasi tumpeng, bentuknya serta macam-macam lauk pauk yang disajikan lengkap dengan penjelasan maknanya. Jadi, nasi tumpeng ini memiliki sejarahnya tersendiri bukan makanan yang baru-baru muncul dan mendunia. Saat ini banyak sekali waktu penyajian nasi tumpeng sebagai bagian dari tradisi dan makanan masyarakat Indonesia. 

Bagi warga Tegal Parang dan sekitarnya yang ingin pesan nasi tumpeng jangan lupa hubungi pesan nasi tumpeng Tegal Parang. Daripada capek buat sendiri lebih baik pesan sebab lebih menghemat waktu dan menghemat energi. Anda bisa pesan di jasa catering Royal Tumpeng sebagai salah satu penyedia tumpeng enak dan murah di area Jadetabek.

[wp-review]