Pesan Nasi Tumpeng Utan Panjang

Pesan Nasi Tumpeng Utan Panjang – Nasi tumpeng sangat umum untuk masyarakat khususnya dari adat Jawa. Masyarakat tersebut biasanya menggunakan nasi tumpeng untuk berbagai macam acara misalnya acara tasyakuran, acara pernikahan, pesta ulang tahun hingga sebagai acara perayaan kemerdekaan Indonesia.

Pesan Nasi Tumpeng Utan Panjang

Biasanya acara 17 Agustus selalu dirayakan dengan berbagai macam jenis perlombaan. Seperti lomba balap karung, panjat pinang, tarik tambang hingga lomba untuk menghias tumpeng.

Lomba untuk menghias tumpeng ini sering kali diperuntukkan untuk ibu-ibu. Ibu-ibu akan diberikan waktu untuk memasak dan juga menghias tumpeng. Tumpeng yang paling menarik dan memiliki rasa yang enak akan menjadi pemenangnya. Berikut adalah beberapa inspirasi bentuk tumpeng untuk acara kemerdekaan yang bisa Anda gunakan.

Inspirasi Kreasi Tumpeng untuk Banyak Acara

  1. Mengganti nasi dengan mie

Bentuk atau inspirasi tumpeng pertama adalah dengan mengganti bahan nasi menggunakan mie. Mie yang bisa Anda gunakan juga bervariasi. Bisa menggunakan mie kuning, mie jagung hingga mie instan yang lebih praktis. Dikarenakan tumpeng jadi bentuk dari mienya juga harus Anda bentuk menyerupai tumpeng pada umumnya yaitu dengan menggunakan cetakan berbentuk kerucut. Pastikan Anda mencetak mie dengan padat agar tidak sulit dan tidak hancur ketika disajikan di atas nampan.

Untuk berbagai macam lauk pauknya, Anda bisa pesan nasi tumpeng utan panjang online menggunakan jenis menu nasi tumpeng biasanya. Seperti telur balado, sayur urap, ayam suwir, tempe orek, sambal teri dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk memberikan hiasan agar tampilannya tetap menarik dan bagus. Dipastikan inspirasi tumpeng ini akan menjadi berbeda karena unik.

  1. Nasi merah putih dengan buah bit

Nasi tumpeng dengan nasi yang terbuat dari nasi dengan campuran kunyit atau nasi kuning adalah hal yang biasa atau lumrah. Namun untuk perayaan acara yang spesial seperti ulang tahun kemerdekaan, Anda bisa pesan nasi tumpeng utan panjang terbaik juga. Warna nasi yang digunakan sama dengan bendera Indonesia yaitu merah putih. Dijamin tampilan nasi tumpeng untuk kemerdekaan yang Anda sajikan akan terlihat berbeda dan unik.

Warna merah tersebut bisa didapatkan dari buah bit yang diperas dan diambil airnya. Air buah bit tersebut selanjutnya akan dimasak dengan beras dan juga santan sehingga menghasilkan warna merah yang bagus. Untuk nasi dengan warna putih bisa Anda masak dengan cara seperti biasa tanpa menambahkan perasan air buah bit.

Jika keduanya sudah matang selanjutnya Anda bisa mencetaknya menjadi bentuk kerucut seperti biasa. Agar warnanya bisa menyerupai bendera Indonesia, maka nasi dengan warna merah harus dicetak terlebih dahulu atau diletakkan pada bagian bawah cetakan, kemudian di atasnya diberikan nasi warna putih.

Cetak nasi tersebut hingga padat dan bisa dibentuk dengan menggunakan kerucut.  Untuk berbagai jenis lauknya, Anda bisa menggunakan lauk pada nasi tumpeng umumnya.

  1. Tumpeng nasi goreng

Jenis tumpeng untuk kemerdekaan selanjutnya yang juga unik adalah menu tumpeng nasi goreng. Nasi yang digunakan untuk tumpeng ini menggunakan nasi goreng. Cara untuk membuatnya cukup mudah. Anda bisa membuat nasi goreng seperti biasanya.

Lebih baik jika menggunakan nasi goreng yang tidak dicampur dengan bahan lainnya seperti sayur, telur atau ayam suwir. Hal ini karena nantinya nasi tumpeng Anda masih harus menggunakan berbagai olahan menu lauk pauk lain. Anda bisa mencetaknya seperti biasa dengan cetakan kerucut.

Kemudian beri berbagai macam lauk pauk di bagian pinggirnya. Jangan lupa untuk menghiasnya dengan unik karena ditujukan untuk perlombaan. Misalnya dengan menggunakan wortel yang dibentuk tulisan HUT RI atau menggunakan hiasan berupa bendera merah putih kecil di bagian ujung atas nasi tumpeng.

Infografik Pemesanan Nasi Tumpeng

Pesan Nasi Tumpeng Utan Panjang Online

Nasi tumpeng memang tidak sembarang berupa hidangan nasi kuning dengan bentuk yang mengerucut. Hidangan nasi tumpeng tersebut memiliki berbagai macam arti atau filosofi yang bagus.

Dalam masyarakat Jawa sendiri, nasi tumpeng memiliki berbagai macam makna bagus. Misalnya seperti bentuk nasi yang mengerucut sebagai tanda untuk ekosistem kehidupan dimana Tuhan yang menciptakannya.

Selain itu berbagai macam menu lauk pauk yang digunakan menandakan keragaman dan keharmonisan alam yang patut untuk disyukuri. Seperti jumlah 7 jenis lauk pauk yang biasa digunakan berarti melambangkan makna pitu atau pitulungan yang berarti pertolongan. Itulah mengapa banyak yang pesan nasi tumpeng utan panjang murah untuk hidangan pada acara besar.

Selain bentuk dari nasi tumpeng yang memiliki makna atau arti yang bagus, cara untuk memotong atau menyantap nasi tumpeng tersebut juga memiliki makna tersendiri. Nasi tumpeng yang pertama kali dipotong biasanya akan diberikan pada orang yang lebih tua. Hal ini menjadi bentuk rasa hormat dan patuh pada orang yang dituakan.

Selain itu nasi tumpeng juga kerap dikonsumsi dengan cara bersama-sama. Hal ini menandakan rasa kekeluargaan dan juga kebersamaan untuk menikmati hidangan berupa nasi tumpeng tersebut. Anda bisa melihatnya dari lauk pauk dan nasi yang disediakan dalam satu wadah dan orang yang menyantapnya akan mengambilnya secara bersama-sama.

Dengan begitu adanya nasi tumpeng ini berguna untuk saling menjalin komunikasi dan juga kerja sama yang dibutuhkan dalam hidup bermasyarakat. Nasi tumpeng memang memiliki makna yang cukup dalam sehingga terkadang penggunaannya hanya pada acara besar dan sakral saja.

Jadi, jika Anda tertarik ingin memesan tumpeng terbaik maka bisa langsung ke jasa catering Royal Tumpeng. Kenapa? Karena kami menyediakan nasi tumpeng dengan ukuran yang bisa disesuaikan kebutuhan mulai dari 20 tamu hingga 100 tamu bahkan lebih. Anda juga bisa pesan nasi tumpeng Utan Panjang ukuran mini maupun karakter.

[Total: 2 Average: 5]