Tips Membuat Resep Nasi Tumpeng Enak

Resep Nasi Tumpeng Enak | Untuk membuat resep nasi tumpeng enak, Anda perlu memperhatikan beberapa hal kecil, baik dari proses memasak hingga presentasi. Sebab, tidak jarang satu kesalahan kecil dapat membawa dampak besar. Lantas, detail-detail apa saja yang perlu Anda perhatikan untuk menghasilkan tumpeng kuning yang lezat dan indah dipandang mata?

 

Resep Nasi Tumpeng Enak

 

Di tahap awal pembuatan, Anda harus menanak beras sampai setengah matang (aron). Sebelum beras aron tadi memasuki tahap pengukusan, Anda harus menambahkan jeruk nipis untuk menambah kualitasnya. Lantas, Anda bisa mendidihkan santan yang dipakai untuk mengaronkan beras terlebih dahulu agar nasi yang diperoleh rasanya lebih gurih, wangi, dan tahan lama.

Bentuk Nasi Tumpeng

Bentuk kerucut yang sempurna juga sangat didambakan bagi Anda yang ingin menciptakan resep nasi tumpeng enak. Salah satu trik yang dapat Anda gunakan adalah dengan menambahkan sedikit beras ketan pada nasi aron. Setelah nasi matang, cetak selagi panas dan tekan sampai tidak ada celah hingga memadat sempurna dalam cetakan. Membungkusnya dengan plastik atau daun pisang pun akan menjaga bentuk tumpeng tersebut agar tidak pecah dan mengering, apalagi ambruk.

Dalam presentasi, Anda juga harus memerhatikan ukuran wadah tumpeng. Agar tampak proporsional, pastikan tinggi tumpeng Anda tidak lebih dari dua per tiga ukuran diameter wadahnya. Daun pisang juga bisa dipakai sebagai alas tumpeng agar lebih berwarna. Untuk membuat hiasan, Anda harus memilih bahan yang tidak cepat layu seperti timun, cabai, tomat, selada, atau wortel. Taburan bawang goreng pada permukaan tumpeng pun akan membuatnya tidak tampak kosong.

Permainan warna dan perabot makan akan sangat berpengaruh pada tampilan tumpeng, terutama untuk acara dengan tema tertentu. Jika acara bertema budaya, Anda bisa menambahkan aksen dari kain tradisional seperti batik atau songket. Selain itu, Anda juga bisa mencari alat-alat makan yang berkaitan dengan daerah tertentu. Untuk contoh warna, Anda bisa memilih merah-putih di Hari Kemerdekaan. Untuk referensi selain dari resep nasi tumpeng enak, Anda juga bisa mencicipi tumpeng dari RoyalTumpeng.com.